Portugal Hajar Uruguay, Bruno Fernandes Jadi Pahlawan!

Portugal jadi tim ketiga yang lolos ke babak 16 besar

Jakarta, IDN Times - Portugal jadi tim ketiga yang dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Bersua Uruguay dalam laga kedua Grup H di Stadion Losail, Selasa (28/11/2022) dini hari, skuad Selecao das Quinas menang dengan skor 2-0.

Dua gol kemenangan Portugal dicetak Bruno Fernandes pada menit 54 dan 90 (penalti). Dia juga sekaligus bisa membawa negaranya kokoh di puncak klasemen sementara Grup H dengan raihan enam poin.

Portugal tampil lebih dominan di awal babak pertama. Namun, peluang melalui Cristiano Ronaldo hingga Joao Felix tak bisa dikonversi menjadi gol. Sehingga, skor 0-0 masih bertahan hingga laga berjalan 30 menit.

Seletah itu, Portugal bermain lebih agresif, tetapi Rodrigo Bentancur justru dua kali hampir membuat Uruguay unggul duluan. Dua tendangan keras dilepas Rodrigo Bentancur ke gawang Diogo Costa membuat kubu lawan tersentak.

Penambahan waktu diberikan selama tiga menit jelang turun minum. Namun, tak satu kesebelasan bisa mencetak gol. Alhasil, babak pertama laga Portugal vs Uruguay berakhir dengan skor kacamata 0-0.

Usai turun minum, laga masih berlangsung alot. Sama seperti babak pertama, Uruguay kembali merapatkan barisan dan menunjukkan pertahanan yang terlalu solid untuk dihancurkan Ronaldo dan kolega.

Kejadian tak terduga terjadi di tengah kebuntuan para pemain. Pada menit ke-50, seorang penonton berlari memasuki lapangan dengan membawa bendera pelangi dan mengenakan kaos bertuliskan "Save Ukraine".

Aksi tersebut sempat membuat kaget para pemain dan wasit yang bertugas. Setelah orang tersebut keluar dari lapangan, pertandingan kembali dilanjutkan.

Bruno Fernandes mengakhiri kebuntuan bagi timnya. Tendangan keras dilepas Fernandes melesak masuk ke gawang Uruguay. Cristiano Ronaldo yang berada di depan gawang sempat terlihat berusaha menyundul bola.

Tak tersentuh Ronaldo, si kulit bundar merobek gawang Sergio Rochet pada menit ke-54. Skor pertama tercipta, Portugal memimpin pertandingan dengan skor 1-0. Gol itu tercatat jadi milik Bruno Fernandes.

Tak mau berlama-lama tertinggal, Uruguay mencoba balik menyerang. Di menit ke-60, Darwin Nunez melepas tendangan keras ke gawang Portugal namun masih bisa ditangkap Diogo Costa.

Selama 20 menit berselang, tiga peluang menyamakan kedudukan terbuang tanpa menghasilkan angka dari Uruguay. Maximiliano Gomez, Luis Suarez, hingga Giorgian de Arrascaeta memberi ancaman ke gawang Portugal. Namun, tak satu pun dari usaha anak asuh Diego Alonso itu membuahkan angka.

Sepuluh menit jelang pertandingan berakhir, Cristiano Ronaldo ditarik keluar dari lapangan dan digantikan Goncalo Ramos.

Portugal kembali menyerang. Mencoba menambah perolehan angka, serangan skuad besutan Fernando Santos itu tak cukup kuat untuk mendobrak pertahanan rapat dari La Celeste.

Berdasarkan hasil VAR, wasit menyatakan portugal berhak atas kesempatan penalti setelah pemain Uruguay dinyatakan melakukan pelanggaran handball.

Eksekusi penalti dilakukan Bruno Fernandes. Tanpa menyia-nyiakan peluang, pemain Manchester United ini dengan dingin mengeksekusi bola masuk ke gawang Uruguay. Skor 2-0 untuk Portugal.

Tambahan waktu selama sembilan menit di babak kedua diberikan wasit sebelum laga berakhir. Bruno Fernandes nyaris menceta hattrick di menit 90+7. Sayang, sepakannya membentur mistar gawang. 

Tak ada gol tambahan yang tercipta hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan. Portugal berhasil keluar sebagai pemenang dalam duel panas melawan Uruguay kali ini.

Kemenangan ini sekaligus membawa Portugal mengantongi tiket dari Grup H lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Mereka menyusul Prancis dan Brasil yang sudah memastikan melaju lebih dulu.

Baca Juga: Buang Banyak Peluang, Portugal Ditahan Imbang Uruguay di Babak I

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya