2 Bintang Timnas U-22 Jadi Top Skor SEA Games 2023

Berbagi gelar dengan bomber Vietnam

Jakarta, IDN Times - Timnas U-22 Indonesia membawa pulang medali emas dari cabang olahraga sepak bola di ajang SEA Games 2023. Secara dramatis, skuad Garuda Muda menang atas Thailand dengan skor 5-2 usai bermain selama 120 menit di Olympic National Stadium, Selasa (16/5/2023).

Dua nama bintang sepak bola Indonesia keluar sebagai top skor di ajang multi-event ini. Mereka adalah Fajar Fathur Rahman dan Ramadhan Sananta.

1. Berbagi gelar top skor

2 Bintang Timnas U-22 Jadi Top Skor SEA Games 2023Penggawa Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023, Fajar Fathur Rahman. (Dok. PSSI).

Fajar dan Ramadhan sama-sama mencetak lima gol selama SEA Games 2023. Keduanya berbagi status dengan satu pemain Vietnam dengan catatan masing-masing lima gol.

Di laga final, Fajar mencetak satu gol di laga dan Ramadhan mengukir dua gol. Fajar dan Ramadhan berbagi gelar top skor dengan bintang Vietnam, Ngiyen Van Tung yang juga mencetak lima gol sepanjang gelaran ini.

Baca Juga: Sinar Fajar Fathur Rahman Bersama Timnas U-22 di SEA Games 2023

2. Nama lain yang cetak lebih dari satu gol

2 Bintang Timnas U-22 Jadi Top Skor SEA Games 2023Marselino Ferdinan (instagram.com/kmskdeinze)

Fajar dan Ramadhan bukan satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil mencetak lebih dari satu gol di SEA Games 2023. Ada empat wakil Indonesia lain yang punya catatan sejenis.

Marselino Ferdinan, Titan Agung, Beckham Putra, dan Irfan Jauhari masing-masing mencetak dua gol sepanjang SEA Games 2023.

Wakil Thailand juta punya sederet nama top skor seperti Teerasak Poeiphimai dan
Yotsakorn Burapha yang mencetak empat gol, Anan Yodsangwal yang mencetak tiga gol, serta Achitpol Keereerom yang mencetak dua gol.

3. Akhiri puasa gelar

2 Bintang Timnas U-22 Jadi Top Skor SEA Games 2023Timnas U-22 lawan Lebanon. (Dok. PSSI)

Kemenangan 5-2 kontra Thailand di SEA Games 2023 menjadi akhir dari penantian Indonesia selama 32 tahun. Maklum, dalam rentan waktu itu, skuad Garuda selalu gagal meraih emas di turnamen multievent terbesar Asia Tenggara tersebut.

Terakhir kali Timnas Indonesia membawa pulang medali emas cabang olahraga sepak bola SEA Games terjadi pada 4 Desember 1991. Lawan yang dihadapi mereka di laga final saat itu sama, yakni Thailand. Pasukan Garuda yang kala itu dilatih Anatoli Polosin membuat Gajah Perang gigit jari lewat adu penalti.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-22 Akhiri Puasa 32 Tahun Emas SEA Games

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya