Pesta Gol Jerman vs. Kosta Rika Tak Mampu Bawa Keduanya Lolos 16 Besar

Grup F dipastikan meloloskan Jepang dan Spanyol ke 16 besar

Surabaya, IDN Times - Bak film thriller, laga pamungkas Grup E Piala Dunia 2022 Qatar antara Kosta Rika melawan Jerman yang berlangsung di Stadion Al Bayt, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB berakhir antiklimaks. Jerman yang memenangkan pertandingan dengan skor 4-2 tetap tak mampu lolos ke babak 16 besar Piala Dunia.

Kembali diperkuat Leroy Sane sejak menit awal, tim asuhan Hansi Flick tampil menggempur habis-habisan. Sejak menit awal, Jerman berusaha tampil mendominasi untuk mencari celah terjadinya gol cepat.

Belum menyentuh 10 menit, David Raum yang menunggu tak terkawal di flank kiri mengirimkan crossing cantik yang disambut dengan lembut oleh Serge Gnabry. Sundulan pemain Bayern Munich itu pun tak mampu dijangkau oleh Keylor Navas. Skor 1-0 untuk Jerman.

Jerman deadlock, Kosta Rika malah punya kesempatan menyamakan kedudukan setelah Antonio Rudiger melakukan blunder saat berusaha menghalau bola di menit ke-40. Vanegas yang mendapatkan bola liar pun berhadapan satu lawan satu dengan Neuer. Pengalaman berbicara, secara heroik sang kapten Jerman berhasil memenangkan duel yang tak menguntungkan baginya itu.

Sadar lini pertahanannya meninggalkan banyak lubang, Hansi Flick melakukan perubahan di awal babak kedua. Ia memasukkan Lukas Klostermman yang punya karakter defensif untuk Leon Goretzka. Masuknya Klostermann pun mendorong Kimmich kembali bermain sebagai gelandang nomor 6.

Bukannya langsung menekan seperti di babak pertama, Jerman terlihat bermain terburu-buru sehingga kerap kehilangan bola. Kosta Rika pun segera memanfaatkan momen dengan cermat. Beberapa kali ledakan serangan mereka bikin Rudiger dan kolega lebih waspada.

Mendapati Jepang yang unggul atas Spanyol di pertandingan lain, Hansi Flick pun meningkatkan urgensi. Pada menit ke-53, Jerman memasukkan Niklas Fullkrug menggantikan Ilkay Gundogan.

Strategi penuh risiko ini berbuah petaka bagi Jerman. Yeltsin Tejeda malah mampu memanfaatkan bola muntah di depan gawang Jerman menjadi se buah gol. Skor pun imbang 1-1.

Situasi makin terjepit, Hansi Flick memutuskan all out attack dengan memasukkan Kai Havertz dan Mario Goetze menggantikan Thomas Muller dan David Raum. Lagi-lagi, keputusan Hansi Flick terbukti ceroboh. Bukannya menambah gol, malah Jerman yang lagi-lagi kecolongan lewat skema bola mati Kosta Rika.

Kali ini, giliran Juan Vargas yang merobek jala Manuel Neuer di menit ke-70. Skor 2-1 bagi keunggulan Kosta Rika.

Laga makin panas, gol kedua Kosta Rika segera dibalas oleh Kai Havertz tiga menit berselang, tepatnya di menit ke-73. Skor 2-2 bikin pertandingan kian sengit.

Tak menyerah, Havertz berhasil mengembalikan keunggulan Jerman menjadi 3-2 di menit ke-85. Memanfaatkan umpan silang Gnabry, sontekan Havertz yang bersarang di jala Navas bikin asa Jerman tetap ada.

Niklas Fullkrug memperlebar keunggulan Jerman menjadi 4-2 pada menit ke-90 berkat assist dari Leroy Sane. Meski wasit sempat mengecek VAR terkait potensi offside, sang wasit perempuan pertama di Piala Dunia pria ini akhirnya mengesahkan gol keempat Jerman.

Peluit panjang akhirnya dibunyikan. Hasil akhir 4-2 ini tak mengubah apa pun karena Grup F dipastikan mengirim Jepang dan Spanyol ke babak 16 besar, sementara Jerman dan Kosta Rika harus tersingkir dari Piala Dunia 2022 Qatar. Jepang sendiri lolos sebagai juara grup setelah secara mengejutkan mampu mengalahkan Spanyol di laga pamungkas. 

Baca Juga: Menekan, Jerman Hanya Unggul 1 Gol dari Kosta Rika di Babak Pertama

Baca Juga: Jepang Tumbangkan Spanyol 2-1 via Gol Cepat pada Babak II

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya