5 Kiper yang Menjadi Kapten Tim di Bundesliga 2021/2022

Pengalaman dan kebijaksanaan jadi faktor utama

Oliver Kahn dikenal sebagai kiper hebat dan sangat disegani oleh kawan serta lawannya semasa bermain. Pribadinya yang vokal membuat ia sering kali ditunjuk sebagai kapten sepak bola, baik di tim nasional Jerman ataupun Bayern Munich.

Dinobatkannya Oliver Kahn sebagai kapten berhasil memberikan pengaruh besar kepada sepak bola Jerman. Karenanya, banyak tim Bundesliga yang akhirnya ikut menunjuk seorang kiper untuk menjadi kapten.

Hingga musim 2021/2022, pengaruh penunjukan Oliver Kahn sebagai kapten masih terasa. Pada musim ini, lima kiper tim Bundesliga ditunjuk sebagai kapten.

1. Lukas Hradecky

5 Kiper yang Menjadi Kapten Tim di Bundesliga 2021/2022Lukas Hradecky (bayer04.de)

Nama pertama berasal dari Bayer Leverkusen. Pada awal musim ini, Bayer Leverkusen menunjuk Lukas Hradecky sebagai kapten menggantikan Lars Bender yang pensiun pada akhir musim lalu.

Jika dilihat dari peranan kapten Leverkusen pada 2020/2021, Charles Aranguiz seharusnya memegang ban kapten saat ini. Namun, dengan berbagai faktor, kiper berkebangsaan Finlandia ini akhirnya dinobatkan sebagai kapten, walaupun baru bergabung dengan tim pada 2018.

2. Koen Casteels

5 Kiper yang Menjadi Kapten Tim di Bundesliga 2021/2022Koen Casteels (footiespot.com)

Koen Casteels juga baru dinobatkan sebagai kapten VfL Wolfsburg pada awal musim ini. Kiper asal Belgia ini memegang jabatan wakil kapten musim lalu. Dengan turunnya posisi Josuha Guilavogui, Casteels akhirnya ditunjuk sebagai kapten baru.

Pada musim ini, Casteels menjalani musim ke-7 bersama VfL Wolfsburg. Dari delapan belas laga yang ia mainkan hingga pekan ke-20, Casteels tidak pernah absen mengenakan ban kapten. Sedangkan, Maximilian Arnold yang merupakan pemain paling senior di tim memegang peran sebagai wakil kapten dan memimpin tim saat Casteels absen di dua laga.

Baca Juga: 5 Kiper LaLiga yang Menjadi Kiper Utama di Tim Nasional, Ada Courtois!

3. Peter Gulasci

5 Kiper yang Menjadi Kapten Tim di Bundesliga 2021/2022Peter Gulasci (uefa.com)

Sama seperti Lukas Hradecky dan Koen Casteels, Peter Gulasci baru ditunjuk sebagai kapten utama tim pada awal musim ini. Gulasci merupakan salah satu pemain paling senior di tim RB Liepzig dengan masa bakti kurang lebih 6,5 tahun.

Kiper berkebangsaan Hungaria ini menggantikan Willi Orban yang pada musim lalu menjabat sebagai kapten. Gulasci telah memimpin 17 dari 20 laga RB Liepzig sebagai kapten tim pada musim ini. Sedangkan, tiga laga sisanya dipimpin Willi Orban, Emile Forsberg, dan Kevin Kampl.

4. Manuel Neuer

5 Kiper yang Menjadi Kapten Tim di Bundesliga 2021/2022Manuel Neuer (skysports.com)

Sejak Phillip Lahm pensiun akhir 2017/2018, Bayern Munich menunjuk Manuel Neuer sebagai kapten. Neuer juga mengenakan ban kapten di timnas Jerman selepas Lahm pensiun.

Jika dilihat dari pengalaman dan masa bakti di dalam tim, Thomas Muller seharusnya memegang ban kapten Bayern Munich saat ini. Namun, Manuel Neuer dirasa lebih pantas karena memiliki pribadi yang lebih berwibawa dan lebih serius ketimbang Thomas Muller yang dikenal sebagai pribadi yang sering bercanda

5. Oliver Baumann

5 Kiper yang Menjadi Kapten Tim di Bundesliga 2021/2022Oliver Baumann (instagram.com/olibaumann90)

Sebetulnya Benjamin Hubner merupakan kapten TSG Hoffenheim. Sayang, Hubner harus absen dalam waktu yang lama karena cedera. Oleh karena itu, 16 dari 20 laga yang dimainkan Hoffenheim harus dipimpin Oliver Baumann, yang menjabat sebagai kapten kedua.

Kiper berusia 32 tahun ini telah bergabung bersama Hoffenheim sejak 2014, waktu yang lebih lama ketimbang kedatangan Benjamin Hubner di Hoffenheim. Baumann juga merupakan kiper yang setia. Musim 2021/2022 merupakan musim ke-8 bagi Baumann berseragam Die Kraichgauer.

Dengan faktor pengalaman, sifat yang bijaksana dan berwibawa, kiper-kiper ini berhasil memimpin timnya sebagai kapten utama. Selain kelima nama di atas, beberapa kiper Bundesliga lain, seperti Stefan Ortega, Yann Sommer, Kevin Trapp, Robin Zentner, dan Sascha Burchart pernah memimpin timnya sebagai kapten hingga pekan ke-20 Bundesliga Jerman.

Baca Juga: 10 Potret Koen Casteels, Kapten Sekaligus Kiper Andalan VfL Wolfsburg

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya