5 Jebolan Akademi Malmo FF Terbaik yang Pernah Berkarier di EPL

Zlatan Ibrahimovic menjadi yang paling populer

Malmo FF menjadi tim dengan jumlah gelar juara Liga Swedia terbanyak per 2022. Mereka sukses meraih 22 gelar, terpaut 4 trofi dari IFK Goteborg yang jadi tim paling berprestasi kedua di Liga Swedia.

Tak heran jika Malmo FF kerap jadi depot para pemain hebat asal Swedia. Kebetulan banyak dari mereka memilih untuk keluar dari Swedia untuk berkarier di kompetisi lain, termasuk English Premier League (EPL).

Berikut ini jebolan akademi Malmo FF terbaik yang pernah berkarier di EPL.

1. Stefan Schwarz

5 Jebolan Akademi Malmo FF Terbaik yang Pernah Berkarier di EPLStefan Schwarz (arsenal.com)

Pemain jebolan akademi Malmo FF dengan jumlah pertandingan terbanyak di EPL adalah Stefan Schwarz. Pemain yang beroperasi di lini tenagh ini sukses mencatatkan 101 laga dengan sumbangan 5 gol dan 1 assist.

Torehan tersebut ia jalani untuk dua tim berbeda, yakni Arsenla (1994—1995) dan Sunderland (1999—2003). Schwarz sendiri pernah 2 tahun (1983—1985) berada di tim akademi Malmo FF.

2. Pontus Jansson

5 Jebolan Akademi Malmo FF Terbaik yang Pernah Berkarier di EPLPontus Jansson (premierleague.com)

Musim 2022/2023 merupakan musim kedua Pontus Jansson berkarier di Premier League. Kapten Brentford ini telah bermain di Inggris sejak 2016 bersama Leeds United. Namun, catatannya di EPL baru ia torehkan untuk Brentford.

Hingga pekan ke-12 English EPL, Jansson telah menorehkan 3 gol dan 2 assist dari 43 laga sebagai bek tengah. Sebelum jadi pesepak bola profesional, Jansson pernah 3 tahun (2006—2009) dididik di tim muda Malmo FF.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Dinamo Zagreb Terbaik yang Pernah Berkarier di EPL 

3. Zlatan Ibrahimovic

5 Jebolan Akademi Malmo FF Terbaik yang Pernah Berkarier di EPLZlatan Ibrahimovic (premierleague.com)

Di antara nama lain dalam daftar ini, Zlatan Ibrahimovic jelas jadi yang paling populer. Prestasi dan kontroversi yang ia miliki membuatnya digolongkan sebagai pemain bintang.

Catatan 17 gol dan 5 assist dari 33 laga untuk Manchester United (2016—2018) jadi catatan yang sukses diraih Ibrahimovic di Premier League. Jauh sebelum itu, ia pernah 4 tahun (1995—1999) berada di tim muda dan 2 tahun (1999—2001) di tim senior Malmo FF.

4. Markus Rosenberg

5 Jebolan Akademi Malmo FF Terbaik yang Pernah Berkarier di EPLMarkus Rosenberg (werder.de)

Nama selanjutnya ialah Markus Rosenborg, penyerang berkebangsaan Swedia yang 14 tahun (1987—2001) berada di tim akademi Malmo FF. Menjelang akhir kariernya, Markus Rosenborg pernah berseragam West Bromwich Albion (2012—2014).

Dalam kurun waktu 2 musim, Rosenborg hanya mencatat 2 assist dari 28 laga sebagai seorang penyerang tengah. Catatan tersebut cukup mengecewakan bagi pemain yang berposisi sebagai ujung tombak.

5. Anthony Elanga

5 Jebolan Akademi Malmo FF Terbaik yang Pernah Berkarier di EPLAnthony Elanga (manutd.com)

Anthony Elanga lebih dikenal sebagai pemain jebolan akademi Manchester United. Padahal Elanga pernah 6 bulan berada di tim akademi Malmo FF, tepatnya dari Januari 2014—Juli 2014.

Pada 2015, Elanga bergabung dengan akademi Manchester United, sebelum promosi seutuhnya pada Januari 2022. Sejauh ini, Elanga telah mencetak 3 gol dan 3 assist dari 30 laga di Premier League.

Nama-nama di atas diambil berdasarkan jumlah pertandingan terbanyak yang dicatatkan di EPL. Selain mereka, Robin Olsen, Martin Dahlin, dan Erdal Rakip menjadi jebolan akademi Malmo FF lain yang pernah berkarier di EPL.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Barcelona Terbaik yang Pernah Berkarier di Serie A

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya