5 Produk Akademi AJ Auxerre yang Pernah Berlaga di Bundesliga

Produk dari tim promosi!

AJ Auxerre adalah salah satu klub legendaris Prancis yang sukses promosi ke Ligue 1 musim ini. Auxerre cukup hebat di masa lalu meski pamornya masih kalah jika dibandingkan Marseille, Lyon, ataupun AS Monaco.

Kendati demikian, akademi dari Auxerre cukup sering melahirkan pemain berbakat.  Bacary Sagna, Mohamed Sissoko, dan Eric Cantona merupakan beberapa di antaranya. Lalu siapa saja produk akademi Auxerre yang berlaga di Bundesliga? Inilah daftar dan ulasannya. 

1. Evan Ndicka

5 Produk Akademi AJ Auxerre yang Pernah Berlaga di BundesligaEvan Ndicka (en.eintracht.de)

Evan Ndicka dipandang sebagai salah satu bek muda asal Prancis terbaik saat ini. Ndicka juga menjadi produk akademi AJ Auxerre dengan jumlah pertandingan terbanyak di Bundesliga. Bek Eintracht Frankfurt ini telah mencatat 107 laga dengan torehan 9 gol dan 7 assist.

Sebelum bergabung dengan Eintracht Frankfurt pada 2018/2019, Ndicka pernah 1,5 musim membela Auxerre. Ia merupakan anggota akademi Auxerre selama 4 tahun yang promosi pada 2016.

2. Sebastien Haller

5 Produk Akademi AJ Auxerre yang Pernah Berlaga di BundesligaSebastien Haller (en.eintracht.de)

Penyerang baru Borussia Dortmund, Sebastien Haller, juga berasal dari tim akademi AJ Auxerre. Pria berkebangsaan Pantai Gading ini menimba ilmu di tim tersebut selama 5 tahun sebelum promosi pada 2012.

Sejauh ini, Haller belum mencatatkan pertandingan di ajang Bundesliga bersama Borussia Dortmund. Catatannya tersebut sukses ia torehkan kala berlaga untuk Eintracht Frankfurt selama 2 musim (2017—2019). Dalam kurun waktu tersebut, Haller tampil tajam dengan torehan 24 gol dan 13 assist dari 60 laga.

Baca Juga: Haller dan Deretan Striker Termahal yang Pernah Dijual Ajax Amsterdam

3. Jean-Sebastien Jaures

5 Produk Akademi AJ Auxerre yang Pernah Berlaga di BundesligaJean-Sebastien Jaures (lyonne.fr)

Jean-Sebastien Jaures menghabiskan hampir seluruh karier profesionalnya sebagai pesepak bola bersama AJ Auxerre. Selepas promosi pada 1996, Jaures bermain untuk klub tersebut selama 12 musim.

Akhirnya pada awal musim 2008/2009, Jaures memutuskan untuk pindah ke Jerman dengan bergabung bersama Borussia Monchengladbach. Untuk klub tersebut, Jaures yang berposisi sebagai bek kiri ini bermain selama 3 musim dengan torehan 20 pertandingan.

4. Garra Dembele

5 Produk Akademi AJ Auxerre yang Pernah Berlaga di BundesligaGarra Dembele (uefa.com)

Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Garra Dembele sempat dua tahun (2002—2004) menimba ilmu di tim akademi AJ Auxerre. Setelah membela beberapa tim di Eropa, penyerang asal Mali ini mencoba peruntungan di Bundesliga.

Dembele bergabung bersama SC Freiburg dari Levski Sofia pada awal musim 2011/2012. Sayangnya, Dembele hanya mencatatkan 1 gol dan 2 assist dari 20 pertandingan selama 1,5 musim berseragam Freiburg.

5. Paul-Georges Ntep

5 Produk Akademi AJ Auxerre yang Pernah Berlaga di BundesligaPaul-Georges Ntep (vfl-wolfsburg.de)

Nama yang terakhir adalah Paul-Georges Ntep, winger asal Kamerun yang menimba ilmu di tim akademi AJ Auxerre selama dua tahun. Momen ini terjadi dari 2009 hingga ia akhirnya promosi ke tim utama pada 2011.

Dari Januari 2018 hingga Juli 2020, Ntep merupakan bagian dari tim VfL Wolfsburg, Sama seperti dua nama sebelumnya, Ntep juga tak mencatatkan banyak laga di Bundesliga. Ia hanya mencatat 15 laga karena sering dipinjamkan ke tim lain selama berseragam Wolfsburg.

 

Target bertahan di Ligue 1 2022/2023 menjadi target paling realistis yang sejauh ini diharapkan oleh tim promosi seperti AJ Auxerre. Namun, bukan tak mungkin Auxerre bisa memberikan kejutan dan akhirnya bisi bertengger di papan atas klasemen.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi AJ Auxerre Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya