Comscore Tracker

5 Produk Akademi Ajax Terbaik yang Pernah Bermain di Bundesliga

Ajax Amsterdam jadi tim paling mentereng di Belanda!

Ketika menyebut nama-nama klub Eredivisie, Ajax Amsterdam biasanya jadi top of mind para penggila sepak bola. Hal ini cukup wajar mengingat tim asal ibu kota Belanda tersebut memang klub paling berprestasi di Eredivisie.

Ajax Amsterdam sendiri banyak menciptakan pemain hebat, baik dari akademi maupun hasil rekrutan dari klub lain. Pemain berkelas hingga legenda pun pernah lahir dari klub ini.

Beberapa jebolan Ajax bahkan mampu menembus Bundesliga Jerman. Ada total 37 pemain sepak bola produk akademi Ajax Amsterdam yang pernah bermain di sana. Lima di antaranya adalah pemain berikut ini.

1. Dick van Burik

5 Produk Akademi Ajax Terbaik yang Pernah Bermain di BundesligaDick van Burik (bz-berlin.de)

Dick van Burik merupakan produk akademi Ajax Amsterdam dengan jumlah pertandingan terbanyak di Bundesliga Jerman. Pemain berposisi bek tengah ini bermain selama 10 tahun untuk Hertha Berlin.

Perjalanan Burik di Bundesliga dimulai pada 1996, ketika ia hengkang dari FC Utrecht. Burik baru memutuskan gantung sepatu bersama Hertha Berlin pada 2007. Pemain yang menghabiskan 2 tahun di akademi Ajax tersebut sukses menyumbangkan 7 gol dan 1 assist dari 245 laga bersama Hertha Berlin.

2. Youri Mulder

5 Produk Akademi Ajax Terbaik yang Pernah Bermain di BundesligaYouri Mulder (twitter.com/s04_en)

Nama selanjutnya ialah pria berkebangsaan Belanda yang lahir di Belgia, Youri Mulder. Pemain berposisi penyerang ini hanya menimba ilmu selama setahun di akademi Ajax Amsterdam (1988—1989).

Mulder bermain selama 9 tahun di Bundesliga Jerman bersama satu tim, yakni Schalke 04. Dalam kurun waktu tersebut, ia mencatatkan 31 gol dan 29 assist dari 174 pertandingan.

Baca Juga: 10 Potret Edson Alvarez, Gelandang Meksiko Andalan Ajax Amsterdam

3. Rafael van der Vaart

5 Produk Akademi Ajax Terbaik yang Pernah Bermain di BundesligaRafael van der Vaart (skysports.com)

Nama Rafael van der Vaart mulai dikenal publik ketika bermain sangat apik bersama Ajax Amsterdam pada usia muda. Van der Vaart menghabiskan 7 tahun untuk menimba ilmu di akademi Ajax, sebelum promosi ke tim utama pada 2000.

Nama Van der Vaart makin populer ketika bermain untuk Hamburger SV (2005—2008). Setelah itu, gelandang berkebangsaan Belanda ini dibeli Real Madrid.

Pada 2012, Van der Vaart kembali ke Hamburger SV. Ia berkarier di sana selama 3 musim lagi.

Rafael van der Vaart secara total bermain selama 6 musim untuk Hamburger SV. Dalam kurun waktu tersebut, ia mencatatkan 45 gol dan 39 assist dari 152 laga.

4. Niklas Moisander

5 Produk Akademi Ajax Terbaik yang Pernah Bermain di BundesligaNiklas Moisander (skysports.com)

Banyak pemain sepak bola non-Belanda yang pernah merasakan didikan akademi Ajax Amsterdam. Salah satunya ialah Niklas Moisander, bek berkebangsaan Finlandia yang saat ini bermain untuk Malmo FF di Swedia.

Moisander menghabiskan waktu 3 tahun (2003—2006) untuk jadi bagian dari tim junior Ajax. Pada  2016, Moisander kemudian bermain untuk Werder Bremen di Bundesliga. Ia bermain selama 5 tahun hingga akhirnya Bremen terdegradasi pada 2020/2021.

Selama itu, Moisander kerap jadi pemain andalan Werder Bremen. Ia mencatatkan 125 laga dengan sumbangan 2 gol dan 2 assist.

5. Khalid Boulahrouz

5 Produk Akademi Ajax Terbaik yang Pernah Bermain di BundesligaKhalid Boulahrouz (skysports.com)

Nama Khalid Boulahrouz sempat naik daun karena memilih nomor punggung keramat 9 Chelsea pada 2006/2007. Sebab, seorang bek umumnya tidak akan memilih nomor itu.

Kiprahnya di Inggris juga sebentar saja. Dia bermain pada 2006 sampai dipinjamkan Chelsea ke Sevilla pada 2007. 

Bek berkebangsaan Belanda ini sebenarnya punya catatan baik sebelum hijrah ke Inggris. Boulahrouz pernah membela dua klub Bundesliga berbeda, yakni Hamburg SV (2004—2006) dan VfB Stuttgart (2008—2012). Selama bermain di Bundesliga Jerman, Boulahrouz sukses mencatatkan 116 laga dengan sumbangan 3 gol dan 8 assist.

Ajax Amsterdam merupakan klub terbesar di Belanda. Selain nama-nama di atas, beberapa nama top, seperti Ryan Babel, Donyell Malen, Nigel de Jong, dan John Heitinga juga jadi produk akademi Ajax yang pernah bermain di Bundesliga.

Baca Juga: Antony Mangkir di Latihan Ajax, Sengaja Agar Dijual ke MU?

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya