5 Produk Akademi Chelsea Terbaik yang Pernah Berlaga di Bundesliga

Chelsea dikenal sebagai klub yang sering menumpuk wonderkid

Chelsea telah dikenal publik sepak bola sebagai salah satu klub yang sering merekrut pemain potensial dari berbagai negara. Tak heran Chelsea memiliki segudang pemain hebat di tim akademinya. Namun, tak semua berhasil menembus tim utama.

Banyak dari mereka justru sukses di tim lain, baik di Inggris maupun luar Inggeris, salah satunya ialah Bundesliga Jerman. Total telah ada sepuluh pemain produk akademi Chelsea yang pernah merumput di Bundesliga. Berikut ini kami sajikan ulasan lima di antaranya.

1. Jeffrey Bruma

5 Produk Akademi Chelsea Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaJeffrey Bruma (skysports.com)

Nama yang pertama ialah Jeffrey Bruma, pemain produk akademi Chelsea dengan jumlah laga terbanyak di Bundesliga Jerman. Total ada 4 tim Bundesliga yang pernah Bruma bela, yakni VfL Wolfsburg, Hamburg SV, Schalke 04, dan Mainz 05.

Saat ini Bruma membela Kasimpasa di Liga Turki. Hingga tahun 2022, Bruma telah mencatatkan 97 pertandingan di Bundesliga dengan torehan 4 gol dan 2 assist sebagai bek tengah. Sebelum jadi pesepak bola profesional, Bruma pernah menimba ilmu di akademi Chelsea selama 2 tahun (2007—2009).

2. Andreas Christensen

5 Produk Akademi Chelsea Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaAndreas Christensen (skysports.com)

Sebelum mendapatkan jatah bermain reguler bersama Chelsea, Andreas Christensen pernah menjalani dua musim peminjaman di Bundesliga. Momen tersebut terjadi pada musim 2015/2016 dan 2016/2017 ketika ia dipinjamkan ke Borussia Monchengladbach.

Pemain yang 3 tahun (2012—2015) menimba ilmu di akademi Chelsea ini mencatatkan 62 pertandingan selama 2 musim berseragam Gladbach. Dari catatan terrsebut, Christensen cukup produktif sebagai seorang bek tengah dengan sumbangan 7 gol dan 1 assist.

Baca Juga: 10 Potret Andreas Christensen, Pemain Denmark yang Membela Chelsea

3. Jamal Musiala

5 Produk Akademi Chelsea Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaJamal Musiala (skysports.com)

Salah satu pemain muda yang sering jadi perbincangan dalam dua musim terakhir di Bundesliga, Jamal Musiala, juga pernah menimba ilmu di akademi Chelsea. Total 8 tahun (2011—2019) Musiala berada di tim muda klub berjuluk The Blues tersebut.

Ia tak pernah main di tim utama Chelsea karena terlebih dahulu pindah ke tim akademi Bayern Munich. Hingga musim keduanya di Bundesliga, Musiala cukup sering diandalkan oleh Bayern Munich. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini telah mencatat 11 gol dan 6 assist bagi Bayern Munich dari 57 laga.

4. Michael Mancienne

5 Produk Akademi Chelsea Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaMichael Mancienne (skysports.com)

Nama selanjutnya adalah Michael Mancienne, bek berkebangsaan Inggris yang jadi angkatan tertua akademi Chelsea yang pernah berlaga di Bundesliaga. Mancienne promosi ke tim utama pada 2006 setelah menimba ilmu di akademi Chelsea selama 11 tahun.

Sering bolak-balik dipinjamkan ke tim lain, Mancienne akhirnya memutuskan untuk hengkang ke Hamburg SV pada jendela transfer musim panas 2011. Sayangnya, penampilan Mancienne di Hamburg juga angin-anginan. Selama 3 musim, ia hanya catatkan 49 laga di kompetisi Bundesliga.

5. Gokhan Tore

5 Produk Akademi Chelsea Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaGokhan Tore (skysports.com)

Gokhan Tore merupakan striker berkebangsaan Turki yang lahir di Jerman. Setelah menimba ilmu di akademi Bayer Leverkusen, Gokhan Tore akhirnya pindah ke akademi Chelsea pada 2009. Ia tak pernah sekali pun tampil di tim utama Chelsea.

Klub profesional pertamanya adalah Hamburg SV yang ia bela hanya dalam semusim (2010/2011). Dalam kurun waktu tersebut, Tore tak mampu berbicara banyak. Sebagai seorang penyerang, ia hanya mampu mencatatkan 22 penampilan dengan kontribusi 6 assists di Bundesliga.

 

Meski sering meminjamkan pemainnya, Bundesliga Jerman masih terhitung jarang jadi destinasi pemain-pemain Chelsea. Tim-tim di Divisi Championship Inggris, Eredivisie Belanda, dan LaLiga cenderung lebih sering dapat jatahnya.

Baca Juga: 7 Pemain Lulusan Akademi Chelsea yang Bersinar pada 2021/2022

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya