4 Gol Tercipta dalam 20 Menit, Ini 6 Fakta Liverpool Libas Tottenham!

Menjadi kemenangan pertama The Reds dalam 6 laga terakhir!

Liverpool berhasil meraih kemenangan atas Tottenham Hotspur. Bermain di Tottenham Hotspur Stadium, Sadio Mane dan kawan-kawan menang 3-1 (29/1). Empat gol tercipta dalam tempo 20 menit (45+3; 47', 49', dan 65'). Laga ini juga diwarnai dua kali keputusan wasit oleh faktor VAR. Hasil ini menjadi kebangkitan Liverpool setelah melalui 5 laga Premier League tanpa kemenangan dan hanya mencetak satu gol.

Dengan satu gol dan satu assist-nya, Trent Alexander-Arnold telah terlibat dalam lebih banyak gol (5 gol dan 16 assist) daripada bek Premier League lainnya sejak awal musim lalu. Berikut 5 fakta lain dalam pertandingan ini.

1. Milner menjadi pemain kelima yang mencapai 550 penampilan Premier League

4 Gol Tercipta dalam 20 Menit, Ini 6 Fakta Liverpool Libas Tottenham!Twitter.com/LFC

Bermain sepanjang pertandingan lawan Tottenham, James Milner menjadi pemain kelima yang mencapai 550 penampilan Premier League setelah Gareth Barry, Ryan Giggs, Frank Lampard, dan David James

Gelandang 35 tahun melakukan debut untuk Leeds kontra West Ham lebih dari 18 tahun (November 2020) dalam kemenangan tandang 4-3 Premier League.

2. Pierre-Emile Hojbjerg mencetak gol pertama  untuk Tottenham

4 Gol Tercipta dalam 20 Menit, Ini 6 Fakta Liverpool Libas Tottenham!Twitter.com/premierleague

Satu-satunya gol Spurs pada laga ini adalah dari kaki Pierre-Emile Hojbjerg. Pemain 25 tahun mencetak gol pertamanya untuk Tottenham dalam 30 penampilan di semua kompetisi. Hojbjerg telah mencetak gol pertama dalam 59 penampilan (sejak Southampton v Brighton pada Maret 2019) dengan percobaan sebanyak 62 tendangan.

Hanya Leeds (8 gol) yang mencetak gol dari luar kotak di Premier League musim ini daripada Spurs (7 gol). Gol Pierre-Emile Højbjerg hanyalah gol kelima yang dicetak Tottenham di Premier League musim ini yang tidak dicetak atau dibantu oleh Harry Kane maupun Son Heung-Min.

3. Roberto Firmino membuka keran gol Liverpool setelah 482 menit dan 93 tembakan The Reds tanpa mencetak gol di Premier League

4 Gol Tercipta dalam 20 Menit, Ini 6 Fakta Liverpool Libas Tottenham!Twitter.com/brfootball

Roberto Firmino telah mencetak gol Premier League pertama Liverpool dalam 8 jam & 7 menit (487 menit) sejak Sadio Mane v West Brom pada 27 Desember 2020. Itu gol pertama mereka dalam 93 percobaan sejak terakhir kali mencetak gol di liga.

Pemain kebangsaan Brazil menjadi pemain Liverpool pertama yang mencetak dalam tiga pertandingan tandang Premier League beruntun lawan Spurs. Firmino suka merobek gawang Spurs. Striker 29 tahun juga mencetak lima gol dari enam laga Premier League terakhir kontra Tottenham.

Baca Juga: Fakta Menarik Jelang Tottenham Hotspur Kontra Liverpool 

4. José Mourinho kalah dalam enam dari 23 pertandingan liga kandang

4 Gol Tercipta dalam 20 Menit, Ini 6 Fakta Liverpool Libas Tottenham!Twitter.com/goal

José Mourinho telah kalah dalam tiga pertemuan liga terakhirnya dengan Liverpool, kekalahan terpanjangnya melawan lawan dalam karier liga manajerial papan atas. The special one  kalah dalam enam dari 23 pertandingan liga kandangnya saat menangani Tottenham Hotspur, lebih banyak dari yang dia miliki di klub-klub sebelumnya.

5. Satu gol Sadio Mane mengantarnya menjadi pencetak gol ke-800 dan top skorer kelima Liverpool

4 Gol Tercipta dalam 20 Menit, Ini 6 Fakta Liverpool Libas Tottenham!Twitter.com/SkySportsStatto

Sadio Mane telah mencetak gol tandang Premier League ke-800 untuk Liverpool. The Reds menjadi adalah tim keempat (Manchester United - 935 laga; Arsenal, Chelsea - 800) yang mencapai pencapaian itu. Mane telah mencetak gol tandang Premier League pertamanya di Tottenham, dengan percobaan ke-19 dalam 6 kunjungan. 

Gol terbanyak Premier League yang dicetak untuk Liverpool dalam sejarah kompetisi:

128 - Robbie Fowler 
120 - Steven Gerrard 
118 - Michael Owen 
87 - Mohamed Salah 
70 - Sadio Mané 
69 - Luis Suárez 

6. Anak asuhan Jürgen Klopp meraih kemenangan Premier League pertama mereka di tahun 2021

4 Gol Tercipta dalam 20 Menit, Ini 6 Fakta Liverpool Libas Tottenham!Twitter.com/LFC

Pasukan Jürgen Klopp meraih kemenangan Premier League pertama mereka di tahun 2021. Butuh satu bulan sepuluh hari untuk The Reds kembali rasakan kemenangan. Selain itu, Klopp telah memenangkan pertandingan Premier League melawan José Mourinho (5) sebanyak yang digabungkan Sir Alex Ferguson (1), Arsène Wenger (1) dan Pep Guardiola (3).

Sementara dua kemenangan terakhir Liverpool di Premier League:

(19/12/20) 7-0 vs Crystal Palace 

(29/01/21) 3-1 vs Tottenham

10 gol dalam dua pertandingan terakhir mereka di London berbuah manis.

Selamat untuk Liverpool telah melepas dahaga kekalahan lewat kemenangan meyakinkan atas Spurs. Hasil ini membuat The Reds naik ke posisi empat klasemen sementara dengan koleksi 37 poin. Sementara Spurs tetap di posisi 6 dengan raihan 33 poin.

Baca Juga: 5 Pembelian Terbaik Tottenham Hotspur Sepanjang Transfer Musim Dingin

Lukito Wijaya Photo Verified Writer Lukito Wijaya

Sedikit-sedikit buat karya, lama-lama jadi mahakarya. Amin. Twitter: @lukitowijayaa19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya