Kaesang Terbentur Aturan Jadi Ketua Pemilihan Ketum PSSI

Pembentukan KP didasari hasil Kongres berlandaskan statuta

Jakarta, IDN Times - CEO Persis Solo yang juga anak Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep, baru-baru ini digadang-gadang jadi Ketua Komite Pemilihan PSSI. Kaesang diajukan oleh manajemen Persebaya Surabaya lewat surat terbuka yang diunggah di media sosial.

"Besok, akan diputuskan bersama-sama oleh peserta," kata Yunus Nusi saat ditemui IDN Times di Hotel Sultan, Jakarta pada Sabtu (14/1/2023).

1. Kaesang terbentur aturan

Kaesang Terbentur Aturan Jadi Ketua Pemilihan Ketum PSSISekjen PSSI, Yunus Nusi (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sebenarnya, Kaesang terbentur aturan dalam proses pencalonan menjadi Ketua Pemilihan. Dalam Statuta PSSI Pasal 64 terkait Komite Pemilihan, dijelaskan anggota Komite Pemilihan "tidak boleh beraktivitas atau ada hubungannya dengan tugas dan fungsi eksekutif di PSSI, menjadi anggota PSSI, Liga, atau klub (termasuk salah satu perusahaan atau organisasi yang terafiliasi)".

Aturan ini juga dituangkan dalam Kode Pemilihan PSSI. Hal itu pun sudah disampaikan kepada seluruh peserta Kongres.

Dengan status sebagai CEO Persis, maka Kaesang dengan tegasnya sudah memiliki peran dalam kegiatan anggota PSSI dan entitas bisnis yang terafiliasi dengan kegiatan sepak bola nasional.

"Harus independen, mengetahui tentang sepak bola, dan tentu tidak berafiliasi dan atau tidak menjadi pengurus di badan-badan sepak bola yang menjadi anggota PSSI," kata Yunus Nusi.

Baca Juga: Kaesang Pangarep Diusung Jadi Ketua Pemilihan KLB PSSI

2. Kaesang dicalonkan oleh Persebaya

Kaesang Terbentur Aturan Jadi Ketua Pemilihan Ketum PSSIInstagram.com/@kaesangp

Persebaya selaku pemilik suara PSSI menyatakan dukungannya kepada Kaesang. Dukungan itu dituangkan Persebaya secara langsung lewat surat bernomor 152/PT.PI-1/2023.

Dalam suratnya, Persebaya menganggap Kaesang layak memimpin Komite Pemilihan PSSI. Kaesang dirasa memiliki integritas tinggi dalam menjaga kepercayaan publik.

"Persebaya percaya dengan Kaesang sebagai Ketua Komite Pemilihan dapat mengawal seluruh tahap pemilihan. Mulai dari proses verifikasi berkas hingga nantinya terpilih Pengurus PSSI yang berkualitas dan berintegritas untuk kemajuan sepak bola Indonesia," begitu pernyataan resmi Persebaya, Sabtu (14/1/2023).

3. Registrasi peserta kongres sudah berjalan

Kaesang Terbentur Aturan Jadi Ketua Pemilihan Ketum PSSIRegistrasi Kongres PSSI di Hotel Sultan,J Jakarta (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Registrasi peserta Kongres PSSI sudah dimulai di Hotel Sultan, Jakarta pada Sabtu (14/1/2023) sejak pukul 14.00 WIB. Disebutkan Sekjen ada kurang lebih 200 undangan yang akan hadir termasuk di dalamnya 87 voters atau pemilih.

Tampak sejumlah undangan sudah tiba dan melakukan registrasi. Rangkaian Kongres sebenarnya sudah dimulai malam ini dengan jamuan makan malam dari PSSI kepada para peserta. Baru pada keesokan harinya, Kongres dimulai sejak pukul 13.00 WIB.

Baca Juga: Ini yang akan Dipertanyakan PSMS di Kongres Biasa PSSI Januari 2023

Baca Juga: PSSI Resmi Hentikan Liga 2 dan Liga 3!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya