Menang Adu Penalti, Arsenal Juarai Community Shield 2020

Community Shield 2020 mempertemukan Arsenal vs Liverpool

Jakarta, IDN Times - Laga Community Shield 2020 resmi digelar pada Sabtu (29/8/2020) malam ini sebagai penanda dimulainya musim baru Liga Inggris 2020/2021. Mempertemukan Arsenal (juara Piala FA) melawan Liverpool (juara bertahan Premier League), laga dua tim top Liga Inggris berakhir dengan skor 5-4 (1-1) lewat adu penalti untuk kemenangan Arsenal.

Arsenal yang turun dengan jersey tandang terbarunya, turun dengan banyak perubahan. Minus Dani Ceballos yang kembali ke Real Madrid, Mikel Arteta memercayakan Mohammed Elneny di pos gelandang bersama Granit Xhaka. Sementara itu, Nicolas Pepe dan Alexandre Lacazette tidak ada dalam skuat yang dibawa malam ini.

Di kubu Liverpool, The Reds turun dengan nyaris kekuatan terbaiknya. The Reds hanya tak memainkan Trent Alexander-Arnold dan menggantinya dengan bek muda, Neco Williams. Selain Trent, nyaris semua pemain terbaik The Reds turun sejak menit pertama seperti Allison Becker, Virgil van Dijk, hingga trio Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah.

Memulai laga dengan positif, Arsenal jadi yang pertama unggul. Melalui skema serangan yang rapi, The Gunners unggul lebih dulu di menit ke-12. Berawal dari penetrasi Bukayo Saka, pemain berusia 18 tahun itu lalu mengirim umpan menyilang kepada Pierre-Emerick Aubameyang. Melakukan cut inside, kapten Arsenal itu sukses melepaskan sepakan keras yang membobol gawang Allison.

Unggul lebih dulu, Arsenal main lebih bertahan. Sesekali mengandalkan serangan balik, Arsenal nyaris menggandakan skor melalui sepakan Eddie Nketiah. Sayang, sepakan mendatarnya masih mampu ditepis Allison.

Sementara itu, Liverpool merespons lewat serangan dari kedua sisi sayap. Berkali-kali, tusukan Mane dan Andrew Robertson di sisi kiri mampu merepotkan lini belakang anak asuh Mikel Arteta. Namun sampai akhir babak pertama, Arsenal sukses memimpin dengan skor tipis 1-0.

Di babak kedua, Liverpool tampil lebih trengginas. Berupaya mengejar skor, The Reds tampil mengurung pertahanan Arsenal. Strategi ini juga memaksa The Gunners tak leluasa mengontrol permainan dan menguasai bola lebih lama.

Sempat mengancam melalui Mane dan sepakan melengkung Firmino, The Reds akhirnya menyamakan skor di menit ke-73. Melalui skema kerja sama Takumi Minamino yang masuk di babak kedua dengan Salah, bola liar hasil olahan keduanya sukses dikonversi Minamino menjadi gol untuk bawa Liverpool menyamakan skor menjadi 1-1.

Terus menyerang untuk cari gol kemenangan, Liverpool nyaris berbalik unggul. Mendapat peluang satu lawan satu melawan Emiliano Martinez, Mane sayangnya gagal mengontrol bola dengan baik dan sepakannya kembali diamankan kiper asal Argentina itu pada menit ke-81.

Tak ada gol tambahan sampai peluit akhir dan skor 1-1 bertahan hingga akhir babak kedua. Praktis, pertandingan dilanjutkan ke adu penalti untuk mencari juaranya.

Dari 10 eksekutor yang maju menendang, Liverpool gagal satu kali lewat sepakan Rhian Brewster yang membuat Arsenal keluar sebagai pemenang lewat skor akhir 5-4 melalui adu penalti.

Baca Juga: Setelah 10 Tahun, Arsenal Siap Jual Emiliano Martinez

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya