Comscore Tracker

Eden Hazard, Talenta Emas yang Angkat Martabat Belgia

Generasi emas Belgia mulai rontok

Jakarta, IDN Times - Keputusan Eden Hazard untuk pensiun dari Timnas Belgia tentunya menjadi kabar paling mengejutkan. Sebab, Hazard masih terlalu muda buat pensiun dari tim nasional, yakni saat udianya masih 31 tahun.

Dengan usianya itu, Hazard setidaknya masih bisa main satu bahkan tiga tahun lagi. Tapi, pasca Belgia tersingkir, Hazard benar-benar tak bisa menahan diri dan pada akhirnya memutuskan pensiun.

"Terima kasih untuk kebahagiaan yang sudah kita jalani sejak 2008," ujar Hazard.

1. Pengabdian selama 14 tahun

Eden Hazard, Talenta Emas yang Angkat Martabat BelgiaEden Hazard ketika membela tim nasional Belgia. (beinsports.com)

Perjalanan Hazard bersama Belgia begitu panjang. Dia sudah membela The Red Devils selama 14 tahun. Hazard berseragam Timnas Belgia untuk pertama kalinya pada 2008 lalu.

Dia melakoni debut pada 19 November 2008, ketika melawan Luksemburg. Usianya kala itu masih 17 tahun.

Memang, sejak dini, Hazard sudah digadang-gadang jadi pemain paling bertalenta Belgia. Dan itu dibuktikannya ketika berkembang di klub, bersama LOSC Lille hingga Chelsea.

Hazard tumbuh bersama pemain-pemain papan atas Belgia lainnya seperti Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, hingga Thibaut Courtois. Tak heran, era mereka disebut sebagai Golden Generation buat Belgia. Namun, tak satu pun gelar mayor yang berhasil dipersembahkan mereka buat Belgia.

Baca Juga: Kejutan, Eden Hazard Pensiun dari Timnas Belgia

2. Sinyal dari akhir Golden Generation

Eden Hazard, Talenta Emas yang Angkat Martabat BelgiaEden Hazard. (goal.com)

Kini, Golden Generation Belgia mulai mencapai titik akhir. Seiring dengan menuanya sejumlah anggota, Belgia mulai melempem.

Pensiunnya Hazard tentu menjadi sinyal kalau ini merupakan akhir dari era Golden Generation. Bukan tak mungkin, De Bruyne dan lainnya akan menyusul. Apalagi, Belgia sudah gagal total di Piala Dunia 2022, Qatar.

3. Hazard, mau apa selanjutnya?

Eden Hazard, Talenta Emas yang Angkat Martabat BelgiaEden Hazard (skysports.com)

Meski memutuskan gantung sepatu dari Belgia, Hazard belum mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola. Setelah ini, Hazard fokus untuk mengembalikan performanya bersama Real Madrid.

Beberapa waktu lalu, Hazard sempat mengutarakan permohonan maafnya kepada penggemar Real Madrid. Ini lantaran performa Hazard yang dinilai tak sesuai ekspektasi para penggemar.

"Maafkan, saya masih punya satu tahun lagi untuk membuktikan diri. Tetapi itu tidak mudah. Saya tidak bermain, tapi mau tampil lebih banyak. Saya benar-benar minta maaf atas apa yang telah terjadi," ujar Hazard mengutip ESPN.

Baca Juga: Kejutan, Eden Hazard Pensiun dari Timnas Belgia

Baca Juga: Sialnya Eden Hazard, Baru Dipercaya Sudah Suram Lagi

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya