5 Pelatih Tertua yang Kini Tangani Klub di Liga Top Eropa

Deretan pelatih dengan segudang pengalaman!

Selain membutuhkan pemain hebat nan berkualitas, tim-tim yang berlaga di kasta tertinggi liga top Eropa juga sangat membutuhkan pelatih berkualitas untuk bisa berbicara banyak. Selain kaya akan taktik, pengalaman juga menjadi salah satu patokan seorang pelatih bisa disebut berkualitas.

Pengalaman yang banyak sangat identik dengan umur yang tak lagi muda. Di 5 liga top sepak bola Eropa saat ini terdapat beberapa pelatih uzur dengan segudang pengalaman yang punya tugas untuk membuat klubnya bermain lebih baik.

Lantas siapa sajakah pelatih tertua yang saat ini melatih tim di liga top Eropa? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya.

1. Manuel Pellegrini (Real Betis)

5 Pelatih Tertua yang Kini Tangani Klub di Liga Top Eropapotret Manuel Pellegrini (marca.com)

Pelatih berkebangsaan Chile, Manuel Pellegrini merupakan pelatih tertua yang saat ini melatih tim di Liga top Eropa. Tercatat ada 6 klub berbeda yang pernah ditangani pria yang kini sudah berumur 68 tahun tersebut. Klub-klun tersebut adalah Villarreal, Real Madrid, Malaga, Manchester City, West Ham United, dan saat ini, Real Betis.

Namun, sejak datang ke Eropa untuk menukangi Villarreal di tahun 2004, Pellegrini baru berhasil mendapatkan gelar juara bersama Manchester City saja. Kendati demikian, Pellegrini sering digolongkan sebagai seorang pelatih dengan nama besar.

2. Aurelio Andreazolli (Empoli)

5 Pelatih Tertua yang Kini Tangani Klub di Liga Top Eropapotret Aurelio Andreazzoli (sportsbet.io)

Di Italia nama Aurelio Andreazolli menjadi pelatih tertua yang membesut tim Serie A. Andreazzoli baru ditunjuk di awal musim ini untuk melatih Empoli yang berstatus sebagai tim promosi. Pelatih kelahiran 5 November 1953 ini lama menghabiskan kariernya untuk melatih tim-tim kecil.

Andreazzoli juga pernah tercatat sebagai direktur teknik dan caretaker di AS Roma serta pernah menjadi asisten pelatih kepala di Udinese. Hingga saat ini, hanya Genoa dan Empoli saja tim papan atas yang pernah Andreazzoli latih dengan status pelatih kepala.

Baca Juga: 5 Pelatih Calon Pengganti Ronald Koeman di Barcelona

3. Fabrizio Castori (Salernitana)

5 Pelatih Tertua yang Kini Tangani Klub di Liga Top Eropapotret Fabrizio Castori (football-italia.net)

Nama selanjutnya ialah Fabrizio Castori yang juga melatih tim Serie A. Pelatih berusia 67 tahun ini merupakan pelatih dari tim promosi Serie A, Salernitana. Karier kepelatihan Castori dimulai sejak tahun 1992 saat ia melatih tim lokal bernama Tolentino.

Sayangnya sejak awal melatih, Castori sama sekali belum pernah melatih tim besar Italia. Cesena, Ascoli, Reggina, dan Salernitana mungkin menjadi nama-nama klub yang cukup tenar yang pernah dilatih Castori.

4. Marcelo Bielsa (Leeds United)

5 Pelatih Tertua yang Kini Tangani Klub di Liga Top Eropapotret Marcelo Bielsa (skysports.com)

Marcelo Bielsa bisa digolongkan sebagai pelatih top yang telah lama malang melintang di liga top Eropa. Espanyol, Athletic Bilbao, Marseille, Lazio, LOSC Lille dan Leeds United merupakan tim-tim Eropa yang pernah ,emggunakan jasa pelatih berjuluk El Loco ini.

Di umurnya yang telah menginjak 66 tahun, saat ini Marcelo Bielsa berstatus sebagai pelatih Leeds United, posisi yang telah ia jabat sejak tahun 2018. Walaupun tergolong sebagai pelatih top dan menjadi panutan banyak pelatih muda, faktanya Marcelo Bielsa belum pernah sama sekali menjadi juara di level klub.

5. Gian Piero Gasperini (Atalanta)

5 Pelatih Tertua yang Kini Tangani Klub di Liga Top Eropapotret Gian Piero Gasperini (sempreinter.com)

Satu lagi pelatih asal Italia yang saat ini tergolong sebagai pelatih tertua di liga top Eropa ialah Gian Piero Gasperini. Pelatih Atalanta ini lahir pada 26 Januari 1958 dan saat ini telah berumur 63 tahun. Karier kepelatihannya dimulai saat Ia ditunjuk sebagai pelatih muda Juventus di tahun 1994.

Sempat melatih Inter Milan, Genoa, dan Palermo, kini Gasperini telah nyaman bersama Atalanta, klub yang telah ia latih sejak tahun 2016. Bersama Gasperini, klub berjuluk La Dea ini berhasil menjelma sebagai kompetitor di papan atas klasemen Serie A dalam  beberapa tahun terakhir.

Walaupun belum mampu membawa Atalanta meraih trofi juara, Gasperini telah menorehkan prestasi yang sangat gemilang ketika membawa La Dea untuk pertama kalinya bertarung di ajang Liga Champions.

Itulah 5 pelatih tertua yang saat ini melatih klub-klub yang berlaga di liga-liga top Eropa. Menurutmu, apakah pengalaman seorang pelatih dalam membesut tim menjadi hal yang vital dalam sebuah karier kepelatihan?

Baca Juga: Persik Kediri Pecat Pelatih Joko Susilo, Ini Penyebabnya

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya