5 Jebolan Akademi River Plate Terbaik yang Pernah Bermain di Serie A

River Plate biasa melahirkan pemain jempolan

Bukan lagi rahasia jika River Plate merupakan salah satu tim raksasa Argentina. Banyak pemain jempolan pernah bermain di sana dan lahir dari akademi mereka.

Ada cukup banyak hasil didikan akademi River Plate yang berkarier di Eropa. Beberapa di antaranya tampil cemerlang di Serie A Italia.

1. Giovanni Simeone

5 Jebolan Akademi River Plate Terbaik yang Pernah Bermain di Serie AGiovanni Simeone (mobile.twitter.com/simeonegiovanni)

Giovanni Simeone merupakan salah satu hasil didikan akademi River Plate yang masih berkarier di Serie A 2022/2023. Anak dari Diego Simeone ini menimba ilmu di tim akademi River Plate selama 5 tahun (2008—2013).

Ia pertama kali datang ke Italia pada 2016 ketika diboyong oleh Genoa. Selain Genoa, Giovanni pernah membela Fiorentina, Cagliari, Hellas Verona, dan Napoli yang dibelanya sekarang. Sejauh ini, Giovanni telah mencetak 70 gol dan 20 assist dari 234 laga di Serie A.

2. Roberto Pereyra

5 Jebolan Akademi River Plate Terbaik yang Pernah Bermain di Serie ARoberto Pereyra (juventus.com)

Roberto Pereyra adalah kapten Udinese pada 2022/2023. Pereyra pertama kali datang ke Italia ketika dibawa Udinese dari River Plate pada 2011. Ia pun sempat membela Juventus (2014—2016).

Ia lebih lama membela Udinese (2011—2014 dan 2020—sekarang). Pemain yang promosi dari akademi River Plate pada 2009 ini telah mencatatkan 216 laga dengan torehan 24 gol dan 33 assist di Serie A hingga pekan ke-30 Serie A 2022/2023.

Baca Juga: Cetak Quattrick ke Gawang Lazio, Ini 10 Fakta Giovanni Simeone

3. Hernan Crespo

5 Jebolan Akademi River Plate Terbaik yang Pernah Bermain di Serie AHernan Crespo (inter.it)

Perlu diakui jika Hernan Crespo merupakan salah satu penyerang terbaik Argentina yang pernah berkarier di sepak bola Italia. Crespo pernah membela Parma, Lazio, Inter Milan, dan Genoa selama berkarier di Serie A.

Bersama keempat tim tersebut, Crespo mencatatkan 153 laga dengan torehan 153 gol dan 31 assist. Angka tersebut jelas sangat mentereng bagi pemain yang promosi ke tim utama River Plate pada 1994 ini.

4. Maxi Lopez

5 Jebolan Akademi River Plate Terbaik yang Pernah Bermain di Serie AMaxi Lopez (torinofc.it)

Maxi Lopez merupakan salah satu penyerang Argentina yang kerap bergonta-ganti tim. Selama kariernya yang panjang, ia lebih sering berkarier di Italia bersama tim-tim yang berlaga di Serie A.

Maxi Lopez pernah membela AC Milan, Catania, Sampdoria, Chievo Verona, Torino. Udinese, dan Crotone di Serie A. Catatan 46 gol dan 19 assist dari 215 pertandingan jadi torehan yang ia catatkan di Serie A.

5. Ramon Diaz

5 Jebolan Akademi River Plate Terbaik yang Pernah Bermain di Serie ARamon Diaz (fifa.com)

Nama terakhir dalam daftar ini adalah Ramon Diaz, pria yang kini menjabat sebagai pelatih Al-Hilal, Arab Saudi. Saat masih aktif bermain, ia berposisi sebagai penyerang dan menghabiskan sebagian besar kariernya di Serie A (1982—1989).

Diaz pernah membela Napoli, Avellino, Fiorentina, dan Inter Milan di Serie A. Selama membela empat tim tersebut, ia mencatatkan 189 pertandingan dengan torehan 54 gol dan 1 assist.

Jika dihitung secara keseluruhan, terdapat 21 pemain jebolan akademi River Plate yang pernah berlaga di Serie A. Bruno Pesaola, Mateo Musacchio, German Pezzela, Claudio Caniggia, Erik Lamela, Lucas Maritnez Quarta, dan Ariel Ortega adalah beberapa di antaranya.

Baca Juga: Juara AFF, Crespo dan Orangtua Dihadiahi Wali Kota Bobby Naik Haji

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya