Menilik Faktor di Balik Gebrakan Girona yang Kejutkan LaLiga 2023/2024

Girona mampu bersaing di papan atas dalam perebutan juara

Girona tengah berada dalam tren positif di jalur kemenangan. Klub berjuluk Gironistes ini membuat gebrakan di LaLiga Spanyol 2023/2024. Skuad asuhan Michel ini mampu bersaing di papan atas dalam jalur perebutan juara.

Hal ini tentu mengejutkan banyak pihak mengingat Girona baru promosi ke LaLiga pada 2022/2023 lalu. Proses yang terbilang cepat untuk membuat tim kompetitif menjadi hal yang tidak terkira. Konsistensi yang ditunjukkan para pemain ini tidak terlepas dari sejumlah faktor yang mendasarinya.

Lantas, apa yang membuat Girona bisa bermain kompetitif dan ikut bersaing dalam perebutan gelar juara LaLiga 2023/2024? Mari melihat lebih dekat faktor di balik gebrakan tersebut melalui ulasan di bawah ini!

1. Sosok pelatih Michel yang membawa mentalitas pemenang

Menilik Faktor di Balik Gebrakan Girona yang Kejutkan LaLiga 2023/2024Michel (twitter.com/GironaFC)

Michel merupakan pelatih Girona sejak 2021 lalu. Pada mulanya, ia hanya dikontrak selama setahun. Namun, ia memberi kejutan dengan langsung membawa tim promosi pada musim perdana. Klub asal Catalan ini berhasil dibawanya kembali mentas ke LaLiga 2022/2023.

Pada 2022/2023, Girona bermain dengan baik meski masih belum konsisten. Mereka bisa bertahan dan mengakhiri musim di peringkat 10. Michel, yang merupakan mantan striker, berhasil menunjukkan fondasi bermain yang apik sebagai pelatih. Ia membawa mentalitas menyerang ke dalam tim demi meraih kemenangan. Hal ini menjadi identitas pola bermainnya.

Sejauh musim 2023/2024 ini, Girona mampu mengoleksi 28 poin dari 11 laga. Catatan 9 kemenangan, 1 kali hasil imbang, dan 1 kali kalah membuat tim menempati posisi kedua di klasemen, hanya kalah produktivitas gol dari Real Madrid sebagai pemuncak. Secara statistik, Girona sudah menciptakan 25 gol, terbanyak di LaLiga saat ini, sama dengan Atletico Madrid.

2. Rekrutmen yang tepat pada bursa transfer musim panas 2023

Menilik Faktor di Balik Gebrakan Girona yang Kejutkan LaLiga 2023/2024Savio (twitter.com/GironaFC)

Bursa transfer musim panas 2023 menjadi awal geliat Girona. Kebijakan dari manajemen mendatangkan sejumlah pemain terbukti jitu. Tercatat, terdapat 10 pemain yang direkrut tim. Para pemain ini terbilang sudah punya nama di klub yang dibela sebelumnya.

Jika melihat dari nama-nama baru, sebagian besar mampu menunjukkan kualitasnya secara instan. Para pemain ini bisa langsung menjadi andalan berkat pengalamannya. Sebut saja, seperti Daley Blind, Eric Garcia, dan Pablo Torre. Mereka punya rekam jejak di klub-klub besar sebelum bergabung dengan Girona.

Terlebih lagi, beberapa pemain juga didatangkan dari sesama klub LaLiga. Hal ini membuat adaptasi mereka tidak terlalu lama dan hanya perlu menyesuaikan kebutuhan tim. Terdapat juga nama-nama potensial, seperti Savio, Yangel Herrera, dan Ivan Martin. Kualitas mereka mampu dikeluarkan dengan maksimal sehingga menjadi andalan di Girona.

Baca Juga: 10 Potret Artem Dovbyk, Faktor Kunci Girona Tampil Perkasa di LaLiga

3. Artem Dovbyk menjadi bomber tajam di lini serangan Girona

Menilik Faktor di Balik Gebrakan Girona yang Kejutkan LaLiga 2023/2024Artem Dovbyk (instagram.com/gironafc)

Sorotan lain terhadap pemain tertuju pada Artem Dovbyk. Rekrutan baru Girona ini langsung tampil nyetel bersama tim. Ia didatangkan dari klub Ukraina, SK Dnipro, dengan biaya 7 juta euro atau Rp117 miliar. Nilai tersebut menjadikannya sebagai pemain dengan pembelian termahal sepanjang sejarah klub.

Girona berani membayar mahal Dovbyk berkat konsistensinya sebagai striker. Bersama SK Dnipro, ia total mengoleksi 54 gol dan menciptakan 14 assist dari 86 pertandingan. Pemain berusia 26 tahun ini juga meraih 2 kali gelar top skor di Liga Ukraina pada 2021/2022 dan 2022/2023. Statistik tersebut menjadi bukti ketajaman sang pemain dalam menghasilkan gol.

Harga yang dibayarkan Girona tersebut nyatanya mampu diwujudkan dengan performa moncer. Dovbyk bermain dengan impresif di lini serangan tim. Bomber asal Ukraina ini menjadi andalan dan sudah terlibat dalam 11 pertandingan di LaLiga 2023/2024. Ia mampu menciptakan 5 gol dan menghasilkan 2 assist.

4. Kehadiran para pemain berpengalaman membantu Girona bersaing kompetitif

Menilik Faktor di Balik Gebrakan Girona yang Kejutkan LaLiga 2023/2024Daley Blind (instagram.com/blinddaley)

Salah satu faktor lain yang penting dari gebrakan Girona adalah adanya para pemain berpengalaman. Terdapat nama-nama yang sudah lama menghuni skuad, seperti Cristhian Stuani, Juanpe, hingga Valery Fernandez. Nama-nama tersebut mungkin tidak familier, tetapi sudah berada di tim cukup lama.

Ditambah lagi, adanya rekrutan baru yang berpengalaman menambah kualitas skuad Girona. Daley Blind, Portu, dan Paulo Gazzaniga adalah sejumlah nama yang didatangkan berkat pengalaman bermainnya. Selain itu, terdapat dua pemain pinjaman Barcelona, yakni Eric Garcia dan Pablo Torre, yang pernah bermain dengan para bintang Blaugrana.

Kehadiran para pemain baru ini menambah warna baru. Nama-nama yang sudah lama berada di Girona mendapatkan pengalaman bermain secara kompetitif dari mereka. Hal ini yang membuat tim bisa menunjukkan konsistensi permainan hingga dapat bersaing di papan atas dalam perebutan juara LaLiga 2023/2024.

5. Peran penting Cristhian Stuani sebagai kapten sekaligus sosok pemimpin di dalam tim

Menilik Faktor di Balik Gebrakan Girona yang Kejutkan LaLiga 2023/2024Cristhian Stuani (instagram.com/gironafc)

Cristhian Stuani merupakan sosok senior di dalam skuad Girona. Ia sudah berada di Estadi Montilivi sejak 2017. Pemain 37 tahun ini masih menjadi andalan di lini serangan tim. Statusnya sebagai kapten menjadikannya sosok pemimpin yang membantu tim bermain kompetitif.

Pengalaman Stuani dalam memimpin tim ini berperan penting untuk mewujudkan konsistensi Girona di LaLiga 2023/2024. Ia mampu membawa rekan-rekannya bermain sesuai dengan strategi yang diracik oleh pelatih Michel. Secara keseluruhan, ia telah terlibat dalam 223 laga dengan mengemas 119 gol dan menghasilkan 8 assist.

Jika menilik komposisi skuad Girona, mereka tentu terlihat jomplang dengan tim pesaing lain, seperti Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid. Kendati demikian, mereka bisa terus bersaing di papan atas. Mampukah mereka menjaga konsistensinya dan terus bersaing di jalur juara LaLiga 2023/2024?

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Girona pada 2023/2024, Ada Pablo Torre!

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya