Menerka Nasib Mason Mount di Laga Inggris Vs Jerman

Kondisi psikologi dinilai akan jadi kendala

Jakarta, IDN Times - Formasi Inggris dalam laga 16 besar Piala Eropa 2020 melawan Jerman masih abu-abu. Keputusan memasukkan Mason Mount disebut akan diambil di menit terakhir.

Meski dimainkan, Mount masih diragukan bisa kembali membaur dengan timnya. Maklum saja, selama 10 hari terakhir, dia harus menjalani isolasi usai kontak erat dengan gelandang Skotlandia, Billy Gilmour, yang dinyatakan positif COVID-19.

"Memainkan Mount adalah pertaruhan yang sangat besar. Saya pikir untuk Gareth Southgate, risikonya terlalu besar untuk membawanya kembali karena dia telah mengisolasi diri dari tim," kata Dr David Fletcher, seorang psikolog olahraga di Universitas Loughborough, dilansir Daily Mail, Selasa (29/6/2021).

1. Mount tak bisa sepenuhnya menyatu

Menerka Nasib Mason Mount di Laga Inggris Vs Jermaninstagram.com/england

Baca Juga: Mau Gempur Jerman, Penyihir Inggris Belum Gabung Latihan Tim

Tak hanya Mount, bek The Three Lions, Ben Chilwell, pun harus menjalani isolasi. Keduanya selama 10 hari terakhir menjalani latihan secara terpisah dengan tim.

Fletcher menilai hal tersebut membuat Mount maupun Chilwell, jika diturunkan, tak bisa sepenuhnya menyatu.

"Ini adalah tugas berat untuk siap bermain dan berintegrasi dengan tim, hari ini. Intinya, adalah manajemen tidak mampu membawanya kembali ketika dia tidak sepenuhnya terintegrasi," kata dia.

2. Lebih baik di bangku cadangan

Menerka Nasib Mason Mount di Laga Inggris Vs JermanGareth Southgate menyaksikan langsung jalannya pertandingan dari tribun penonton. (talksport.com)

Meski begitu, dikabarkan Mount dan Chilwell mengikuti pertemuan yang membahas taktik menggempur Der Panzer. Tapi melalui zoom.

Sebab, isolasi kedua pemain Chelsea itu baru berakhir pada Senin (28/9/2021) tengah malam. Fletcher berpendapat, dengan alasan psikologis, Mount dan Chilwell lebih baik di bangku cadangan.

3. Southgate akan ambil keputusan di menit terakhir

Menerka Nasib Mason Mount di Laga Inggris Vs JermanMason Mount bersama tim nasional Inggris. (eurosport.com)

Sebelumnya, Southgate memang belum menyatakan akan memainkan Mount dan Chilwell saat menghadapi Jerman di Wembley, Selasa (29/6/2021) malam WIB. Dia akan mengambil keputusan di menit-menit terakhir. Keputusan akan diambil usai memperhatikan kondisi para pemain.

"Ini cukup rumit. Pada dasarnya mereka harus bekerja sepenuhnya sendiri. Tidak hanya pelatihan tetapi bagian psikologis dari itu juga, tentu saja," kata Southgate, Minggu (27/6/2021).

Baca Juga: Inggris vs Jerman: Potensi Drama Adu Penalti Lagi!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya