Profil Mohammed Kudus, Pahlawan Ghana di Piala Dunia 2022

Jadi pahlawan untuk Ghana di laga vs Korea Selatan

Jakarta, IDN Times - Nama pesepak bola Ghana, Mohammed Kudus, menjadi sorotan usai membawa timnya mengalahkan Korea Selatan di Piala Dunia 2022. Kudus memastikan kemenangan Ghana 3-2 dalam laga yang berlangsung di Education Stadium, Senin (28/11/2022) malam WIB.

Pemain Ajax Amsterdam ini tampil memukau sepanjang laga. Bahkan, aksi individunya mampu membuat pemain belakang Korea Selatan kocar-kacir. Wajar jika dia dinilai punya peran besar dalam kemenangan skuad Black Stars melawan Korsel dalam gelaran Piala Dunia 2022.

Menariknya, Kudus yang mampu mencetak brace dalam laga ini, mencatatkan sederet rekor untuk dirinya sendiri dan Ghana. 

1. Pesepak bola Afrika termuda kedua yang cetak dua gol di Piala Dunia

Profil Mohammed Kudus, Pahlawan Ghana di Piala Dunia 2022Mohammed Kudus cetak gol untuk timnas Ghana kontra Korea Selatan di Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Dilansir Opta Joe, Mohammed Kudus tercatat sebagai pesepak bola Afrika termuda kedua yang mencetak dua gol di gelaran Piala Dunia. Dia mencetak brace itu saat berada di usia 22 tahun 118 hari.

Pemain muda Afrika pertama yang menorehkan catatan serupa adalah Ahmed Musa. Pada gelaran Piala Dunia 2014, Musa mencetak dua gol untuk Nigeria. Ahmed Musa kala itu berusia 21 tahun 254 hari.

2. Pesepak bola Ghana pertama yang cetak dua gol di satu laga Piala Dunia

Profil Mohammed Kudus, Pahlawan Ghana di Piala Dunia 2022Mohammed Kudus mencetak dua gol dalam laga Ghana vs Korea Selatan di Piala Dunia 2022 (twitter.com/GhanaBlackstars)

Mohammed Kudus tidak hanya mencetak satu sejarah pada laga kontra Korea Selatan. Kudus juga membuat prestasi lain, yakni jadi pesepak bola Ghana pertama yang mencetak dua gol dalam satu laga Piala Dunia.

Kudus berbagi catatan sejarah yang satu ini dengan pemain Korea Selatan, Cho Gue Sung. Dua gol Korea Selatan melawan Ghana dicetak lewat sundulan Gue Sung yang juga jadi pesepak bola Korea Selatan pertama yang cetak dua angka dalam satu laga Piala Dunia.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Korea Selatan Dipermalukan Ghana

3. Biodata singkat Mohammed Kudus

Profil Mohammed Kudus, Pahlawan Ghana di Piala Dunia 2022Mohammed Kudus mencetak dua gol dalam laga Ghana vs Korea Selatan di Piala Dunia 2022 (twitter.com/GhanaBlackstars)

Mohammed Kudus lahir pada 2 Agustus 2000 di Accra, Ghana. Dia sudah bermain bola sejak belia. Menimba ilmu di Right to Dream ketika usianya masih 12 tahun, kemampuannya meningkat pesat hingga tercium pemandu bakat Erop

Kudus kemudian bergabung dengan klub Denmark, FC Nordsjaelland. Dia memulai debut di klub tersebut dengan klub tersebut saat bereusia 18 tahun. 

Kemampuannya semakin terasah hingga dia akhirnya direkrut Ajax Amsterdam pada 2020 silam. Mendapat kontrak lima musim, Kudus pun menjelam jadi andalan tim raksasa Eredivisie itu.

4. Sempat viral karena Neymar

Profil Mohammed Kudus, Pahlawan Ghana di Piala Dunia 2022Mohammed Kudus cetak gol untuk timnas Ghana kontra Korea Selatan di Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Nama Kudus sempat viral karena dikaitkan dengan bintang sepak bola Brasil, Neymar. Dalam pemberitaan yang viral, sempat disebutkan Kudus menganggap Neymar tidak lebih baik darinya.

Menurut Kudus Neymar hanya memiliki profil yang lebih ternama darinya. Namun, Kudus kemudian dengan tegas mengatakan pemberitaan itu sebagai berita palsu.

"Keluarga dan budaya saya membesarkan saya untuk menghormati orangtua. @neymarjr seperti @Thiago6 dan banyak legenda lainnya menginspirasi saya untuk bermimpi. Seperti Neymar, saya juga ingin menginspirasi generasi selanjutnya," kata Mohammed Kudus mengutip Goal.

Baca Juga: Alot! Korea Selatan Menyerah di Tangan Ghana 2-3

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya