5 Jebolan Akademi FC Groningen Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Virgil van Dijk bisa jadi yang terbaik

Meski namanya cukup populer, FC Groningen tak punya prestasi tinggi seperti Ajax Amsterdam, Feyenoord Rotterdam, atau PSV Eindhoven. Kendati demikian, mereka sering kali mengorbitkan pemain hebat dari skuadnya, terutama yang berasal dari tim akademi.

Beberapa pemain bintang lahir dari akademi FC Groningen. Beberapa di antaranya pernah berkarier di English Premier League (EPL).

1. Gerald Sibon

5 Jebolan Akademi FC Groningen Terbaik yang Pernah Bermain di EPLGerald Sibon (skysports.com)

Gerald Sibon jadi nama pertama dalam daftar ini. Penyerang kelahiran Emmen ini tercatat setahun menimba ilmu di tim akademi FC Groningen, tepatnya dari 1989 hingga pindah ke FC Dalen pada 1990.

Sibon sendiri hanya membela Sheffield Wednesday selama berkarier di Inggris. Bergabung pada 1999, ia bertahan selama 4 musim bersama Sheffield Wednesday.

Dari 4 musim tersebut, Sibon hanya bermain selama semusim di Premier League. Pasalnya, Sheffield Wednesday yang ia bela harus degradasi semusim setelah kedatangannya.

2. Arjen Robben

5 Jebolan Akademi FC Groningen Terbaik yang Pernah Bermain di EPLArjen Robben (skysports.com)

Jauh sebelum pensiun dan jadi legenda sepak bola Belanda, Arjen Robben pernah menimba ilmu di tim akademi FC Groningen selama 5 tahun (1996—2001). Sebelum hengkang ke PSV Eindhoven, Robben terlebih dahulu membela tim senior Groningen selama setahun.

Kariernya di Premier League terjadi selama 3 musim, tepatnya saat bergabung dengan Chelsea dari PSV Einhoven pada 2004 hingga hengkang ke Real Madrid pada 2007. Dalam kurun waktu tersebut, Robben mencatatkan 15 gol dan 17 assist dari 67 pertandingan bersama Chelsea.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi AS Monaco Terbaik yang Pernah Bermain di EPL 

3. Virgil van Dijk

5 Jebolan Akademi FC Groningen Terbaik yang Pernah Bermain di EPLVirgil van Dijk (skysports.com)

Dikenal sebagai salah satu pemain bertahan terbaik dunia saat ini, Virgil van Dijk menunjukkan pamor akademi FC Groningen yang berkualitas. Virgil sempat berada di akademi Groningen selama setahun, sebelum promosi ke tim utama pada 2011.

Perjalanan Virgil di Premier League dimulai pada 2015, ketika bergabung dengan Southampton dari Glasgow Celtics. Dibeli dengan banderol mahal pada jendela transfer musim dingin 2018, Virgil kini jadi milik Liverpool.

Kualitas Virgil sebagai seorang bek tengah sudah tak diragukan lagi. Kapten Timnas Belanda ini telah mempersembahkan 6 gelar juara bagi Liverpool dan 3 gelar individu selama berkarier di Inggris.

4. Leandro Bacuna

5 Jebolan Akademi FC Groningen Terbaik yang Pernah Bermain di EPLLeandro Bacuna (skysports,com)

Tak banyak pemain sepak bola berkualitas dari negara bernama Curacao. Jika ditanya siapa pemain terbaiknya saat ini, Leandro Bacuna yang kini jadi gelandang Cardiff City adalah jawabannya. Ia merupakan top scorer sepanjang masa Timnas Curacao.

Sebelum jadi pesepak bola profesional, ia pernah berada di akademi Groningen selama 7 tahun (2002—2009). Pada 2013, ia memulai kariernya di Inggris untuk bermain bersama Aston Villa.

Leandro Bacuna juga pernah membela tim asal Inggris lain, yakni Reading dan Cardiff City. Hingga 2022, ia telah tampil dalam 96 pertandingan dengan torehan 6 gol dan 6 assist bersama Aston Villa dan Cardiff City.

5. Juninho Bacuna

5 Jebolan Akademi FC Groningen Terbaik yang Pernah Bermain di EPLJuninho Bacuna (skysports,com)

Adik dari Leandro Bacuna, Juninho Bacuna, juga pernah menimba ilmu di tim akademi FC Groningen. Momen tersebut terjadi dari 2008 hingga promosi ke tim utama FC Groningen pada 2015.

Karier Juninho di tanah Britania Raya dimulai pada 2018, ketika bergabung dengan Huddersfiled. Saat ini, ia juga bermain di tim Inggris, yakni Brimingham, di divisi Championship. Sejauh ini, ia baru mencetak 21 pertandingan di Premier League yang seluruhnya ia mainkan untuk Huddersfield pada 2018//2019.

Dari kelima nama di atas, Virgil van Dijk jadi pemain jebolan akademi FC Groningen yang punya karier paling mentereng di Inggris. Ia juga jadi satu-satunya jebolan akademi FC Groningen yang saat ini berlaga di EPL.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi OGC Nice Terbaik yang Pernah Bermain di EPL 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya