6 Pemain Swiss yang Pernah Bela Bayer Leverkusen sebelum Granit Xhaka

Xhaka melanjutkan tradisi Swiss di Bayer Leverkusen

Xabi Alonso mendapatkan amunisi anyar untuk memperkuat lini tengah Bayer Leverkusen pada 2023/2024. Sosok yang dimaksud adalah Granit Xhaka, pemain yang menjadi kapten Timnas Swiss dan Arsenal. Menurut laporan Fabrizio Romano, Xhaka bergabung dengan Bayer Leverkusen setelah ditebus dari Arsenal dengan biaya 25 juta euro (Rp411 miliar) pada Kamis (6/7/2023).

Xhaka telah menandatangani kontrak berdurasi 5 tahun dan segera diperkenalkan kepada publik. Faktanya, Xhaka bukanlah satu-satunya pemain asal Swiss yang pernah bergabung bersama Bayer Leverkusen. Terdapat enam pemain Swiss yang pernah bela Bayer Leverkusen sebelum Granit Xhaka.

1. Pascal Zuberbuhler

6 Pemain Swiss yang Pernah Bela Bayer Leverkusen sebelum Granit XhakaPascal Zuberbuhler (fifa.com)

Pesepak bola asal Swiss pertama yang bergabung dengan Bayer Leverkusen adalah Pascal Zuberbuhler. Kiper legendaris Timnas Swiss ini bermain dengan Bayer Leverkusen selama setengah tahun, tepatnya pada paruh pertama musim 2000/2001. Kala itu, ia bermain sebagai pemain pinjaman dari FC Basel. Sayangnya, Zuberbuhler tak terlalu mengesankan, sehingga gagal dipermanenkan.

2. Tranquillo Barnetta

6 Pemain Swiss yang Pernah Bela Bayer Leverkusen sebelum Granit XhakaTranquillo Barnetta (kiri) dan Arturo Vidal (kiri) (twitter.com/bayer04fussball)

Tranquillo Barnetta merupakan seorang gelandang serang yang lama berkarier di Bundesliga Jerman. Dari sekian klub yang pernah ia bela, Bayer Leverkusen adalah salah satunya. Barnetta membela Bayer Leverkusen selama 8 tahun (2004--2012). Bayer Leverkusen adalah klub yang paling lama dibela sang pemain. Dalam kurun waktu tersebut, pemain keturunan Italia ini bisa mengoleksi 229 penampilan dengan sumbangan 26 gol dan 51 assist.

3. Pirmin Schwegler

6 Pemain Swiss yang Pernah Bela Bayer Leverkusen sebelum Granit XhakaPirmin Schwegler (profis.eintracht.de)

Kedekatan geografis memang membuat banyak pesepak bola Swiss bisa berkarier di Bundesliga Jerman. Itulah yang menjadi salah satu alasan Pirmin Scwegler malang melintang bersama klub Jerman. Salah satunya ialah Bayer Leverkusen. Bayer Leverkusen adalah tim pertama yang dibela sang pemain di Jerman. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini bermain selama 3 tahun (2006--2009) dengan mencatat 60 penampilan dan sumbangan 3 assist.

Baca Juga: 5 Pemain yang Digaet Arsenal Bareng Granit Xhaka, Apa Kabar?

4. Eren Derdiyok

6 Pemain Swiss yang Pernah Bela Bayer Leverkusen sebelum Granit XhakaEren Derdiyok (bayer04.de)

Nama selanjutnya ialah Eren Derdiyok, penyerang veteran yang pada 2022/2023 lalu bermain untuk tim Liga Turki, Ankaragucu. Jauh sebelum itu, Derdiyok pernah menjadi salah satu kunci permainan Bayer Leverkusen. Pria keturunan Turki ini cukup aktif dalam mencetak gol dan menyumbang umpan. Selama 5 tahun (2009--2014), Derdiyok mampu mengemas 35 gol dan 18 assist dari 138 laga.

5. Josip Drmic

6 Pemain Swiss yang Pernah Bela Bayer Leverkusen sebelum Granit XhakaJosip Drmic (bundesliga.com)

Josip Drmic didatangkan Bayer Leverkusen dari FC Nuernberg pada awal musim 2014/2015. Pada musim itu, pemain yang berposisi sebagai penyerang ini cukup aktif bermain meski tak banyak mencetak gol. Kendati demikian, Drmic tetap dilirik tim lain. Oleh karena itu, pria keturunan Kroasia ini akhirnya dijual ke Borussia Moenchengladbach dengan harga yang lebih mahal pada awal musim 2016/2016.

6. Admir Mehmedi

6 Pemain Swiss yang Pernah Bela Bayer Leverkusen sebelum Granit XhakaAdmir Mehmedi (bayer04.de)

Waktu 2,5 musim menjadi momen pengabdian Admir Mehmedi bersama Bayer Leverkusen. Pemain yang berposisi sebagai second striker ini datang pada awal musim 2015/2016 dari SC Freiburg. Selama bermain bersama Die Werkself, Mehmedi tampil cukup cemerlang meski tak tajam. Hingga akhirnya hengkang ke VfL Wolfsburg pada pertengahan musim 2017/2018, Mehmedi mampu mengumpulkan 13 gol dan 15 assist dari 86 pertandingan.

Granit Xhaka datang untuk menjadi kekuatan di lini tengah Bayer Leverkusen. Sosoknya yang tegas dan bisa menjadi pemimpin merupakan atribut komplet bagi seorang gelandang bertahan yang bertugas menjaga alur permainan. Xabi Alonso tampaknya akan suka dengan gaya permainan yang ditampilkan Xhaka.

Baca Juga: 5 Calon Pengganti Granit Xhaka yang Harus Dipertimbangkan oleh Arsenal

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya