Mohamed Elneny, Unlikely Hero Arsenal di Community Shield 2020

Elneny jadi sorotan di laga Community Shield 2020

Jakarta, IDN Times - Nama Mohamed Elneny mencuri perhatian di laga Community Shield 2020 antara Arsenal vs Liverpool, Sabtu (29/8/2020) malam tadi. Bagaimana tidak, sebab 28 hari yang lalu, namanya bahkan tidak ada di skuat Arsenal ketika The Gunners menjuarai Piala FA. Namun malam tadi, ia dipercaya Mikel Arteta jadi gelandang inti di lini tengah Arsenal bersama Granit Xhaka.

Dan seolah menepis segala skeptisme soal kehadirannya di starting line up, gelandang asal Mesir itu tampil luar biasa. Bermain penuh selama 90 menit di laga pemulai musim baru Liga Inggris 2020/2021 tersebut, Mo Elneny sukses menjadi pemain Mesir paling bersinar di lapangan, mengungguli kompatriotnya, Mohamed Salah.

1. Mo Elneny, sang unlikely hero Arsenal

Mohamed Elneny, Unlikely Hero Arsenal di Community Shield 2020Mohamed Elneny dengan trofi Community Shield yang dimenangkan Arsenal. Twitter/@gunforceedits

Kehilangan Dani Ceballos yang kembali ke Real Madrid, alih-alih memasang Joe Willock, Mikel Arteta berjudi dengan memercayakan sosok Mohamed Elneny untuk mendampingi Granit Xhaka. Baru kembali ke Arsenal per 3 Agustus 2020, Elneny nyatanya cepat beradaptasi dengan sistem sang pelatih.

Secara total, Elneny membuat 49 umpan, dengan 2 di antaranya umpan panjang yang sukses, dengan tingkat akurasi 92,5 persen. Selain itu, sebagai gelandang petarung, ia memenangkan 5 dari 7 duel yang dilakukannya, membuat 2 sapuan sukses, 1 blok, 1 intersep, dan memenangkan 2 tekel. Semua itu dilakukannya sembari menyediakan diri sebagai medium yang apik di lini tengah Arsenal.

Untuk proses gol Pierre-Emerick Aubameyang, Elneny punya andil besar di sana. Pergerakannya sukses memancing pressing Liverpool, sebelum kemudian bola dari kakinya memulai build up serangan yang apik dari The Gunners. Proses apik itu berujung gol yang dicetak Aubameyang di awal babak pertama.

Baca Juga: Jadi Man of The Match, Ainsley Maitland-Niles Dipanggil Timnas Inggris

2. Elneny mungkin bisa bertahan di skuat Arsenal

Mohamed Elneny, Unlikely Hero Arsenal di Community Shield 2020thesun.co.uk

Mohamed Elneny sendiri seperti diketahui baru saja kembali dari masa peminjaman di SuperLig Turki bersama Besiktas. Namun, namanya langsung dipercaya Arteta di masa pramusim. Ia mencetak satu gol di laga pemanasan melawan MK Dons, sebelum tampil 90 menit di Community Shield 2020 malam tadi.

Meski Arteta secara tersirat berujar bahwa sang pemain berusia 28 tahun ini mungkin meninggalkan Arsenal, melihat performanya malam tadi, besar kemungkinan gelandang asal Mesir itu jadi pemain yang diandalkan Arsenal musim ini.

3. Warisan Arsene Wenger, ditepikan Unai Emery

Mohamed Elneny, Unlikely Hero Arsenal di Community Shield 2020Mohamed Elneny kala mencetak gol ke gawang MK Dons. Twitter/@elnenny

Mohamed Elneny adalah satu dari segelintir pemain warisan Arsene Wenger di Arsenal. Ia dibeli Sang Profesor dari FC Basel pada Januari 2016. 3 musim di Arsenal, Elneny harus rela namanya tak masuk rencana Unai Emery setelah pelatih asal Spanyol itu mengirimnya ke Besiktas untuk dipinjamkan pada musim panas 2019.

Kedatangan Mikel Arteta nampaknya jadi peruntungan baru bagi eks pemain El Mokawloon ini. Pasalnya, ia dipercaya Arteta tampil di dua laga Arsenal sejauh ini dan performanya nampak oke. Apakah ini pertanda Elneny akan punya kesempatan kedua di The Gunners?

Baca Juga: Menang Adu Penalti, Arsenal Juarai Community Shield 2020

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya