6 Kiper Terbaik 2023 yang Membela Tim Serie A Italia

Didominasi kiper underrated

Kiper terbaik 2023 yang membela tim Serie A Italia justru tak banyak datang dari tim raksasa. Pada 2022/2023, kiper-kiper dari tim medioker Serie A justru mendominasi. Mereka mampu menunjukan sinarnya. Kontribusi besar dalam menjaga pertahanan menjadi prioritas utama kiper-kiper ini, di samping peran lain sebagai komando tim.

Oleh karena itu, mereka layak disebut sebagai yang terbaik karena torehan statistik, prestasi, dan kontribusi yang berhubungan dalam hal itu. Lalu, siapa sajakah kiper terbaik 2023 dari Serie A? Berikut ini daftar dan ulasannya!

1. Lorenzo Montipo

6 Kiper Terbaik 2023 yang Membela Tim Serie A ItaliaLorenzo Montipo (instagram.com/lorenzo.montipo)

Lorenzo Montipo hadir sebagai kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak di Serie A 2022/2023. Kiper asal Italia ini melakukan 124 penyelamatan. Banyaknya penyelamatan yang dilakukan Montipo ini mungkin ditengarai buruknya sistem pertahanan Hellas Verona. Sebab, ia hanya mencatat 5 nirbobol dari 38 pertandingan. Beruntungnya, Hellas Verona bisa menang pada babak playoff kontra Spezia dan tak jadi terdegradasi ke Serie B musim depan.

2. Michele Di Gregorio

6 Kiper Terbaik 2023 yang Membela Tim Serie A ItaliaMichele Di Gregorio (acmonza.com)

Michele Di Gregorio merupakan kiper utama AC Monza. Meski datang dari tim promosi, Di Gregorio bisa tampil percaya diri dengan melakukan banyak penyelamatan hebat. Ada total 119 penyelamatan dan 10 nirbobol yang berhasil ia ciptakan dari 37 laga untuk AC Monza. Catatan ini membuat Di Gregorio masuk ke dalam kandidat pemenang kiper terbaik Serie A 2022/2023.

3. Ivan Provedel

6 Kiper Terbaik 2023 yang Membela Tim Serie A ItaliaIvan Provedel (sslazio.it)

Michele Di Gregorio kalah dari Ivan Provedel dalam perburuan gelar kiper terbaik 2023 di Serie A. Hal ini cukup wajar karena Ivan Provedel memang bermain sangat impresif dan dominan di bawah mistar gawang Lazio. Kiper berkebangsaan Italia ini mencatat 99 penyelamatan dan 21 nirbobol dari 38 laga. Selain menjadi kiper terbaik, Provedel pun mulai dipanggil Timnas Italia karena permainan apiknya ini.

Baca Juga: 6 Kiper Terbaik 2023 di English Premier League, Ada Kiper Juara Liga!

4. Alex Meret

6 Kiper Terbaik 2023 yang Membela Tim Serie A ItaliaAlex Meret (sscnapoli.it)

Kontribusi hebatnya dalam membawa Napoli juara Serie A 2022/2023 membuatnya layak masuk ke dalam daftar ini. Bicara soal statistik, Alex Meret berada di posisi kedua dalam urusan nirbobol di bawah Ivan Provedel. Kiper berusia 26 tahun ini mencatat 16 nirbobol dan melakukan 66 penyelamatan hebat. Itu semua, hanya dicatat dalam 34 pertandingan. Sama seperti Ivan Provedel, Alex Meret pun mulai rajin dipanggil ke Timnas Italia.

5. Wojciech Szczesny

6 Kiper Terbaik 2023 yang Membela Tim Serie A ItaliaWojciech Szczesny (juventus.com)

Gelombang sanksi yang diterima Juventus selama Serie A 2022/2023 sebetulnya membuat konsentrasi pemain I Bianconeri terganggu. Kendati demikian, pemain-pemain Juventus tetap tampil profesional dan bermain apik. Salah satu pemain Juventus yang bersinar pada musim ini adalah sang kiper, Wojciech Szczesny. Kiper asal Polandia ini benar-benar melakukan tugasnya dengan baik sebagai benteng terakhir pertahanan. Szczesny sendiri mencatat 14 nirbobol dan 67 penyelamatan dari 28 laga. 

6. Lukasz Skorupski

6 Kiper Terbaik 2023 yang Membela Tim Serie A ItaliaLukasz Skorupski (asroma.com)

Lukasz Skorupski layak disebut sebagai pahlawan permainan gemilang Bologna pada 2022/2023. Rekan senegara Wojciech Szczesny ini tampil sangat tangguh di bawah mistar gawang sehingga Bologna bisa finis di posisi kesembilan. Hebatnya lagi, Skorupski masuk ke dalam daftar kandidat kiper terbaik Serie A 2022/2023. Hal itu berkat catatan 7 nirbobol dan 113 penyelamatan yang ia lakukan dari 37 laga.

Sebetulnya cukup banyak kiper terbaik dari tim Serie A Italia lain yang menunjukkan kelasnya pada 2022/2023 ini. Sebut saja Guglielmo Vicario, Vanja Milinkovic-Savic, Bartolomiej Dragowski, Wladimiro Falcone, Rui Patricio, dan Marco Silvestri. Namun, enam nama di atas merupakan rangkuman dari deretan kiper terbaik 2023.

Baca Juga: 6 Kiper Terbaik 2023 dari Bundesliga Jerman, Tak Ada Manuel Neuer!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya