3 Klub Inggris yang Pernah Menjuarai Liga Sebelum Kompetisi Selesai

Sepertinya musim ini Manchester City akan menorehkan prestasi ini

Liga Premier Inggris merupakan liga terbaik dunia dan juga sangat menarik untuk ditonton. Di Liga ini sering terjadi kejutan-kejutan yang jarang terjadi di liga lainnya.

Sensasi yang masih segar dalam ingatan adalah saat Leicester City berhasil mencatat sejarah dengan meraih trophy pertama klub di ajang Liga Inggris. Musim itu, secara mengejutkan Leicester City tampil begitu mengesankan. Padahal skuat yang dimiliki kalah jauh dari klub-klub besar lainnya.

Tapi penampilan itu hanya semusim saja. Karena di musim berikutnya, Leicester City tampil seperti kehilangan arah. Hal ini terjadi karena hengkangnya beberapa andalan klub yang mengurangi kesolidan tim, yang akhirnya membuat sang pelatih dipecat.

Beberapa musim sebelumnya, drama tak kalah seru juga terjadi. Manchester City mengakhiri musim sebagai juara setelah membalikkan keadaan di dari 1-2 menjadi 3-2.

Pada menit ke-90, hampir 99.99% Manchester United akan keluar sebagai juara karena menang dan unggul dari Manchester City. Tapi sungguh ajaib, anak-anak Manchester Biru begitu semangat hingga peluit akhir dibunyikan, dan menang dengan skor 3-2.

Selain drama di atas, hal lain yang menggoda dari Liga Inggris adalah ketatnya persaingan. Mulai dari papan bawah sampai dengan pemimpin klasemen. Hal ini terjadi hingga akhir musim. Tak jarang juara akan diketahui di partai terakhir liga.

Tapi tahukah kamu, jika di Liga Inggris ada tiga tim yang pernah meraih gelar juara sebelum musim berakhir. Berikut daftarnya. Penulis lansir dari Sportskeeda.com, dan Premierleague.com.

1. Manchester United 1999/2000 dan 2012/2013 - 4 partai tersisa

3 Klub Inggris yang Pernah Menjuarai Liga Sebelum Kompetisi Selesaihttps://www.premierleague.com/history/1999-00

Manchester United adalah salah satu klub tersukses dan peraih gelar terbanyak di Liga Inggris. Salah satu raksasa Inggris ini meraih puncak kejayaannya semasa di latih oleh Sir Alex Fergusson.

Pada musim 1999/2000, Manchester United tampil begitu gemilang, dan unggul 18 poin dari peringkat kedua Arsenal saat memasuki matchday 34. Manchester United memenangi pertandingan dengan skor 3-1 mengalahkan Southampton.

Bintang The Red Devils Andy Cole dan Dwight Yorke tampil begitu buas dengan mencetak gol masing-masing 19 dan 20. Musim ini Manchester United mengumpulkan 91 poin dengan mencetak 97 gol. Hebatnya lagi gelar juara telah dikunci di pekan ke-34.

Manchester United sendiri berhasil keluar sebagai juara dengan menyisakan 4 pertandingan tersisa dan 2 kali yaitu musim 1999/2000 dan musim 2012/2013. Jika pada musim 1999/2000 posisi kedua ditempati Arsenal, namun pada musim 2012/2013 posisi kedua dipegang oleh tetangga sekota Manchester City.

2. Arsenal 2003/2004 - 4 partai tersisa

3 Klub Inggris yang Pernah Menjuarai Liga Sebelum Kompetisi Selesaihttps://www.premierleague.com

Pada musim 2003/2004, Arsenal yang diarsiteki oleh Arsene Wenger tampil luar biasa. Arsenal berhasil mengunci gelar juara pada pekan ke-34 setelah bermain imbang melawan Tottenham Hotspur. Musim itu Arsenal berhasil mengumpulkan 90 poin mengungguli Chelsea ditempat kedua dengan 79 poin.

Nyawa permainan Arsenal musim ini adalah Patrick Vieira dan Ashley Cole yang selalu berhasil menguasai lapangan tengah, dan memanjakan sang striker Thierry Henry. Penyerang asal Prancis ini menyelesaikan musim itu dengan 30 gol.

Selain mengunci gelar pada pekan ke-34 ada sebuah prestasi luar biasa yang diraih oleh Arsenal. Yaitu klub sama sekali tidak pernah kalah selama semusim hingga mereka dijuluki “The Invincibles”.

3. Chelsea 2004/2005 dan 2014/2015 - 3 partai tersisa

3 Klub Inggris yang Pernah Menjuarai Liga Sebelum Kompetisi Selesaihttps://web.facebook.com/ChelseaFC

Chelsea menyusul rival sekotanya Arsenal untuk mengunci gelar sebelum musim berakhir. Chelsea berhasil mengunci gelar pada pekan ke-35 dan menyisakan 3 partai dan ini terjadi sebanyak 2 kali. Yaitu musim 2004/2005 dan 2014/2015. Tapi Chelsea tidak bisa menyamai prestasi Arsenal yang tidak pernah kalah selama semusim.

Musim 2004/2005, Didier Drogba, Eidur Gudjohnsen, dan Frank Lampard menjadi juru pencetak gol sementara Peter Cech menjadi penjaga gawang yang sangat tangguh. Sementara itu lini tengah dikuasai oleh Claude Makelele, yang pantas mendapat perhatian khusus. Karena penampilannya yang fenomenal di lini tengah.

Jansen Simanjuntak Photo Verified Writer Jansen Simanjuntak

Akan Selalu Ada Pelangi Sehabis Hujan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya