5 Kiper Berkebangsaan Spanyol yang Pernah Bermain di Serie A

Pepe Reina paling dikenal!

Spanyol merupakan salah satu negara yang dikenal memiliki kualitas kiper jempolan. Iker Casillas, Andoni Zubizaretta dan David De Gea adalah beberapa contohnya. Tak hanya berkarier di LaLiga, banyak dari mereka juga merantau ke liga lain.

Salah satunya ialah Serie A Italia. Dari total 90 pesepak bola Spanyol yang pernah bermain di Serie A, 5 di antaranya berposisi sebagai kiper. Siapa sajakah mereka? Berikut ini daftar dan ulasannya.

1. Toni Doblas

5 Kiper Berkebangsaan Spanyol yang Pernah Bermain di Serie AToni Doblas (contra-ataque.it)

Toni Doblas merupakan salah satu kiper Spanyol yang sangat sering membela tim-tim medioker dalam kariernya. Ia juga pernah berkarier di Asia, tepatnya bersama Delhi Dynamos di India dan Ceres Negros di Filipina.

Pada Februari 2014, Toni Doblas sempat bermain di Serie A untuk Napoli. Namun, karier Doblas di Napoli hanya bertahan 6 bulan, sebelum akhirnya ia pindah ke HJK Helsinki. Selama di Serie A, Doblas hanya mencatat dua penampilan.

2. Diego Lopez

5 Kiper Berkebangsaan Spanyol yang Pernah Bermain di Serie ADiego Lopez (legaseriea.it)

Pada awal musim 2014/2015, Diego Lopez memutuskan untuk hengkang dari Real Madrid untuk bergabung dengan AC Milan. Faktanya, AC Milan menjadi satu-satunya tim non-Spanyol yang pernah dibela oleh Diego Lopez.

Pemain yang pada musim depan akan membela Rayo Vallecano ini menjadi bagian dari tim AC Milan selama 3 musim (2014—2017). Dalam kurun waktu tersebut, Lopez hanya mencatat 36 laga dengan torehan 5 nirbobol di Serie A.

Baca Juga: 5 Kiper Veteran yang Tak Disadari Masih Bermain di Klub Serie A

3. Antonio Adan

5 Kiper Berkebangsaan Spanyol yang Pernah Bermain di Serie AAntonio Adan (twitter.com/AntonioAdan13)

Sama seperti Diego Lopez, Antonio Adan juga memutuskan untuk bermain di Serie A setelah kontraknya tak diperpanjang Real Madrid. Momen ini terjadi pada November 2013 karena Adan sempat tak memiliki klub selama dua bulan.

Sayangnya, Antonio Adan hany bermain dua bulan untuk Cagliari, teptanya dari November 2013 hingga hengkang ke Real Betis pada Januari 2014. Kiper yang sekarang membela Sporting CP ini hanya mencatat dua penampilan.

4. Pepe Reina

5 Kiper Berkebangsaan Spanyol yang Pernah Bermain di Serie APepe Reina (twitter.com/lazio_land)

Pepe Reina menjadi pemain asal Spanyol dengan jumlah penampilan terbanyak kelima di Serie A hingga akhir musim 2021/2022. Mantan kiper Liverpool dan Bayern Munich ini pernah membela 3 klub berbeda, yakni Napoli, AC Milan dan Lazio.

Dari ketiga klub tersebut, Napoli jadi klub yang paling sering dibela Reina selama berkarier di Liga Italia. Total 190 laga dengan torehan 67 nirbobol sukses Pepe Reina torehkan untuk ketiga klub tersebut di ajang Serie A.

5. Pau Lopez

5 Kiper Berkebangsaan Spanyol yang Pernah Bermain di Serie APau Lopez (asroma.com)

Nama yang terakhir ialah Pau Lopez, kiper yang resmi jadi pemain Marseille sepenuhnya pada musim depan. Pau Lopez hanya membela AS Roma selama bermain di Serie A. Momen tersebut terjadi dari tahun 2019 hingga ia dipinjamkan ke Marseille pada 2021.

Jika ditotalkan, Pau Lopez hanya bermain selama dua musim untuk AS Roma. Dalam kurun waktu tersebut, Pau Lopez sukses mencetak 53 laga dengan catatan 9 nirbobol di ajang Serie A.

 

Nama-nama di atas cukup mentereng sebagai seorang kiper. Hal tersebut cukup membuktikan jika kiper asal Spanyol memang memiliki kualitas baik dan pamor yang tak kalah. Siapakah pemain favoritmu dalam daftar ini?

Baca Juga: 5 Kiper asal Spanyol yang Saat Ini Berkarier di Premier League

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya