Comscore Tracker

PSSI: Sepakbola Bukan Cuma Soal Cuan Saja

Prestasi membutuhkan investasi besar dalam sepakbola

Jakarta, IDN Times - Bicara soal olahraga, terutama sepakbola, kerap kali dianggap hanya bicara soal keuntungan saja. Namun hal itu dibantah oleh Wakil Sekretaris Jenderal Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Maaike Ira Puspita.

Menurut Ira, sapaan akrab Maaike, bicara soal olahraga, juga bicara soal prestasi. Justru menurut Ira, prestasi membutuhkan investasi besar dalam sepakbola.

“Kalau bicara keuntungan, kita harus jual apa? Produknya. Produk yang dijual oleh PSSI itu adalah Timnas. Bagaimana Timnas itu bisa menyelesaikan laga yang menang, meningkatkan daya nasionalisme di masyarakat,” ujar Ira saat menjadi pembicara di panggung Visionary Leader dalam acara Indonesia Millennials and Gen-Z Summit 2022 by IDN Times di The Tribrata, Jakarta pada Jumat (30/9/2022).

Salah satu contoh investasi untuk prestasi yang sudah dilakukan PSSI, menurut Ira, tergambar dari keberhasilan Timnas Indonesia melawan Curacao di laga FIFA Match Day beberapa waktu lalu. Skuad Garuda tampil memukau dan mengantongi dua kemenangan dari dua laga yang dipertandingkan.

Prestasi sejenis itu yang menurut Ira akan terus dikejar dan diupayakan oleh PSSI. Jadi, tak selamanya bicara sepakbola hanya bicara cuan saja.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: PSSI Siapkan Lawan Peringkat 60 FIFA untuk Timnas Indonesia

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya