Senyum Lebar Shin Tae Yong Dapat 2 Pemain Naturalisasi

Shin Tae Yong butuh waktu 1 tahun untuk cari nama

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, kini sedang bernapas lega. Permintaannya untuk melakukan naturalisasi terhadap sejumlah pemain keturunan akhirnya bisa terpenuhi.

Meski tak semua pemain yang diajukannya akan dinaturalisasi, setidaknya Shin bisa bernapas lega karena Jordi Amat dan Sandy Walsh bisa dilanjutkan prosesnya. Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, pun bakal mengawal proses ini.

1. Butuh setahun buat Shin Tae Yong cari pemain

Senyum Lebar Shin Tae Yong Dapat 2 Pemain NaturalisasiPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong di gedung Kemenpora (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Shin memang tak sembarangan pilih pemain untuk dinaturalisasi. Dia harus mempertimbangkan berbagai aspek untuk mencari pemain yang bisa memecahkan kekurangan di Timnas Indonesia. Tak heran jika Shin harus menunggu setahu untuk mendapatkan pemain yang cocok.

"Seperti kata pak Menteri, saya juga tidak mau sembarangan naturalisasi pemain. Selama satu tahun, saya cari. Kemudian, dapat empat orang," ujar Shin di gedung Kemenpora pada Kamis (10/2/2022).

Baca Juga: Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat Disetujui Pemerintah

2. Percaya dengan Jordi Amat dan Sandy Walsh

Senyum Lebar Shin Tae Yong Dapat 2 Pemain Naturalisasipotret Sandy Walsh (instagram.com/sandywalsh)

Shin mengaku cukup puas dengan bantuan pemerintah untuk naturalisasi Sandy dan Jordi. Menurutnya, mereka memang layak mengisi skuad Timnas Indonesia karena peran dan performa di klub masing-masing terbilang penting.

"Memang, saya sangat merekomendasikan para pemain tersebut karena jadi pilihan utama dan performanya bagus, luar biasa," ujar Shin.

3. Sebenarnya ada empat pemain yang diajukan

Senyum Lebar Shin Tae Yong Dapat 2 Pemain NaturalisasiPotret Kevin Diks (instagram.com/kevindiks2)

Selain Sandy dan Jordi, sebenarnya ada dua nama lagi yang diajukan Shin. Mereka adalah Kevin Diks dan Mees Hilgers. Tapi, Diks dan Hilgers pada akhirnya tak dinaturalisasi.

"Mereka sampai sekarang tidak diizinkan keluarganya," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Baca Juga: 2 Pemain Naturalisasi Jadi Tambahan Amunisi Timnas Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya