Argentina Juara Piala Dunia, Scaloni Jawab Keraguan Maradona

Scaloni buktikan dia layak jadi pelatih timnas Argentina

Jakarta, IDN Times - Pelatih Argentina, Lionel Scaloni, menjawab keraguan yang sempat dilayangkan maestro sepak bola Argentina, yakni mendiang Diego Maradona, hingga bisa membawa anak asuhnya jadi juara Piala Dunia 2022.

Bermodalkan pemain muda yang dipadukan dengan beberapa bintang senior, tim Tango akhirnya bisa mengalahkan Prancis di final melalui drama adu penalti, Minggu (18/12/2022). 

Perjalanan Scaloni sebagai pelatih Argentina memang tidak mudah. Sebelumnya, Maradona sempat meragukan kemampuan Scaloni sebagai nahkoda tim yang sebelumnya sulit merai kejayaan meraih gelar juara dunia.

1. Sempat diragukan Maradona

Argentina Juara Piala Dunia, Scaloni Jawab Keraguan MaradonaDiego Maradona menjuarai Piala Dunia tahun 1986. (cbssports.com)

Menjadi pelatih sebesar Argentina di usia muda, Scaloni banyak menerima cibiran dan keragu-raguan, salah satunya dari legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona.

Dilansir The Guardian, Maradona sempat meragukan Scaloni karena usianya yang terbilang muda untuk ukuran pelatih dan juga dinilai kurang memiliki pengalaman. Komentar pedas sempat dilontarkan Maradona pada 2018 lalu.

"Bagaimana bisa memberikan tim nasional kepada Scaloni? Apakah kita semua gila? Itu terlalu besar," ujar Maradona kala itu.

Baca Juga: Argentina Borong Penghargaan di Piala Dunia 2022

2. Bukan pilihan utama Asosiasi Sepak Bola Argentina

Argentina Juara Piala Dunia, Scaloni Jawab Keraguan MaradonaLionel Scaloni (instagram.com/afaseleccion)

Cerita Scaloni dan Argentina bermula pada empat tahun lalu setelah Lionel Messi dan kolega langkahnya terhenti di 16 besar Piala Dunia 2018.

Kala itu, Scaloni diminta untuk melatih timnas U-20 di La Albiceleste. Laporan The Guardian menyebutkan, Scaloni bukan opsi pertama yang dihubungi Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA).

"Tidak ada yang mau mengambil tim nasional," ujar Nicolas Tagliafico.

Awalnya Scaloni ditunjuk sebagai manajer sementara untuk dua pertandingan yang kemudian disusul dua pertandingan lainnya. Hingga pada 2019, Scaloni diangkat jadi pelatih Argentina turun di Copa America 2019.

3. Piala Dunia jadi pembuktian Scaloni

Argentina Juara Piala Dunia, Scaloni Jawab Keraguan MaradonaLionel Scaloni (twitter.com/Coaches)

Kemenangan Argentina di Piala Dunia 2022 banyak dikaitkan dengan keberhasilan sang mega bintang, Lionel Messi menyempurnakan catatan sejarahnya.

Namun, bagi sang pelatih, ini merupakan salah satu ajang pembuktian diri. Sempat banyak diragukan, bahkan mungkin Scaloni kini berhasil membuat Maradona tersenyum di surga dengan kemenangan Argentina di Piala Dunia 2022.

Scaloni memulai catatan manisnya bersama Argentina dengan menempatkan Argentina di posisi ketiga Copa America 2019. Dua tahun setelahnya, gelar Copa America berhasil dibawa pulang Argentina dibawah arahan Scaloni.

Dia juga membawa Argentina memenangkan Piala UEFA-CONMEBOL Champions 2022. Scaloni menutup kisah 2022 bersama Argentina dengan kemenangan dramatis di Piala Dunia.

Baca Juga: Karier Kepelatihan Lionel Scaloni, Pelatih Argentina yang Berjasa

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya