Renovasi JIS Jadi Sorotan, Menpora Dito: Isunya Seksi!

Dito tegaskan ada 22 stadion yang direnovasi

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo angkat bicara soal pro kontra rencana renovasi Jakarta International Stadium (JIS). Menurut Dito, isu ini menjadi ramai karena JIS punya daya tariknya sendiri.

"Jadi kawan-kawan saya ingin menyampaikan terkait stadion khususnya ini menjadi polemik karena ramai karena seksi,"kata Menpora Dito ditemui di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga pada Rabu (5/7/2023).

1. Tidak hanya renovasi satu stadion

Renovasi JIS Jadi Sorotan, Menpora Dito: Isunya Seksi!Update pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jumat (14/1/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Menpora mengingatkan, JIS bukan satu-satunya stadion yang akan direnovasi. Guna mendukung transformasi sepak bola nasional, pemerintah diketahui akan merenovasi 22 stadion yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Ini tidak hanya satu stadion (yang direnovasi), tapi yang kita asesmen dan lakukan adalah 22 stadion di Indonesia," ujar Menpora Dito.

Baca Juga: Polemik Rumput JIS yang Tak Sesuai Standar FIFA

2. JIS bakal dijadikan venue Piala Dunia U-17

Renovasi JIS Jadi Sorotan, Menpora Dito: Isunya Seksi!Penjabat (PJ) Heru Budi Hartono bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri BUMN Erick Thohir usai mengecek kondisi Jakarta International Stadium (JIS), Selasa (4/7/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sudah menginspeksi JIS didampingi Plt Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono pada Selasa, 4 Juli 2023 lalu.

Erick berharap, JIS bisa menjadi salah satu venue yang digunakan untuk perhelatan Piala Dunia U-17 yang akan dijamu Indonesia.

"Mudah-mudahan, ada solusi supaya JIS jadi salah satu stadion yang diusulkan ke FIFA untuk Piala Dunia U-17 2023. Salah satu ya. Itu yang akan kami lakukan," ujar Erick kala itu.

3. Rumput JIS tak sesuai standar FIFA

Renovasi JIS Jadi Sorotan, Menpora Dito: Isunya Seksi!Suasana lapangan latih usai diresmikan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (28/12/2020). JIS direncanakan mempunyai lapangan utama yang dapat menampung penonton hingga 82 ribu dengan fasilitas berstandar internasional. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Dari inspeksi yang sempat dilakukan Erick Thohir, ditarik kesimpulan kalau rumput di Jakarta International Stadium tak memenuhi standar FIFA. Hal ini tentu menjadi pertanyaan, karena JIS awalnya digadang-gadang merupakan stadion dengan kualitas internasional.

Disebutkan oleh Basuki, rumput di Stadion JIS tak sesuai dengan standar FIFA. Meski jenis rumputnya sama, Basuki menyatakan rumput di JIS harus dibongkar.

"Untuk jangka panjangnya, mungkin harus diubah rumputnya. Jujur, rumput yang sekarang tidak memenuhi kriteria FIFA. Agar bisa dipakai Piala Dunia U-17 2023, rumput harus diganti," ujar Basuki.

Baca Juga: Polemik JIS, Jubir Anies: Kok Pemerintah Terus Cari Kekurangan?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya