10 Potret Jan Vertonghen, Bek Veteran Belgia yang Diandalkan Benfica

Kualitas dan konsistensi adalah kunci bagi Vertonghen

Tak banyak pesepak bola hebat yang memiliki kualitas yang konsisten hingga usia tua. Akan tetapi, Jan Vertonghen masih mampu menampilkan penampilan terbaik meski usianya telah menginjak 35 tahun.

Saat ini, ia jadi salah satu bagian penting di lini pertahanan SL Benfica bersama Nicholas Otamendi. Untuk mengenal sosok bek veteran asal Belgia ini, mari simak ulasan berikut ini!

1. Jan Bert Lieve Vertonghen lahir pada 24 April 1987 di Sint-Niklaas, Belgia. Saat ini, usianya telah menginjak 35 tahun

10 Potret Jan Vertonghen, Bek Veteran Belgia yang Diandalkan BenficaJan Vertonghen saat membela SL Benfica. (instagram.com/jvertonghen)

2. Sebelum jadi pesepak bola profesional, Jan Vertonghen pernah menimba ilmu di tim akademi VK Tielrode dan Germinal Beerschot di Belgia

10 Potret Jan Vertonghen, Bek Veteran Belgia yang Diandalkan BenficaJan Vertonghen bersama keluarga (instagram.com/jvertonghen)

3. Tim akademi Ajax Amsterdam jadi tim akademi terakhir yang dibela Vertonghen sebelum promosi ke tim utama Ajax Amsterdam pada 2006

10 Potret Jan Vertonghen, Bek Veteran Belgia yang Diandalkan BenficaJan Vertonghen dan Toby Alderweireld (instagram.com/jvertonghen)

4. Pada musim pertamanya saat promosi ke tim utama Ajax Amsterdam, Vertonghen pernah dipinjamkan ke RKC Waalwijk 

10 Potret Jan Vertonghen, Bek Veteran Belgia yang Diandalkan BenficaJan Vertonghen saat membela SL Benfica. (instagram.com/jvertonghen)

5. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini bermain sangat impresif selama 6 tahun berseragam Ajax Amsterdam

10 Potret Jan Vertonghen, Bek Veteran Belgia yang Diandalkan BenficaJan Vertonghen saat membela Ajax Amsterdam. (skysports.com)

Baca Juga: Berusia Senja, 5 Bek Tengah Veteran Ini Masih Diandalkan Klubnya

6. Pada musim terakhirnya di Ajax Amsterdam (2011/2012), Vertonghen sukses terpilih jadi pemain terbaik Eredivisie 

10 Potret Jan Vertonghen, Bek Veteran Belgia yang Diandalkan BenficaJan Vertonghen saat membela Timnas Belgia. (instagram.com/jvertonghen)

7. Permainan impresifnya bersama Ajax membuat Vertonghen akhirnya diboyong Tottenham Hotspur ke English Premier League pada 2012

10 Potret Jan Vertonghen, Bek Veteran Belgia yang Diandalkan BenficaJan Vertonghen saat membela Tottenham Hotspur. (instagram.com/jvertonghen)

8. Namanya makin terkenal saat bersama Spurs. Vertonghen sering dipanggil Timnas Belgia

10 Potret Jan Vertonghen, Bek Veteran Belgia yang Diandalkan BenficaSelebrasi Jan Vertonghen saat membela Tottenham Hotspur. (instagram.com/jvertonghen)

9. Hingga Juni 2022, Vertonghen memegang rekor sebagai pemain dengan jumlah caps terbanyak untuk Timnas Belgia dengan 139 laga

10 Potret Jan Vertonghen, Bek Veteran Belgia yang Diandalkan BenficaJan Vertonghen dan Hall of Fame Timnas Belgia (instagram.com/jvertonghen)

10. Sejak awal 2020/2021, Vertonghen jadi pemain andalan SL Benfica meski usianya tak lagi muda

10 Potret Jan Vertonghen, Bek Veteran Belgia yang Diandalkan BenficaJan Vertonghen dalam sesi latihan SL Benfica (instagram.com/jvertonghen)

Bakat keluarga juga jadi salah satu faktor Jan Vertonghen berhasil jadi pemain besar. Ia diketahui memiliki dua saudara yang ikut berkecimpung di dunia sepak bola, yakni Ward Vertonghen dan Lode Vertonghen.

Baca Juga: 6 Pemain Kunci yang Diandalkan Benfica pada Musim 2021/2022

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya