Peserta Piala Dunia U-17 Masuk Indonesia Pakai Visa Olahraga

Diberikan untuk 1.800 pemain beserta ofisial

Jakarta, IDN Times - Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia untuk pertama kalinya mengeluarkan visa olahraga. Visa tersebut dikeluarkan untuk 1.800 orang yang terlibat dalam Piala Dunia U-17 2023.

Mereka yang bisa mendapatkan visa itu adalah pelatih, pemain, hingga ofisial, dari 24 negara peserta Piala Dunia U-17. Dengan visa olahraga tersebut, 1.800 orang itu bisa memasuki Indonesia tanpa syarat tertentu dan diajukan lewat situs e-Visa Imigrasi, sejak 28 September 2023.

"Pemain dan tim ofisialnya cukup melampirkan rekomendasi dari organisasi olahraga. Persyaratannya lebih sederhana, sebagaimana yang diatur dalam PP 40 tahun 2023 dan
Permenkumham 22 tahun 2023. Jadi bisa langsung diberikan visa tanpa syarat keterangan pengalaman kerja, Surat Keterangan Kelakuan Baik dari kepolisian negara asal," kata Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, dalam keterangannya, Senin (30/10/2023).

1. Visa kunjungan satu kali untuk 60 hari tinggal

Peserta Piala Dunia U-17 Masuk Indonesia Pakai Visa OlahragaTrofi Piala Dunia U-17 akan diarak dan dipamerkan di Surabaya (dok. Istimewa)

Hingga saat ini, sudah ada 438 visa olahraga yang diterbitkan. Masa berlakunya selama 60 hari dan dapat diperpanjang. Skema visa tersebut telah disederhanakan dari versi sebelumnya dengan peruntukan yang sama.

Saat ini baik atlet maupun tim ofisial tidak perlu lagi melampirkan rekomendasi dari instansi terkait untuk mengikuti kegiatan olahraga atas undangan pemerintah Indonesia, kejuaraan olahraga tingkat internasional, atau kegiatan olahraga yang diselenggarakan oleh organisasi global.

Baca Juga: WNA Korsel Ditangkap Terkait Tewasnya Petugas Imigrasi di Tangerang

2. Penghapusan beberapa persyaratan, dianggap tak beri efek saing

Peserta Piala Dunia U-17 Masuk Indonesia Pakai Visa OlahragaDirektur Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI, Rabu (21/6/2023). (youtube.com/Komisi III DPR RI)

Penghapusan beberapa poin dalam persyaratan visa didasari pertimbangan atlet dan artis mancanegara hanya beraktivitas dalam waktu singkat di Indonesia. Terlebih lagi,
konteks pekerjaan yang dilakukan atlet dan artis asing dianggap tidak memberikan efek persaingan kepada tenaga kerja lokal.

"Tahun ini, Indonesia ada banyak event olahraga internasional. Kami manfaatkan momentum ini untuk memperbaiki layanan keimigrasian agar Indonesia semakin diperhitungkan dalam penyelenggaraan event internasional," kata Silmy.

3. Indonesia siap gelar Piala Dunia U-17

Peserta Piala Dunia U-17 Masuk Indonesia Pakai Visa OlahragaTimnas U-17 mulai berlatih di Jerman. (dok. PSSI)

Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia hanya tinggal menghitung hari. Pembukaan digelar pada10 November 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Dalam kesempatan itu, Timnas Indonesia U-17 akan berduel melawan Ekuador. Sebelum laga, sederet acara akan digelar. Pun, dua tamu kehormatan, Presiden Joko Widodo serta Presiden FIFA, Gianni Infantino, dipastikan hadir.

Baca Juga: GBT Siap, Presiden FIFA Pastikan Hadiri Pembukaan Piala Dunia U-17

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya