Profil Enner Valencia: Brace Bersejarah di Piala Dunia 2022

Pernah rasakan kerasnya Premier League

Jakarta, IDN Times - Pesepak bola asal Ekuador, Enner Valencia, mencetak sejarah di Piala Dunia 2022. Dia mencatatkan diri menjadi pencetak gol pertama dalam gelaran pesta sepak bola akbar empat tahunan itu.

Tak cuma satu, Valencia mencetak dua gol dan membawa Ekuador menang 2-0 melawan tuan rumah, Qatar.

Menarik untuk dikenal lebih jauh, IDN Times merangkum sederet fakta mengenai siapa itu Enner Valencia.

1. Enner Valencia dijuluki Superman

Profil Enner Valencia: Brace Bersejarah di Piala Dunia 2022Enner Valencia di Piala Dunia 2022 (Instagram.com/ennervalencia1)

Enner Valencia dijuluki “Superman” oleh para penggemarnya. Golnya dalam laga kontra Qatar membawa pesepak bola berusia 33 tahun ini mengoleksi 37 gol untuk selama membela Ekuador.

Total, Valencia sudah mencetak lima gol di Piala Dunia. Dia menjadi pesepak bola Ekuador dengan catatan gol terbanyak di Piala Dunia. Tak salah jika dia disebut legenda hidup sepak bola negara itu.

Dalam skuad Timnas Ekuador, nama Valencia jadi satu-satunya pemain yang tampil di Piala Dunia mewakili negara mereka yang mampu mencetak gol tercepat, yakni di menit ketiga meski kemudian dianulir VAR.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Ekuador Sikat Qatar, Valencia Cetak Rekor

2. Enner Valencia sempat merasakan kerasnya Liga Inggris

Profil Enner Valencia: Brace Bersejarah di Piala Dunia 2022Enner Valencia di Piala Dunia 2022 (Instagram.com/latriecu)

Enner Valencia terbilang jadi salah satu pemain berpengalaman di skuad Ekuador. Maklum, kerasnya Liga Inggris sudah pernah dirasakan dia ketika menghuni West Ham selama dua musim.

Karirnya tak berlangsung baik di West Ham, Valencia sempat dipinjamkan ke Everton selama satu musim sebelum akhirnya memutuskan bermain di klub Meksiko. Saat ini, Valencia memperkuat Fanerbahce sejak 2020 lalu.

Alhasil, pengalama itu membuat Valencia bermain lebih matang bersama skuad La Tri di Piala Dunia 2022.

3. Punya cerita kelam dalam kehidupan pribadi

Profil Enner Valencia: Brace Bersejarah di Piala Dunia 2022Enner Valencia di Piala Dunia 2022 (Instagram.com/latriecu)

Meski catatan pribadi karirnya terbilang manis, Enner Valencia punya cerita sedih dalam kehidupan pribadinya.

Pesepak bola kelahiran San Lorenzo, Ekuador itu lahir dari keluarga kurang berada. Dia sudah sejak kecil membantu orangtuanya mencari uang agar bisa menghidupi adik-adiknya.

Kecintaannya pada sepak bola sudah tumbuh sejak kecil. Valencia bahkan bisa menghasilkan uang dari profesinya sebagai pesepak bola hingga menjadi terkenal di Ekuador.

Valencia pernah berurusan dengan polisi pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 usai Ekuador menang 3-0 atas Chille.

Tak hanya itu, Valencia pernah memiliki masalah dengan mantan istrinya terkait dengan uang perawatan anak. Dia berhasil menyelesaikan masalah tersebut, tetapi performanya turun drastis.

Masalah berat lain yang pernah dialami Valencia adalah ketika saudarinya, Erci mengalami penculikan selama 10 hari. Insiden ini terjadi tepat ketika Valencia diumumkan sebagai pemain Fanerbahce.

4. Jadi ujung tombak timnas Ekuador di Piala Dunia 2022

Profil Enner Valencia: Brace Bersejarah di Piala Dunia 2022Timnas Ekuador jelang laga kontra Qatar di Piala Dunia 2022 (Instagram.com/latriecu)

Dari performanya pada laga Ekuador kontra Qatar, Enner Valencia jelas terlihat jadi salah satu ujung tombak timnas Ekuador sepanjang Piala Dunia 2022.

Brace Valencia pun menjadikannya pemain keempat yang bisa mencetak dua gol dalam laga pembuka di gelaran Piala Dunia. Catatan manis serupa sebelumnya pernah ditorehkan bintang Jerman Miroslav Klose (2006), bintang Brasil Neymar (2014) dan penyerang Rusia Denis Cheryshev (2018).

Setelah menaklukkan tuan rumah, Ekuador selanjutnya akan berduel dengan Belanda pada Jumat (25/11/2022) mendatang. Setelahnya, Ekuador akan jalani laga penyisihan grup terakhir melawan Senegal pada Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Ekuador Sikat Qatar, Valencia Cetak Rekor

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya