Tira-Persikabo vs Badak Lampung: Duel Dua Eks Kebanggaan Papua

Kedua tim ini punya masa lalu dari Papua

Jakarta, IDN Times - Pekan perdana Shopee Liga 1 2019 masih berlanjut pada Sabtu (18/5) malam ini ketika tuan rumah Tira-Persikabo akan meladeni tantangan dari tim lama rasa baru, Badak Lampung FC. Laga ini sendiri nantinya akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, setelah Tira sebelumnya menjadi tim musafir di Liga 1 2018.

Bagaimana persiapan kedua tim? Lalu, apakah ada potensi mengejutkan dari laga antara dua tim yang akrab dengan papan bawah ini?

1. Tira simpan kekuatan yang mengejutkan

Tira-Persikabo vs Badak Lampung: Duel Dua Eks Kebanggaan PapuaIDN Times/Galih Persiana

Anak asuh Rahmad Darmawan ini sejatinya menyimpan potensi yang siap mengejutkan di laga perdana. Ini bila mengacu kepada performa timnya saat melakoni babak penyisihan grup di Piala Presiden 2019. Contohnya, mereka bisa menaklukan tuan rumah Persib Bandung lewat pertarungan sengit.

Meski begitu, Tira juga sebenarnya tidak bisa dibilang tim semenjana, walau selalu finis di luar posisi 10 besar. Materi skuat mereka musim ini terbilang mumpuni untuk bersaing di jajaran 10 besar, apalagi usai mendapatkan penyerang asing asal Prancis, Loris Arnaud.

Baca Juga: Kalah dari Persebaya, Pemain dan Ofisial Tira-Persikabo Kejar Wasit

2. Loris Arnaud siap mengancam Badak Lampung

Tira-Persikabo vs Badak Lampung: Duel Dua Eks Kebanggaan PapuaInstagram.com/Lorisarnaud78

Eks pemain Paris Saint-Germain ini sebelumnya bermain bersama Persela Lamongan pada gelaran Liga 1 2018. Mentas di Jawa Timur, legiun asing asal Prancis ini langsung menggebrak bersama skuat Aji Santoso. Total 15 gol disumbangkannya untuk Laskar Joko Tingkir di debut perdananya di Liga Indonesia.

Dikabarkan sempat menolak tawaran Persebaya dan Persib, kini Arnaud berlabuh di The Army, julukan Tira-Persikabo. Dan selama pra-musim, Arnaud sudah menunjukkan kenapa ia bisa jadi ancaman nyata bagi lini belakang Badak Lampung.

3. Badak Lampung adalah tim yang misterius

Tira-Persikabo vs Badak Lampung: Duel Dua Eks Kebanggaan Papuapialapresiden.id

Uniknya, klub ini masih bernama Perseru Serui ketika mereka memutuskan terjun di Piala Presiden 2019. Tak lama berselang, bersama Paulo Gracia, sang CEO, mereka resmi berganti nama menjadi Badak Lampung FC dan memilih home base di Lampung, sekaligus meninggalkan bumi Papua.

Klub asuhan Jan Saragih ini terhitung misterius dengan gaya main dan kapabilitas skuat yang juga misterius. Seperti misalnya, mereka diperkuat dua pemain asing yang masih misterius kapabilitasnya seperti Marquinho Carioca dan Fernandinho. Pemain asing lainnya adalah bek asal Jepang, Kunihiro Yamashita.

4. Duel dua tim yang punya masa lalu Papua

Tira-Persikabo vs Badak Lampung: Duel Dua Eks Kebanggaan Papuapialapresiden.id

Ya, Anda tentu tidak salah baca. Walau kini memiliki kandang masing-masing di Jawa Barat dan Lampung, tapi sejatinya kedua tim ini lahir dari rahim Papua. Tira-Persikabo dahulunya adalah Persiram Raja Ampat yang sempat memiliki nama resmi PS TNI, lalu berganti menjadi PS Tira, dan setelah merger dengan Persikabo Kabupaten Bogor kini resmi bernama Tira-Persikabo.

Sementara Badak Lampung FC, ya, sepertinya yang kita semua tahu, adalah eks Perseru Serui, klub asal Kabupaten Yapen, Serui, yang kini resmi bermarkas di Lampung.

Baca Juga: PSSI Angkat Tangan Kasus Jual-Beli Lisensi Perseru?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya