Kiprah Timnas Kroasia di Ajang Piala Dunia, Debutan Terbaik!

Jadi yang terbaik di antara negara pecahan Yugoslavia lain

Tak banyak yang menjagokan Kroasia untuk menjadi juara turnamen sepak bola internasional. Mereka hanya dianggap sebagai tim kuda hitam meski sukses beberapa kali memberikan kejutan.

Pada Piala Dunia 2022 mendatang, Kroasia juga masih tergolong sebagai tim kuda hitam. Sebab, sepak bola tampaknya belum terlalu lekat dengan Kroasia, tak seperti Brasil, Jerman, maupun Argentina.

Sejak memisahkan diri dari Yugoslavia, Kroasia sendiri telah enam kali lolos ke Piala Dunia, termasuk pada Piala Dunia 2022. Namun, mereka baru melakoninya sebanyak lima kali karena Piala Dunia 2022 baru akan digelar pertengahan November 2022 mendatang.

Lalu, bagaimana kiprah Kroasia di lima Piala Dunia yang pernah mereka ikuti?

1. Piala Dunia 1998

Kiprah Timnas Kroasia di Ajang Piala Dunia, Debutan Terbaik!Davor Suker (twitter.com/EURO2024)

Piala Dunia 1998 di Prancis menjadi Piala Dunia pertama dan paling diingat oleh Kroasia. Berstatus sebagai tim debutan, Kroasia tampil sangat luar biasa dan melenggang hingga babak semi final. Sayangnya, mereka kalah di babak tersebut oleh Prancis yang menjadi juara.

Kendati demikian, Kroasia sukses menjadi juara ketiga setelah mengalahkan Belanda. Catatan membanggakan tersebut membuat Kroasia yang saat itu dimotori Davor Suker, Mario Stanic, dan Zvonimir Boban sukses dikenang sebagai debutan terbaik dalam sejarah Piala Dunia.

2. Piala Dunia 2002

Kiprah Timnas Kroasia di Ajang Piala Dunia, Debutan Terbaik!Robert Kovac dan Niko Kovac (twitter.com/EURO2024)

Berkat permainan impresifnya pada Piala Dunia 2002, Kroasia sempat diperhitungkan pada Piala Dunia 2002 yang berlangsung di Korea Selatan dan Jepang. Sayangnya, Kroasia gagal memenuhi ekspektasi tersebut.

Pada Piala Dunia 2002, Davor Suker dan kawan-kawan sudah tak lagi muda dan mengalami penurunan performa. Alhasil mereka harus puas bercokol di posisi ketiga Grup G Piala Dunia 2002 di bawah Meksiko dan Italia.

Baca Juga: Skuad Resmi Denmark di Piala Dunia 2022, Christian Eriksen Comeback

3. Piala Dunia 2006

Kiprah Timnas Kroasia di Ajang Piala Dunia, Debutan Terbaik!Ivica Olic (twitter.com/EURO2024)

Diisi oleh para generasi baru, Kroasia juga gagal tampil gemilang pada Piala Dunia 2006 Jerman. Tergabung bersama Brasil, Jepang, dan Australia, Kroasia justru tertahan di peringkat ketiga dan gagal lolos ke babak enam belas besar.

Di Grup F, Kroasia yang ditopang oleh Kovac bersaudara, Ivica Olic, Dado Prso, dan Igor Tudor, hanya mampu mengumpulkan dua poin. Catatan tersebut mereka dapatkan dari hasil imbang kontra Jepang dan Australia.

4. Piala Dunia 2014

Kiprah Timnas Kroasia di Ajang Piala Dunia, Debutan Terbaik!Mario Mandzukic (twitter.com/EURO2024)

Kroasia sempat absen pada Piala Dunia 2010. Mereka kembali ke ajang ini pada Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan di Brasil. Kala itu, mereka telah dihuni oleh beberapa pemain hebat, seperti Luka Modric, Ivan Rakitic, Mario Mandzukic, dan Ivan Perisic.

Namun sayang, generasi ini nampak belum siap untuk membawa Kroasia melangkah jauh. Alhasil mereka kembali tertahan di fase grup karena posisinya berada di bawah Brasil dan Meksiko di Grup A.

5. Piala Dunia 2018

Kiprah Timnas Kroasia di Ajang Piala Dunia, Debutan Terbaik!Ivan Rakitic (twitter.com/euro2024)

Generasi yang belum matang pada Piala Dunia 2014 tampaknya memberikan hasil apik pada Piala Dunia 2018 yang diadakan di Rusia. Kroasia sukses menembus babak final sebelum akhirnya kalah dari Prancis dengan skor 4-2.

Catatan runner-up yang mereka raih pada Piala Dunia 2018 tersebut menjadi prestasi terbaik di antara negara pecahan Yugoslavia lain. Di Piala Dunia 2022 nanti, mayoritas skuad Kroasia masih akan dihuni oleh alumnus skuad Piala Dunia 2018.

Sebagai sebuah negara yang terhitung baru, Kroasia punya prestasi yang cukup mentereng di sepak bola. Pada Piala Dunia 2022 mendatang, Kroasia akan berada satu grup dengan Maroko, Kanada, dan Belgia di Grup F. Sejauh mana mereka akan melangkah?

Baca Juga: 10 Alumnus Piala Dunia yang Jadi Pelatih di Piala Dunia 2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya