5 Produk Akademi Barcelona Terbaik yang Pernah Berlaga di Bundesliga

Salah satu akademi sepak bola terbaik dunia

Bukan lagi jadi rahasia umum bahwa akademi Barcelona atau La Masia merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Nama-nama besar, seperti Lionel Messi, Xavi Hernandez, hingga Carles Puyol pernah berada di akademi kebanggaan masyarakat Katalan ini.

Produk akademi La Masia tak hanya berkutat di Spanyol. Mereka menyebar ke penjuru Eropa, bahkan dunia untuk mendapatkan karier yang layak. Di Bundesliga Jerman, telah ada 13 pemain produk La Masia yang pernah berkarier. Berikut ini kami rangkum 5 alumni La Masia terbaik beserta catatan performanya selama berkarier di tanah Jerman.

1. Dani Olmo

5 Produk Akademi Barcelona Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaDani Olmo (skysports.com)

Dani Olmo merupakan salah satu pemain akademi La Masia yang sangat diinginkan oleh Barcelona pada awal 2020. Akan tetapi, Olmo lebih memilih untuk bergabung dengan RB Leipzig yang jadi timnya saat ini.

Baru 2,5 musim membela Die Roten Bullen, Olmo telah mencatatkan 11 gol dan 14 assist dari 63 laga, Jauh sebelum itu, Dani Olmo pernah menimba ilmu di tim akademi Barcelona selama 7 tahun (2007—2014).

2. Marc Bartra

5 Produk Akademi Barcelona Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaMarc Bartra (skysports.com)

Bek utama Real Betis, Marc Bartra, pernah jadi pemain pelapis dari Carles Puyol dan Gerard Pique di tim utama Barcelona. Bek asal Spanyol ini merupakan didikan La Masia dari tahun 2002 hingga promosi pada tahun 2012.

Pada tahun 2016, ia pindah dari Barcelona untuk bergabung dengan Borussia Dortmund di Bundesliga. Bersama Die Borussen, Marc Bartra cukup sering tampil meski sering mendapat rotasi. Ia torehkan 31 laga dengan torehan 2 gol dan 5 assist selama 2 musim di Bundesliga.

Baca Juga: 10 Potret Alejandro Grimaldo, Alumni La Masia yang Bersinar di Benfica

3. Thiago Alcantara

5 Produk Akademi Barcelona Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaThiago Alcantara (skysports.com)

Thiago Alcantara merupakan produk akademi La Masia terbaik dengan jumlah pertandingan terbanyak sejauh ini. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini sukses mencatatakan 150 laga dengan torehan 17 gol dan 21 assist bagi Bayern Munich selama 7 musim (2013—2020).

Sebelum jadi pesepak bola profesional, Thiago pernah berada di akademi Barcelona selama 6 tahun, tepatnya dari 2005 hingga ia promosi ke tim utama pada 2011. Saat berseragam Barcelona, Thiago tampil cukup baik dan telah terlihat potensinya sebagai pemain hebat.

4. Oriol Romeu

5 Produk Akademi Barcelona Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaOriol Romeu (skysports.com)

Tak banyak yang tahu Oriol Romeu merupakan produk akademi La Masia. Gelandang yang saat ini bermian untuk Southampton ini berada di akademi La Masia selama 5 tahun (2004—2009). Ia tak pernah tampil di tim utama Barcelona karena terlebih dahulu diboyong Chelsea pada 2009.

Saat berseragam Chelsea, Romeu pernah dipinjamkan ke VfB Stuttgart selama semusim. Momen tersebut terjadi pada musim 2014/2015. Saat itu Romeu mencatatakan 27 penampilan untuk klub berjuluk Die Schwaben tersebut.

5. Mateu Morey Bauza

5 Produk Akademi Barcelona Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaMateu Morey Bauza (bvb.de)

Mateu Morey Bauza jadi salah satu pemain muda Spanyol yang saat ini bermain untuk tim Bundesliga. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini telah bergabung dengan Borussia Dortmund sejak 2019. Akan tetapi, ia baru mencatatkan 18 penampilan di ajang Bundesliga.

Sebelum bergabung dengan Borussia Dortmund, Bauza merupakan bagian dari tim akademi Barcelona. Ia menghabiskan 4 tahun (2015—2019) di La Masia tanpa pernah sekali pun tampil di tim utama Barcelona.

 

Masih ada sederet nama lain produk akademi La Masia yang pernah berlaga di Bundesliga. Bojan Krkic, Pepe Reina, Juan Miranda, dan Ilaix Moriba adalah beberapa di antaranya. Siapakah pemain yang paling kamu ingat dari La Masia.

Baca Juga: 15 Potret Raphael Guerreiro, Bek Kiri Borussia Dortmund asal Portugal

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya