Mario Mandzukic Resmi Pensiun Usai Cabut dari AC Milan

AC Milan jadi klub terakhir Mario Mandzukic

Jakarta, IDN Times - Pesepakbola Kroasia, Mario Mandzukic, mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola Jumat (3/9/2021). Mandzukic pensiun selepas kontraknya bersama AC Milan berakhir.

Keputusa ini diumumkan Mandzukic lewat akun instagramnya, @mariomandzukic. Dalam pesan tersebut, Mandzukic bernostalgia akan memori masa kecilnya.

Baca Juga: 6 Pemain Kroasia yang Pernah Membela AC Milan, Mandzukic Terbaru

1. Teringat akan impian masa kecil

Salam perpisahan Mandzukic begitu unik. Dia melakukan kilas balik, mengingat akan masa kecilnya yang begitu indah.

Ketika itu, Mandzukic memang sudah memimpikan untuk bisa menjadi seorang pesepak bola. Lebih menarik lagi, karena Mandzukic mengunggah sepasang sepatu hitam miliknya di masa kecil.

"Kamu akan menyadari waktu untuk pensiun, kembali meletakkan sepatu ini ke rak dan tak menyesalinya. Sepak bola akan selalu menjadi bagian dari hidupmu, tapi kamu akan menyongsong bab baru," tulis Mandzukic di akun instagramnya, @mariomandzukic.

2. Pengungsi yang sukses

Mario Mandzukic Resmi Pensiun Usai Cabut dari AC MilanMario Mandzukic (Instagram.com/mariomandzukic)

Mandzukic merupakan striker petarung yang tangguh. Itu didasari atas masa kecilnya yang memang sangat keras.

Lahir pada 21 Mei 1986, Mandzukic merupakan orang yang sempat mengungsi karena perang di Kroasia pada 1992 silam. Dia baru kembali ke Kroasia pada 1996, dan memulai kariernya TSF Ditzingen, lalu pindah ke Marsonia hingga Željezničar Slavonski Brod.

Selanjutnya, di level senior, Mandzukic memulai kiprahnya bersama Marsonia dan NK Zagreb. Dia baru terangkat namanya ketika membela Dinamo Zagreb. Di sinilah momentum Mandzukic bersinar.

VfL Wolfsburg kepincut dengan kemampuan Mandzukic. Lalu, Bayern Munich mengontraknya. Kariernya terus berpindah ke sejumlah tim papan atas seperti Atletico Madrid, Juventus, hingga AC Milan.

3. Pensiun dari Timnas lebih dulu

Mario Mandzukic Resmi Pensiun Usai Cabut dari AC MilanMario Mandzukic (Instagram.com/mariomandzukic)

Sebelum memutuskan gantung sepatu, Mandzukic sudah mengakhiri sepak terjangnya bersama Kroasia pada Agustus 2018 lalu. Dia mundur dari Timnas Kroasia usai Piala Dunia 2018.

Kala itu, Mandzukic berhasil membawa Kroasia melaju ke final Piala Dunia 2018. Sayangnya, di final, Kroasia kalah dari Prancis. Tapi, itu sudah menjadi sejarah, lantaran merupakan final pertama Kroasia di Piala Dunia.

Baca Juga: Aroma Kental Inter Milan dalam Kemenangan Argentina

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya