Derbi Lembah Ruhr, Rivalitas Terpanas Dua Klub Liga Jerman

Derbi dari segala derbi di tanah Jerman

Northwest Derby yang melibatkan Liverpool dan Manchester United dikenal sebagai rivalitas paling panas di Britania Raya. Di sisi lain, Jerman yang juga memiliki budaya sepak bola luar biasa pun memiliki rivalitas ala Northwest Derby.

Rivalitas tersebut sering disebut sebagai Revierderby atau Derbi Lembah Ruhr. Rivalitas ini melibatkan klub Schalke 04 dan Borussia Dortmund.

Kedua klub asal wilayah North-Rhine Westphelia ini memiliki sejarah panjang dan pertemuan yang selalu seru. Tak heran jika Derbi Lembah Ruhr disebut sebagai derbi dari segala derbi sepak bola di tanah Jerman.  

Penasaran bagaimana sejarah panjang dari Revierderby atau Derbi Lembah Ruhr ini?

1. Asal mula nama Derbi Lembah Ruhr

Derbi Lembah Ruhr, Rivalitas Terpanas Dua Klub Liga JermanSchalke 04 (bundesliga.com)

Rivalitas Borussia Dortmund dan Schalke 04 punya sejarah panjang. Kedua klub merupakan tim kelas pekerja terbesar di Jerman. Schalke 04 mewakili pekerja tambang batu bara dari Kota Gelsenkirchen. Sedangkan Borussia Dortmund mewakili pekerja tambang baja dari Kota Dortmund.

Keduanya sama-sama bergerak di bidang pertambangan yang berdiri di wilayah Lembah Ruhr. Oleh karena itu, rivalitas antara Schalke 04 dan Borussia Dortmund kerap disebut sebagai Revierderby atau Derbi Lembah Ruhr.

2. Pertarungan panas dari masa ke masa

Derbi Lembah Ruhr, Rivalitas Terpanas Dua Klub Liga JermanDerbi Lembah Ruhr (schalke04.de)

Schalke 04 berdiri pada tahun 1904, sedangkan Borussia Dortmund berdiri lima tahun berselang. Rivalitas kedua klub telah terbentuk bahkan sebelum Bundesliga di Jerman Barat digelar.

Dari tahun 1925 hingga menjelang akhir Perang Dunia Kedua pada 1945, Schalke 04 terus mendominasi. Kala itu, Schalke 04 memang sulit untuk dikalahkan sekaligus berstatus sebagai tim terbaik Jerman. Sehingga tak heran jika Schalke 04 selalu menang atas Borussia Dortmund sebelum era Bundesliga.

Baca Juga: 5 Fakta Keberhasilan FC Schalke 04 Promosi ke Bundesliga 2022/2023

3. Borussia Dortmund menang secara head to head

Derbi Lembah Ruhr, Rivalitas Terpanas Dua Klub Liga JermanBorussia Dortmund (twitter.com/blackyellow)

Akan tetapi, catatan sejarah tersebut berbalik setelah Perang Dunia Kedua. Bahkan, sejak era Bundesliga Jerman Barat resmi digelar pada 1963, keadaan cenderung lebih menguntungkan Borussia Dortmund. Tim berjuluk Die Borussen ini menang secara head to head atas Schalke 04.

Dikutip dari data Transfermarkt.com, Borussia Dortmund sukses memenangkan 53 laga dan hanya mengalami 44 kekalahan. Sedangkan 41 laga lainnya berakhir dengan skor sama kuat. Akan tetapi, jika dihitung secara keseluruhan, sejak zaman sebelum Bundesliga bergulir, Schalke 04 tetap lebih unggul dari Borussia Dortmund.

4. Persaingan panas antar suporter

Derbi Lembah Ruhr, Rivalitas Terpanas Dua Klub Liga Jermanpendukung Borussia Dortmund (bvb.de)

Di balik kerasnya pertandingan yang kerap tersaji di lapangan, tentunya rivalitas suporter fanatik dari kedua belah pihak juga berlangsung tegang. Baik The Royal Blues maupun The Yellow Wall memiliki reputasi sebagai suporter paling fanatik di tanah Jerman.

Kedua kubu suporter kerap memberikan tekanan kepada siapa pun yang menjadi lawan klub kesayangan. Chants suporter yang selalu dikumandangkan selama pertandingan berlangsung bikin atmosfer stadion lebih menegangkan bagi para pemain yang tengah bertempur di lapangan.

Terdapat aturan tidak tertulis ketika kedua suporter ini datang ke stadion yang sama di saat yang bersamaan. The Yellow Wall sebagai ultras Borussia Dortmund sudah pasti menghuni tribun selatan. Sedangkan The Royal Blues dari Schalke 04 akan selalu menghiasi tribun sebelah utara. 

5. Pertemuan pertama sejak Schalke kembali ke Bundesliga

Derbi Lembah Ruhr, Rivalitas Terpanas Dua Klub Liga JermanTobias Mohr (schalke04.de)

Rivalitas antara suporter Borussia Dortmund dan Schalke 04 sempat vakum selama 1,5 tahun. Pandemik COVID-19 yang melanda dunia dan Schalke 04 yang sempat terdegradasi pada musim 2021/2022 membuat tensi pertemuan kedua klub sempat merenggang dan bahkan tertunda.

Pada, Minggu (18/9/2022), Derbi Lembah Ruhr kembali tersaji di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund. Atmosfer panas yang diidamkan pun kembali tersaji.

Di laga yang dimenangkan oleh Borussia Dortmund dengan skor 1-0 ini, Derbi Lembah Ruhr benar-benar berjalan dengan seru. Sebanyak total 81,100 suporter hadir menyaksikan pertemuan pertama Derbi Lembah Ruhr Bundesliga 2022/2023. Catatan tersebut menjadi catatan kehadiran penonton terbanyak keempat dalam sejarah pertemuan kedua klub setelah pertemuan pada musim 2003/2004, 2004/2005, dan 2005/2006.

Dibandingkan dengan Der Klassiker ataupun Borussen Derby, Ravierderby memang terkenal lebih menegangkan dan sarat akan sejarah. Tensi tinggi dan bumbu fanatisme suporter bikin pertemuan antara Schalke 04 dan Borussia Dortmund adalah salah satu laga musiman Liga Jerman yang tak elok dilewatkan begitu saja.

Baca Juga: 9 Fakta Signal Iduna Park, Stadion yang Jadi Kandang Borussia Dortmund

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya