Comscore Tracker

Menang Lawan Ghana, Uruguay Tetap Tak Lolos 16 Besar

Gara-gara Korea Selatan menang vs Portugal

Jakarta, IDN Times - Uruguay memenangi laga kontra Ghana dengan skor 2-0 pada babak penyisihan Grup H Piala Dunia 2022 Qatar di Stadium Al Janoub, Jumat (2/12/2022) malam WIB. Gol Uruguay dicetak Giorgian de Arrascaeta (26' dan 32').

Meski begitu, hasil ini tak cukup membawa Uruguay lolos ke babak 16 besar. Kalah produktivitas gol dengan Korea Selatan, mereka kandas di peringkat ketiga Grup H Piala Dunia 2022.

Di sisi lain, Ghana yang tertinggal 0-2 pada babak pertama mengambil inisiatif serangan sejak awal babak kedua. Bermain agresif, mereka mendapat dua peluang baik untuk mencetak angka pada 20 menit pertama laga.

Pada menit ke-65, Uruguay mencoba kembali keluar dari tekanan. Tendangan Facundo Pellistri bisa saja jadi angka ketiga Uruguay, tetapi si kulit bundar malah melaju ke pinggir gawang.

Batal cetak gol, Pellistri ditarik mundur dan digantikan Nicolas de La Cruz. Pada menit ke-70, sekali lagi Uruguay mencoba menambah angka. Tendangan Federico Valverde ditepis Lawrence Ati Zigi dan gagal merobek gawang.

La Celeste terus merapatkan pertahanan sejalan dengan Ghana yang konsisten mengencangkan serangan. Dua peluang emas mencetak angka dimiliki Ghana, tetapi tak membuahkan angka.

Tendangan menyilang Antoine Semenyo sempat mengancam gawang Uruguay yang dijaga Sergio Rochet. Namun, bola melebar keluar lapangan. Peluang lainnya dimiliki Mohammed Kudus yang melepas tendangan pada menit ke-81, juga melebar jauh dari gawang.

Pertandingan memanas. Uruguay kembali mendapat peluang mencetak angka lewat Edinson Cavani pada menit ke-88. Sundulan Cavani yang keras mengarah gawang itu ditepis Ati Zigi.

Penambahan waktu diberlakukan selama 8 menit pada babak kedua. Sekali lagi Uruguay mencoba menambah angka lewat tendangan Maximiliano Gomez. Sayang, sepakkan Gomez juga tertepis Ati Zigi.

Tensi pertandingan makin tinggi mendekati akhir laga. Tendangan mengancam diarahkan kedua timnas ke gawang masing-masing lawan.

Peluit tanda berakhir dibunyikan. Tak ada penambahan angka yang tercipta. Uruguay memenangi pertandingan dengan skor 2-0 atas Ghana.

Meski berhasil memenangi pertandingan, Uruguay tetap dipastikan tidak lolos ke babak 16 besar. Ini menyusul kemenangan Korea Selatan 2-1 atas Portugal pada laga yang berlangsung bersamaan. Grup H diwakili Portugal sebagai pemuncak dan Korea Selatan sebagai runner-up ke babak 16 besar.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya