3 Fakta Menarik Usai Belanda Permalukan Qatar, Gakpo Gemilang

Belanda perpanjang catatan manis di Piala Dunia

Jakarta, IDN Times - Belanda permalukan Qatar 2-0 dalam laga pamungkas Grup A Piala Dunia 2022. Kemenangan yang diraih dalam duel di Stadion Al Bayt, Selasa (29/11/2022), tak lepas dari gol Cody Gakpo (26') dan Frankie de Jong (49').

Kemenangan ini memastikan Belanda melaju ke 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai pemuncak grup A. Di sisi lain, Qatar justru menorehkan catatan buruk sebagai tuan rumah ajang sepak bola akbar dunia ini.

Selain catatan menarik itu, ada beberapa fakta yang lahir dalam duel Belanda melawan Qatar di Piala Dunia 2022. Berikut uraiannya IDN Times sajikan.

1. Gakpo berpeluang buat sejarah baru untuk Belanda

3 Fakta Menarik Usai Belanda Permalukan Qatar, Gakpo GemilangCody Gakpo mencetak gol dalam laga Belanda vs Qatar di penyisihan Grup A Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Belanda keluar sebagai juara Grup A Piala Dunia 2022. Belanda mengantongi tujuh poin. Skuad De Oranje mampu meraih dua kemenangan dan satu hasil seri sepanjang babak penyisihan grup A.

Hal itu tak lepas dari peran Cody Gakpo. Bagaimana tidak, dia selalu mencetak gol di setiap laga yang dijalani bersama Belanda di babak penyisihan. Total, pemain PSV ini sudah mencatatkan tiga gol sepanjang turnamen. 

Dia pun kini bertengger sebagai salah satu pemain paling produktif sepanjang turnamen ini bersama Kylian Mbappe dan Enner Valencia. Kans dia membuat sejarah baru di Piala Dunia bersama Belanda pun terbuka lebar, mengingat Valencia sudah tak mungkin menambah pundi-pundi golnya lagi.

Gakpo bisa jadi pemain Belanda pertama yang jadi top skor Piala Dunia 2022. Sebelumnya, tidak ada satupun pemain negara tersebut yang pernah memenangkan sepatu emas dalam ajang ini.

Catatan terbaik pernah diraih Wesley Sneijder yang mencetak empat gol di Piala Dunia 2022. Namun, dia gagal meraih gelar top skor walau menorehkan gol yang sama dengan Thomas Mueller, David Villa, dan Diego Forlan.

Sneijder harus puas meraih bronze boots dan Mueller dinilai lebih layak meraih sepatu emas, karena meraih tiga assist sepanjang turnamen. 

Kini, Cody Gakpo mengejar sejarah anyar dan siap melwati catatan Sneijder jadi peraih penghargaan teresebut. 

Baca Juga: Belanda Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

2. Catatan manis Belanda di Piala Dunia

3 Fakta Menarik Usai Belanda Permalukan Qatar, Gakpo GemilangTimnas Belanda dalam laga vs Qatar di penyisihan Grup A Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Belanda memperpanjang catatan manisnya di gelaran Piala Dunia 2022. Melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, tim besutan Louis van Gaal memastikan diri selalu lolos dari babak penyisihan grup Piala Dunia sejak pertama kali ikut gelaran olahraga akbar ini pada 1974 lalu.

Tercatat, sembilan kali sudah Belanda ikut ajang Piala Dunia dan selalu berhasil menembus babak penyisihan grup.

Squawka juga mencatat, Belanda belum terkalahkan di 17 laga penyisihan grup terakhir yang diikuti di Piala Dunia. Merka memenangkan 13 kemenangan dan empat hasil imbang.

3. Qatar jadi tuan rumah dengan catatan terburuk

3 Fakta Menarik Usai Belanda Permalukan Qatar, Gakpo GemilangTimnas Qatar dalam laga vs Belanda di penyisihan Grup A Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Sementara, Qatar menorehkan catatan buruk di Piala Dunia. Mereka dinilai sebagai kontestan dengan prestasi terjeblok saat jadi tuan rumah Piala Dunia. Bagaimana tidak, mereka jadi negara pertama yang tak memenangkan satu laga pun di babak penyisihan grup.

Qatar menelan tiga kekalahan dari tiga laga yang dilakoni di babak penyisihan grup A. Jadi juru kunci, mereka harus kalah dari Ekuador, Senegal, dan Belanda. 

Baca Juga: Qatar Jadi Tuan Terburuk dalam Sejarah Gelaran Piala Dunia!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya