5 Tim Kuda Hitam Siap Beri Kejutan di Liga Champions 2023/2024

Tim-tim ini berpotensi menyulitkan tim-tim besar di UCL

Liga Champions Eropa 2023/2024 telah menyelesaikan undian pembagian grup. Sebanyak 32 klub akan bersaing untuk memperebutkan trofi Si Kuping Besar. Klub-klub tersebut akan saling unjuk kualitas demi bisa lolos dari fase grup.

Sejumlah klub langganan diprediksi bakal lolos dengan mudah dari fase grup. Namun, terdapat juga klub yang tidak diunggulkan, tetapi punya potensi. Para klub ini bisa menjadi kuda hitam di Liga Champions 2023/2024.

Berikut lima klub yang berpotensi menjadi kuda hitam pada Liga Champions 2023/2024.

1. Galatasaray punya lini serang yang berpengalaman

5 Tim Kuda Hitam Siap Beri Kejutan   di Liga Champions 2023/2024selebrasi para pemain Galatasaray (twitter.com/Galatasaray)

Pergerakan Galatasaray pada bursa transfer musim panas 2023 cukup menarik. Klub asal Turki ini mendatangkan 11 pemain di berbagai lini. Rekrutan baru didominasi oleh pemain yang beroperasi di lini penyerangan yang berpengalaman.

Nama-nama mentereng, seperti Hakim Ziyech, Wilfried Zaha, Dries Mertens, hingga Mauro Icardi, berhasil didatangkan. Para pemain tersebut punya pengalaman matang berkompetisi di level sepak bola top. Rekrutan anyar ini akan menambah kualitas di dalam skuad dan dapat membantu Galatasaray bersaing.

Kendati bakal mentas dengan skuad yang meyakinkan, Galatasaray tergabung di Grup A yang cukup sulit. Terdapat unggulan, seperti Bayern Muenchen dan Manchester United, juga FC Copenhagen. Namun, bukan tidak mungkin klub asuhan Okan Buruk ini bisa lolos dari fase grup. Mereka masih punya potensi yang sama untuk lolos ke fase gugur.

2. RC Lens menunjukkan permainan yang konsisten

5 Tim Kuda Hitam Siap Beri Kejutan   di Liga Champions 2023/2024selebrasi para pemain RC Lens (twitter.com/RCLens)

RC Lens menjadi klub yang patut ditunggu kiprahnya di Liga Champions. Klub berjuluk Les Sang et Or ini menggebrak Ligue 1 Prancis musim 2022/2023 lalu. Mereka finis sebagai runner up setelah hanya kalah 1 poin dari Paris Saint-Germain yang keluar sebagai juara.

Mentasnya RC Lens di Liga Champions musim ini sekaligus menandai kembalinya mereka setelah absen 21 tahun. Dengan performa yang ditunjukkan pada musim lalu, peluang untuk bisa menyulitkan tim lain terbuka lebar. Terlebih lagi, skuad mereka juga tidak banyak berubah.

RC Lens tergabung dalam Grup B bersama Arsenal, Sevilla, dan PSV Eindhoven. Unggulan langsung disematkan kepada Arsenal dan Sevilla. Namun, keduanya punya catatan masing-masing. The Gunners baru kembali setelah absen 6 tahun, sedangkan Sevilla lolos ke fase grup berkat menjuarai Liga Europa 2022/2023 lalu. Peluang dari semua klub di grup ini masih sama.

Baca Juga: 6 Pemain yang Dibeli RC Lens pada Musim Panas 2023

3. Union Berlin menjadi debutan yang patut diperhitungkan

5 Tim Kuda Hitam Siap Beri Kejutan   di Liga Champions 2023/2024selebrasi para pemain Union Berlin (twitter.com/fcunion)

Keikutsertaan Union Berlin pada Liga Champions 2023/2024 merupakan pertama kalinya dalam sejarah klub. Prestasi tersebut diperoleh berkat konsistensi yang ditunjukkan selama musim 2022/2023. Die Eisernen berhasil finis di urutan keempat klasemen akhir Bundesliga Jerman.

Union Berlin tergabung di Grup C bersama Real Madrid, Napoli, dan SC Braga. Kendati berstatus sebagai klub debutan, Die Eisernen berpotensi menyulitkan tim lawan. Pasalnya, mereka tidak mengalami perubahan signifikan dari segi komposisi pemain.

Pada musim panas 2023, Union Berlin merekrut sejumlah nama berpengalaman. Mulai dari Robin Gosens, Kevin Volland, hingga Leonardo Bonucci berhasil didatangkan. Kehadiran para pemain tersebut berguna untuk membuat Die Eisernen bisa bersaing dengan lawan-lawan lainnya.

4. Real Sociedad berpeluang memberikan kesulitan

5 Tim Kuda Hitam Siap Beri Kejutan   di Liga Champions 2023/2024selebrasi para pemain Real Sociedad (twitter.com/RealSociedad)

Real Sociedad bakal mentas di Liga Champions pada 2023/2024. Musim ini adalah keikutsertaan La Real yang ketiga kalinya sepanjang sejarah. Berbekal skuad mumpuni, klub asal Spanyol ini siap memberi kejutan dan bersaing secara kompetitif.

Sejak ditangani oleh pelatih Imanol Alguacil pada 2018 lalu, Real Sociedad menunjukkan permainan yang konsisten. Setiap musimnya, La Real menembus kompetisi Liga Europa. Musim ini, mereka naik jenjang dan bakal berlaga di Liga Champions.

Real Sociedad sendiri tergabung di Grup D yang diisi oleh Inter Milan, Benfica, dan RB Salzburg. Meski bukan berstatus unggulan, La Real berpotensi akan menyulitkan lawan-lawannya. Potensi untuk bisa lolos ke fase gugur terbuka lebar bagi semua penghuni grup.

5. Lazio berada di grup yang seimbang

5 Tim Kuda Hitam Siap Beri Kejutan   di Liga Champions 2023/2024selebrasi para pemain Lazio (sslazio.it)

Musim 2022/2023 lalu, Lazio mampu finis di peringkat dua Serie A Italia. Kiprah mereka terbilang mengejutkan dengan berada di atas klub-klub, seperti Inter Milan dan AC Milan. Hal tersebut membawa I Biancocelesti mentas di Liga Champions 2023/2024.

Lazio tergabung di Grup E bersama Atletico Madrid, Celtic, dan Feyenoord. Keempat klub ini punya peluang yang sama untuk bisa lolos ke fase gugur. Grup ini berpotensi untuk menghadirkan persaingan sengit. Terlebih lagi, kualitas skuad yang dimiliki tidak berbeda jauh.

Klub-klub di atas punya potensi untuk memberi kesulitan di fase grup. Kendati bukan merupakan unggulan, performa konsisten yang ditunjukkan membuat peluang lolos terbuka lebar. Menarik untuk menantikan kiprah para kuda hitam ini di Liga Champions 2023/2024.

Baca Juga: Lazio Permalukan Napoli di Kandangnya

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya