Comscore Tracker

5 Produk Akademi Feyenoord Terbaik yang Pernah Berlaga di Bundesliga

Produk salah satu tim penguasa Eredivisie

Bicara soal Eredivisie, Feyenoord Rotterdam menjadi salah satu klub terkuat di kompetisi tersebut. Bersama Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven, tim Feyenoord selalu menghuni papan atas klasemen.

Mereka juga dikenal sering melahirkan pemain berbakat dari tim akademi mereka. Sebut saja Robin van Persie, Georgionio Wujnaldum, dan Stefan de Vrij. Dari ketiga nama tersebut, tak ada satu pun yang pernah berlaga di Bundesliga. Lalu, siapa sajakah pemain produk akademi Feyenoord yang pernah berlaga di Bundesliga? Berikut ini kami sajikan ulasan lima yang terbaik.

1. Jean-Paul Boetius

5 Produk Akademi Feyenoord Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaJean-Paul Boetius (twitter.com/mainz05en)

Jean-Paul Boetius adalah produk akademi Feyenoord dengan jumlah penampilan terbanyak di Bundesliga hingga saat ini. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini mulai berkarier di Bundesliga pada 2018/2019 bersama FSV Mainz.

Setelah bertanah selama 4 musim bersama Mainz, Boetius akan bermain untuk Hertha Berlin pada musim 2022/2023. Sejauh ini, ia baru mencatat 11 gol dan 20 assist dari 120 laga di Bundesliga yang seluruhnya ia berikan untuk Mainz.

2. Jeffrey Bruma

5 Produk Akademi Feyenoord Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaJeffrey Bruma (twitter.com/jeffreybruma)

Nama selanjutnya ialah Jeffrey Bruma, pemain yang menghabiskan 9 tahun (1998—2007) berada di tim akademi Feyenoord. Total ada 4 tim Bundesliga yang pernah Bruma bela, yakni VfL Wolfsburg, Hamburg SV, Schalke 04, dan Mainz 05.

Dari keempat klub tersebut, Wolfsburg merupakan tim yang paling sering Bruma bela di Bundesliga. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini telah mencatatkan 97 pertandingan di Bundesliga dengan torehan 4 gol dan 2 assist.

Baca Juga: Awal Mula Bundesliga Disebut Liga Petani, Salah Siapa?

3. Ellery Cairo

5 Produk Akademi Feyenoord Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaEllery Cairo (twitter.com/larnefc)

Ellery Cairo merupakan winger berkebangsaan Belanda yang lahir di kota Rotterdam, markas dari Feyenoord. Saat masih muda, Cairo sempat menimba ilmu di tim akademi Feyenoord sebelum promosi ke tim senior pada 1994.

Karier Cairo di Bundesliga berlangsung selama 4 musim bersama 2 klub berbeda, yakni Freiburg (2003—2005) dan Hertha Berlin (2005—2007). Dalam kurun waktu tersebut, Cairo sukses mencatat 5 gol dan 15 assist dari 86 pertandingan.

4. Ebi Smolarek

5 Produk Akademi Feyenoord Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaEbi Smoralek (skysports.com)

Ebi Smolarek merupakan salah satu tumpuan Timnas Polandia di medio 2000-an. Sebelum menjadi pesepak bola profesional pada 1999, Smolarek sempat setahun berada di tim akademi Feyenoord Rotterdam.

Jika ditotalkan, Smolarek hanya bermain 2,5 musim (2005—2007) di Bundesliga bersama Borussia Dortmund. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini sukses mencatatkan 25 gol dan 15 assist dari 81 laga dalam kurun waktu tersebut.

5. Karim Rekik

5 Produk Akademi Feyenoord Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaKarim Rekik (bundesliga.com)

Sebelum bergabung dengan tim akademi Manchester City pada 2011, Karim Rekik pernah 9 tahun berada di tim muda Feyenoord. Masa tersebut terjadi dari 2002--2011. Setelah itu Rekik sempat membela beberapa tim di Eropa.

Pada awal musim 2017/2018, Rekik bergabung dengan Hertha Berlin dari Marseille. Karier bek yang kini bermain untuk Sevilla ini cukup baik bersama Hertha Berlin. Ia sukses mencatatkan 3 gol dan 3 assist dari 64 laga dalam kurun waktu 3 musim.

 

Termasuk 5 nama di atas, total ada 14 pemain produk akademi Feyenoord yang pernah berlaga di Bundesliga. Jonathan de Guzman, Tahith Chong, Joshua Zirkzee, dan Orlando Engelaar merupakan beberapa di antaranya.

Baca Juga: 5 Pemain Feyenoord Masuk Europa Conference League Team of the Season

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya