Sejarah di Balik Jersey Biru-Merah Khas Barcelona

Ada dua teori teranyar soal warna Merah-Biru Barcelona FC

Jakarta, IDN Times - Asal usul dari seragam Barcelona ternyata cukup rumit. Banyak teori yang beredar mengenai warna jersey Barcelona.

Namun, setidaknya ada dua teori yang paling kuat dan cukup menarik, mengiringi munculnya seragam bercorak biru-merah Barcelona. Dari corak ini pula, julukan Blaugrana pun melekat ke Barcelona.

Secara etimologi, Blaugrana sebenarnya menjelaskan warna dari jersey Barcelona. Bahasa Catalan untuk biru adalah "blau". Sedangkan, merah tua dalam bahasa Catalan berarti "grana". Maka, jika digabungkan menjadi Blaugrana. 

Yuk kita ulas sejarah dari seragam khas Barcelona yang satu ini, seperti dikutip dokumen LaLiga.

1. Teori warna dipilih dalam pertemuan anggota

Sejarah di Balik Jersey Biru-Merah Khas BarcelonaRobert Lewandowski mencetak hattrick melawan Viktoria Plzen di laga pembuka Liga Champions 2022/2023. (uefa.com)

Teori pertama dari pemilihan warna berasal dari pertemuan anggota klub yang digelar pada Desember 1899 silam. Kala itu, Witty bersaudara yang merupakan perintis Barcelona, Arthur dan Ernest, mengusulkan agar jersey klub menggunakan corak biru-merah agar mirip dengan tim rugby di Merchant Taylors, sekolah keduanya di Crosby, kota luar Liverpool.

Joan Gamper pun menerima usulan ini, karena jerseynya juga mirip dengan FC Basel. Hingga akhirnya, cerita versi ini diteruskan kepada para penerus di jajaran eksekutif klub. Ini menjadi teori terkuat dari munculnya corak jersey tersebut dan dianggap sebagai "klaim paling layak dan sah" akan sejarahnya.

Baca Juga: Hubungan Barcelona dan Real Madrid Memanas Jelang El Clasico

2. Dipilih orang tua?

Sejarah di Balik Jersey Biru-Merah Khas BarcelonaPemain anyar Barcelona Raphinha. (fcbarcelona.com)

Namun, sebenarnya ada teori lain yang berkembang dari jersey biru-merah Barcelona. Menariknya, teori ini melibatkan orang tua.

Ada salah satu ibu dari pemain yang disebut-sebut berpengaruh besar dalam pemilihan warna tersebut. Itu disebabkan karena ibu pemain tersebut hanya memiliki bahan berwarna biru dan merah.

Dari kedua teori itu, sebenarnya tak ada yang dijamin paling benar oleh Barcelona. Namun, teori pertama justru yang dipilih jadi klaim paling layak sebagai asal Blaugrana sebagai identitas Barcelona.

3. Bukan satu-satunya klub LaLiga berwarna Biru-Merah

Sejarah di Balik Jersey Biru-Merah Khas BarcelonaTwitter/@SDEibar

Barcelona sebenarnya bukan satu-satunya klub LaLiga yang menggunakan warna biru dan merah sebagai identitas. Ada klub lain yang mengadopsi warna serupa, seperti SD Eibar.

Namun, Barcelona merupakan klub LaLiga pertama yang bermain dengan warna biru dan merah. Pantas saja warna ini jadi sangat identik dengan Barcelona.

Baca Juga: Barcelona Tersandung Kasus Korupsi Gara-gara Wasit

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya