Comscore Tracker

Kalahkan Ekuador, Senegal Susul Belanda ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Senegal temani Belanda jadi tim yang lolos dari Grup A

Jakarta, IDN Times - Senegal dipastikan jadi wakil Grup A yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 menemani Belanda. Skuad Lions of Teranga mendapatkan tiket itu usai mengalahkan Ekuador dalam laga hidup-mati yang digelar di Stadion Internasional Khalifa  pada Selasa (29/11/2022) malam WIB.

Dua gol kemenangan Senegal dicetak Ismaila Sarr (42') melalui titik putih dan Kalidou Koulibaly (70'). Sementara, satu gol Ekuador dihasilkan dari sepakan Moises Caicedo (67').

Pertandingan berlangsung panas sejak awal babak pertama dimulai. Masing-masing kesebelasan mendapat peluang emas mencetak angka sejak awal laga. Namun, tak ada satupun yang bisa dikonversi menjadi gol. 

Memasuki menit ke-24, Senegal hampir unggul lebih dulu. Ismaila Sarr yang mencoba peruntungan, mampu melepas tendangan keras ke gawang Ekuador. Namun, bola sepakannya melebar ke sisi gawang dan keluar dari lapangan pertandingan.

Ekuador mendapatkan mimpi buruk saat laga memasuki menit 42. Piero Hincapie dianggap melakukan pelanggaran terhadap Ismaila Sarr di dalam kotak berbahaya. Sehingga, wasit meniup peluit tanda pelanggaran.

Senegal yang mendapatkan hadiah penalti, menunjuk Sarr sendiri yang jadi eksekutor. Tanpa menyia-nyiakan kesempatan itu, pemain Watford tersebut mampu mengeksekusinya menjadi gol.

Ekuador berusaha keluar menyerang untuk bisa menyamakan kedudukan di sisa waktu 45 menit pertama. Namun, sampai turun minum, keadaan tak berubah. Skor 1-0, Senegal memimpin di babak pertama.

Memasuki babak kedua, kebuntuan melanda Senegal dan Ekuador. Beberapa peluang yang tercipta untuk mengubah kedudukan, tapi terbuang percuma. Mereka acap kali melakukan kesalahan saat penyelesaian akhir.

Menit ke-67 jadi akhir kebuntuan untuk Ekuador. Memanfaatkan sepak pojok, Moises Caicedo memberi sentuhan manis pada si kulit bundar dari depan gawang. Mencetak gol, Caoicedo menyamakan kedudukan 1-1.

Euforia kemenangan Ekuador tak berlangsung lama. Senegal cepat mengambil inisiatif menyerang dan merapat ke dekat gawang Ekuador.

Pada menit ke-70, gol kedua untuk Senegal diciptakan sang kapten Kalidou Koulibaly. Memanfaatkan sapuan yang salah dari pemain belakang Ekuador, anak asuhan Aliou Cisse kembali memimpin 2-1.

Ekuador sebenarnya tampil lebih menyerang usai tertinggal lagi. Namun, beberapa kali serangan mereka dipatahkan oleh Senegal yang kemudian berbalik menyerang. Hal itu berlangsung hingga menit 80.

Satu peluang diraih Senegal untuk kembali menambah angka. Boulaye Dia melepas tendangan keras dari sisi kanan namun tendangannya tak menyentuh gawang dan keluar dari lapangan.

Hingga penghujung babak kedua, Ekuador masih berusaha untuk menyamakan kembali kedudukan. Serangan Ekuador nyatanya tak cukup kuat untuk mendobrak pertahanan Senegal. Hingga peluit panjang dibunyikan, Senegal tetap bisa mempertahankan kemenangan atas Ekoador 2-1.

Kemenangan ini membuat Senegal memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Mereka lolos sebagai runner up dengan raihan enam poin, menemani Belanda yang lolos sebagai Juara Grup A.

Baca Juga: Penalti Ismaila Sarr Bawa Senegal Unggul Atas Ekuador di Babak I

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya