6 Pemain Asean yang Berkiprah di Liga Jepang Musim 2023/2024 

Ada yang masih bertahan, ada juga yang baru meneken kontrak

Liga Jepang masih menjadi pelabuhan seksi bagi para pemain-pemain Asean yang ingin mengembangkan karirenya di luar kompetisi Asean. Pemain seperti Irfan Bachdim dari Indonesia, Teerasil Dangda dari Thailand, dan lainnya yang sudah terlebih dahulu mencicipi karier di liga Jepang membuat pemain lainnya terinspirasi untuk berkiprah di Liga Jepang.

Pada musim 2022/2023 saja, terhitung ada 15 pemain Asean yang tersebar di beberapa klub Jepang di berbagai kompetisi. Mengarungi edisi musim kompetisi baru, siapa saja pemain asal Asean yang kini berkiprah di Liga Jepang?

1. Chanathip Songkrasin (Thailand) - Kawasaki Frontale  

6 Pemain Asean yang Berkiprah di Liga Jepang Musim 2023/2024 Chanathip Songkrasin (instagram.com/jaychanathip)

Jay, sapaan akrab Chanathip Songkrasin, sudah berkiprah di Liga Jepang bersama klub Hokkaido Consadole Sapporo medio 2017-2020 sebagai pemain pinjaman dari Muangthong United. Jay mencatatkan 115 penampilan dengan koleksi 14 gol dan 20 assist selama berseragam Hokkaido Consadole Sapporo.

Musim 2022/2023, Jay bergabung dengan klub yang mengoleksi empat Piala J1 League, Kawasaki Frontale. Sayangnya, pada musim tersebut Jay dan Kawasaki Frontale gagal menjuarai J1 League setelah hanya berada di runner-up di bawah Yokohama F. Marinos. Banyak dijuluki sebagai Messi dari Thailand, Jay berhasil membuktikan bahwa talentanya bisa bersaing di level tertinggi kompetisi sepak bola Jepang.

2. Supachok Sarachat (Thailand) - Hokkaido Consadole Sapporo  

6 Pemain Asean yang Berkiprah di Liga Jepang Musim 2023/2024 Supachok Sarachat (instagram.com/supachok_19)

Supachok Sarachat dikontrak permanen oleh Hokkaido Consadole Sapporo dari Buriram United pada musim 2023/2024. Ia akan bertemu dengan rekan satu timnya di Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin di Kawasaki Frontale.

Supachok Sarachat meneken kontrak jangka panjang selama 4 tahun karena penampilannya yang memukau pada masa peminjaman dari Buriram United. Sebelumnya, pemain berusia 24 tahun ini berstatus sebagai pemain pinjaman dari Buriram United dengan mencatatkan 7 penampilan dengan mengemas 3 assist di semua kompetisi bersama Hokkaido Consadole Sapporo pada musim 2022/2023.

3. Nguyen Cong Phuong (Vietnam) - Yokohama FC  

6 Pemain Asean yang Berkiprah di Liga Jepang Musim 2023/2024 Nguyen Cong Phuong (instagram.com/congphuong_diamond)

Nguyen Cong Phuong bergabung dengan Yokohama FC berstatus bebas transfer dari klub lokal Vietnam, HAGL FC. Yokohama FC merupakan klub keduanya selama berkiprah di Liga Jepang setelah sebelumnya ia bermain untuk Mito HollyHock pada tahun 2016 sebagai pemain pinjaman.

Pemain berusia 28 tahun ini mencatatkan 45 penampilan dengan koleksi 13 gol dan 5 assist bersama HAGL FC di semua kompetisi. Pada level timnas, ia mencatatkan 50 penampilan dengan torehan 11 gol di semua kompetisi Timnas Vietnam senior.

Baca Juga: Pratama Arhan Banyak Belajar di Tokyo Verdy

4. Pratama Arhan (Indonesia) - Tokyo Verdy  

6 Pemain Asean yang Berkiprah di Liga Jepang Musim 2023/2024 Pratama Arhan (instagram.com/pratamaarhan8)

Pratama Arhan menginjak musim keduanya bersama Tokyo Verdy di J2 League. Ia meneken kontrak selama 2 tahun sejak Maret 2022. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini diharapkan bisa membantu Tokyo Verdy promosi ke J1 League musim ini.

Talenta Pratama Arhan mengingatkan pada kiprahnya bersama Timnas Indonesia di gelaran Piala AFF 2020 Singapura. Mendapat predikat pemain muda terbaik, Pratama Arhan berhasil mengantarkan Timnas Indonesia menjadi runner-up kala itu.

5. Jefferson David Tabinas (Filipina) - Mito HollyHock  

6 Pemain Asean yang Berkiprah di Liga Jepang Musim 2023/2024 Jefferson David Tabinas (tiebreakertimes.com.ph)

Jefferson David Tabinas merupakan pemain kelahiran Jepang, tepatnya di Shinjuku, Tokyo, namun, memilih kewarganegaraan Filipina. Berasal dari ayah Ghana dan ibu Filipina yang tinggal di Jepang, karier sepak bolanya pun terasah di Negeri Sakura ini.

Jefferson David Tabinas menandatangani kontrak sepak bola profesional pertamanya bersama Kawasaki Frontale. Tetapi, ia belum pernah mencicipi caps bersama Kawasaki Frontale karena lebih banyak bermain sebagai pemain pinjaman hingga dilepas ke tim J2 League, Mito HollyHock. Pemain berusia 25 tahun itu telah mencatatkan 55 penampilan dan berhasil menyumbang 2 gol selama berkarier bersama Mito HollyHock. 

6. Ryu Nugraha (Indonesia) - Nagano Parceiro  

6 Pemain Asean yang Berkiprah di Liga Jepang Musim 2023/2024 Ryu Nugraha (parceiro.co.jp)

Ryu Nugraha merupakan kiper Nagano Parceiro yang lahir di Nagano, Jepang tetapi, tercatat berkewarganegaraan Indonesia. Nagano Parceiro sendiri merupakan kontestan J3 League.

Pada musim 2019/2020, Ia berseragam klub Fukui United yang berlaga di kompetisi Hokushin'etsu Football League atau fifth tier Liga Jepang dengan status pemain pinjaman. Ryu Nugraha tercatat mengoleksi 12 penampilan selama berseragam Fukui United.

Hadirnya beberapa pemain Asean yang bermain di liga Jepang memberikan dampak positif bagi persepak bolaan di kawasan Asean ini. Terlebih, kesempatan tersebut makin meningkatkan inspirasi bagi bakat muda mengembangkan level permainannya di luar Asean.

Baca Juga: 5 Pemain Jepang yang Bersinar Hingga Putaran Kedua Liga 1

Mubayin Hukmi Photo Writer Mubayin Hukmi

Mencoba mempelajari UI/UX Design

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya