Comscore Tracker

Soal Naturalisasi Pemain, Ini Sikap Menpora dan Ketum PSSI

Naturalisasi dianggap oke jika mampu naikkan kualitas timnas

Jakarta, IDN Times - Membahas soal Timnas Indonesia senior dan persiapan Timnas U-19 menyambut pagelaran Piala Dunia U-20 tahun depan, Kemenpora dan PSSI terus berbenah. Salah satu upaya yang tengah coba digenjot adalah naturalisasi pemain dengan keturunan Indonesia.

Terkait hal itu sendiri, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berbagi pandangannya. Penjelasan Menpora dan Ketum PSSI disampaikan dalam acara webinar bersama IDN Times pada Jumat, 10 Juli 2020.

1. Menpora dan Ketum PSSI setujui proses naturalisasi pemain selama mereka punya kemampuan

Soal Naturalisasi Pemain, Ini Sikap Menpora dan Ketum PSSIMenteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali bersama Rektor Unesa, Nurhasan saat kunjungan fasilitas olahraga milik Unesa Senin (17/2). IDN Times/Tarida Alif

Ditanya perihal kelayakan pemain naturalisasi membela panji Timnas Indonesia, baik Menpora dan Ketum PSSI ternyata satu suara. Bagi mereka, yang penting adalah bagaimana pemain naturalisasi ini nantinya mampu meningkatkan kemampuan timnas.

"Saya pikir tiap warga negara yg memiliki kemampuan dan lolos seleksi timnas, bisa saja diberi kesempatan jd salah satu pemain mewakili Indonesia. Apakah itu statusnya naturalisasi atau murni bukan naturalisasi, pokoknya siapa saja selama mereka WNI dan bisa membantu timnas, silakan," jelas Menpora kepada IDN Times pada webinar, Jumat (10/7/2020).

Sementara Iwan Bule, sapaan akrab Ketum PSSI, juga memberikan pandangan serupa, namun ia memakai konteks jika klub yang mengajukan proses naturalisasi.

"Beberapa klub ada yang melakukan naturalisasi. Kalau nantinya bisa dipakai (Timnas Indonesia) kan bagus. Kita bisa bantu percepatan perpindahan kewarganegaraannya," ujar Iwan Bule kepada IDN Times, Jumat (10/7/2020).

Baca Juga: [EKSKLUSIF] Matthew Steenvoorden: Aku Ingin Main di Timnas Indonesia!

2. Menpora siap percepat pengurusan naturalisasi pemain jika bisa meningkatkan kualitas Timnas Indonesia

Soal Naturalisasi Pemain, Ini Sikap Menpora dan Ketum PSSIMenteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. IDN Times/Panji Galih Aksoro

Lebih lanjut, Menpora juga menjelaskan bahwa pemerintah siap membantu mengupayakan proses naturalisasi, namun dengan syarat. Syaratnya, agar si pemain yang dinaturalisasi kelak bisa berguna untuk timnas dan dan pemanfaatan untuk bangsa.

"Setiap ada permohonan dari klub untuk naturalisasi, disampaikan ke federasi lalu disampaikan kepada kami. Contoh pemain Makassar (PSM). Kemarin tertunda karena ada kegiatan dengan Presiden. Selain itu, ada juga (naturalisasi) bukan hanya sepak bola, tapi juga bola basket. Kan Indonesia di 2023 jadi tuan rumah Piala Dunia Basket," jelas Menpora.

Lebih jauh, Menpora juga mewajarkan proses naturalisasi. Menurutnya, hal itu juga jamak dilakukan negara-negara tetangga lain di Asia Tenggara.

"Banyak negara-negara, Filipina, Singapura, turun lapangan pakai hasil naturalisasi setengah dari pemainnya yang di line up. Jadi ya kalau dia (pemain naturalisasi) berguna untuk timnas, kita akan percepat. Kalau alasannya kuat dan pemanfaatan untuk bangsa itu jelas ada, tentu proses tidak akan lama," ujar politisi Partai Golkar itu.

3. Rekam jejak pemain naturalisasi di Timnas Indonesia

Soal Naturalisasi Pemain, Ini Sikap Menpora dan Ketum PSSITimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Indonesia sejatinya bukan termasuk negara yang malu-malu dalam melakukan naturalisasi pemain. Sejauh ini, dari catatan IDN Times, sudah ada 33 pemain naturalisasi yang kini menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan beberapa di antaranya pernah membela Timnas Indonesia.

Pesepak bola pertama yang dinaturalisasi adalah penyerang asal Uruguay, Cristian Gonzales, yang resmi jadi WNI per 3 November 2010. Piala AFF 2010 juga jadi debut Gonzales berseragam Merah-Putih.

Setelah itu, nama-nama lain menyusul seperti Kim Jeffrey Kurniawan, Raphael Maitimo, Diego Michiels, hingga nama-nama seperti Jhonny van Beukering dan Tonnie Cussel. Di era terbaru sekarang, kita tentu mengenal nama-nama pemain naturalisasi lain seperti Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic, Beto Goncalves, hingga yang terbaru, Otavio Dutra.

Baca Juga: 10 Potret dan Fakta Kim Kurniawan, Pesepak Bola Naturalisasi Indonesia

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya