Comscore Tracker

Sandro Tonali, Pewaris Nomor 8 AC Milan

Tak banyak pemakai nomor 8 sukses setelah Gennaro Gattuso

Jakarta, IDN Times - Antonio Nocerino, Riccardo Saponara, hingga Suso. Para pemakai nomor 8 AC Milan setelah Gennaro Gattuso, namun tak satu pun sukses menapaki jejak sang legenda.

Rhino, julukan Gattuso, tak diberkahi kualitas teknik jempolan, namun Milanisti tahu, Si Badak adalah pemakai nomor 8 yang legendaris di San Siro. Gattuso sendiri total memenangkan 10 gelar bersama Milan, di mana 2 di antaranya adalah trofi Liga Champions dan 2 lagi adalah Scudetto.

Nomor 8 di Milan memang bekas milik para pemain hebat. Fabio Capello, Carlo Ancelotti, Roberto Donadoni, para Italiano terbaik, semua pernah memakai nomor legendaris itu. Belum lagi sosok pemain asing fenomenal seperti Frank Rijkaard, Nils Niedholm, hingga Zvonimir Boban. Tak heran jika nomor itu lantas menjadi cukup disegani di San Siro.

Dan kini si bocah baru, Sandro Tonali, jadi pemilik baru nomor 8 yang ikonik di AC Milan. Konon, ia sampai meminta izin kepada Gattuso, untuk memakai nomor lawas sang legenda di San Siro.

1. Sandro Tonali ditakdirkan untuk AC Milan

Sandro Tonali, Pewaris Nomor 8 AC MilanBintang muda Brescia, Sandro Tonali. Twitter/@teammilanac

Meski sedikit berbau spekulasi, namun minat Sandro Tonali pada nomor punggung 8 AC Milan nampaknya beralasan. Lahir di Lodi, angka 8 adalah tanggal lahir sang pemain, tepat 20 tahun lalu di bulan Mei tahun 2000. Bukan Brescia, namun Lombardia Uno-lah, akademi AC Milan, yang jadi tempat awal sang wonderkid memulai karier sepak bola.

Setelahnya, ia hengkang ke Piacenza, sebelum hijrah ke akademi Brescia pada usia 12 tahun dan membuat debut di tim utama di Serie B pada usia masih sangat muda, 17 tahun. 3 musim di Brescia, dilabeli sebagai penerus takhta Andrea Pirlo sebagai regista jempolan Negeri Pizza, Tonali membuat 89 penampilan bersama Brescia sebelum akhirnya menapak jejak Pirlo: berseragam merah-hitam khas AC Milan.

Sang pemain pun tak menyembunyikan kebanggaannya berseragam Milan.

"Saya inginkan ini (Milan), saya impikan ini, saya meminta untuk ini. Sekarang saya mendapatkannya, sebuah jersey AC Milan dengan nama saya," tulis Sandro Tonali di Instagram-nya, sesaat usai resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Rossoneri.

Baca Juga: Tikung Inter, AC Milan akan Dapatkan Sandro Tonali

2. Detail transfer Sandro Tonali ke AC Milan

Sandro Tonali, Pewaris Nomor 8 AC Milansempremilan.com

Pemilik 3 caps bersama Timnas Italia ini resmi didatangkan AC Milan dengan skema pinjaman. Namun, pinjaman Tonali ini disertai detail klausul yang memaksa Milan merogoh kocek cukup dalam demi memboyongnya.

€10 juta dibayarkan Milan kepada Brescia sebagai biaya peminjaman selama satu musim. Tonali gabung bersama Milan sebagai pemain pinjaman hingga Juni 2021. Setelahnya, AC Milan punya opsi mempermanenkan sang bintang muda di musim panas 2021 dengan mahar €15 juta dan kewajiban memasukkan klausul bonus sebesar €10 juta.

Secara total, dana €35 juta bisa disebut sebagai total harga yang dibayarkan Rossoneri untuk mendapatkan pemain yang pada April lalu hampir jadi milik Inter Milan.

3. Tonali jadi rekrutan kelima AC Milan musim ini

Sandro Tonali, Pewaris Nomor 8 AC Milanviolanation.com

Di bawah kendali Paolo Maldini sebagai Direktur Olahraga, Sandro Tonali secara teknis adalah rekrutan kelima AC Milan musim ini. Sebelumnya, Rossoneri sukses memboyong Pierre Kalulu, Simon Kjaer, dan mempermanenkan Alexis Saelemaekers dari Anderlecht. Sebelum Tonali, Milan juga sukses meminjam salah satu bintang muda Real Madrid, Brahim Diaz.

Lalu di awal musim panas kemarin, Rossoneri juga dipastikan diperkuat lagi oleh salah satu striker veteran, Zlatan Ibrahimovic, meski transfer Zlatan sendiri tidak dihitung pembelian formal oleh Milan di situsweb resminya.

Baca Juga: Derby della Madonnina untuk Sandro Tonali, Siapa Menang?

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya