5 Jebolan Akademi KRC Genk Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Deretan pemain bintang Timnas Belgia!

KRC Genk merupakan salah satu klub raksasa dengan segudang prestasi di Jupiter Pro League Belgia. Banyak pemain besar lahir dari tim ini, terutama pemain-pemain hebat nan berbakat dari tim akademi.

Tak hanya berkarier di liga lokal, jebolan KRC Genk juga banyak di luar liga, termasuk English Premier League (EPL). Total ada sebelas nama jebolan akademi KRC Genk yang pernah bermain di EPL hingga tahun 2022. Untukmu, kami rangkum dan ulas lima yang terbaik.

1. Christian Benteke

5 Jebolan Akademi KRC Genk Terbaik yang Pernah Bermain di EPLChristian Benteke (skysports.com)

Nama yang pertama ialah Christian Benteke, pesepak bola Belgia dengan jumlah pertandingan terbanyak dalam sejarah EPL. KRC Genk jadi tim terakhir yang ditempati Benteke sebelum mulai mendapatkan kontrak profesional pada 2007.

Selama berkarier di Inggris, Benteke pernah membela tiga klub berbeda, yakni Aston Villa (2012—2015), Liverpool (2015—2016) dan Crystal Palace, tim yang ia bela dari 2016 hingga saat ini. Saat ini, Benteke telah catatkan 280 penampilan dengan torehan 86 gol dan 23 assists.

2. Kevin de Bruyne

5 Jebolan Akademi KRC Genk Terbaik yang Pernah Bermain di EPLKevin De Bruyne dengan jersey KRC Genk (bleacherreport.com)

Pemain terbaik Premier League 2021/2022, Kevin de Bruyne tercatat pernah jadi bagian dari tim akademi KRC Genk selama tiga tahun. Momen tersebut terjadi dari 2005 hingga ia promosi ke tim utama pada 2008.

Salah satu gelandang terbaik Belgia ini pernah membela Chelsea sebelum jadi pemain andalan Manchester City sejak 2015. Sayangnya, ia tak banyak tampil bersama Chelsea kala itu. Namun, ia sukses tampil gemilang bersama Manchester City dan jadi salah satu gelandang terbaik dunia saat ini.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal KRC Genk, Tanpa Kevin De Bruyne

3. Thibaut Courtois

5 Jebolan Akademi KRC Genk Terbaik yang Pernah Bermain di EPLThibaut Courtois saat berseragam KRC Genk (marca.com)

Bintang Timnas Belgia lain yang pernah menimba ilmu di tim akademi KRC Genk adalah Thibaut Courtois. Kiper yang sekarang membela Real Madrid ini cukup lama berada di tim akademi KRC Genk. Ia memulainya pada tahun 1999 hingga dipromosikan ke tim utama pada 2008.

Chelsea jadi satu-satunya tim yang pernah dibela Courtois di Inggris. Datang dari tahun 2011, Courtois mulai aktif bermain bersama The Blues pada 2014. Jika ditotalkan, Courtois sukses catatkan 49 nirbobol dari 121 pertandingan di ajang EPL.

4. Divock Origi

5 Jebolan Akademi KRC Genk Terbaik yang Pernah Bermain di EPLDivock Origi (skysports.com)

Akademi KRC Genk merupakan tim akademi terlama yang ditempati oleh Divock Origi sebelum jadi pesepak bola profesional. Momen tersebut terjadi dari tahun 2001 hingga ia pindah ke tim akademi LOSC Lille pada 2010.

Origi juga hanya pernah membela satu tim di EPL. Tim tersebut adalah Liverpool yang ia bela sejak Juli 2014.

Sayangnya, Origi sempat dipinjamkan ke LOSC Lille dan VfL Wolfsburg selama berseragam The Reds. Selain itu, ia lebih sering tampil sebagai pemain pelapis dan supersub ketika berseragam Liverpool.

5. Leandro Trossard

5 Jebolan Akademi KRC Genk Terbaik yang Pernah Bermain di EPLLeandro Trossard (skysports.com)

Winger andalan Brighton & Hove Albion saat ini, Leandro Trossard, merupakan jebolan akademi KRC Genk tahun 2012. Trossard sempat jadi bagian dari tim KRC Genk selama 7 tahun, sebelum pindah ke Brighton Hove Albion pada 2019.

Bersama klub berjuluk The Seagulls tersebut, Trossard sukses jadi pemain berkualitas dan mulai sering dipanggil oleh Timnas Belgia. Hingga musim ketiganya, Trossard telah catatkan 18 gol dan 11 assists dari 99 pertandingan di EPL bersama Brighton.

 

Selain nama-nama di atas banyak pemain ternama EPL yang juga berasal dari akademi KRC Genk. Mereka adalah Timothy Castagne, Steven Defour, Dennis Praet dan Denis Odoi. Bagaimana komentarmu tentang salah satu akademi klub terbesar di Belgia ini?

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Belgia yang Dianggap Gagal Maksimalkan Potensi

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya