Comscore Tracker

Para Pelatih Timnas yang Ikut Lebih dari 2 Edisi Piala Dunia

Piala Dunia 2022 jadi ajang pembuktian kualitas mereka!

Piala Dunia menghadirkan pemain-pemain terbaik dari tiap negara peserta. Tak hanya itu, para pelatih sepak bola top juga ikut serta dengan memikirkan taktik jitu bagi para pemainnya. 

Namun, beberapa pelatih senior dengan pengalaman keikutsertaan lebih dari dua edisi juga hadir. Berikut ini para pelatih timnas di Piala Dunia 2022 yang punya pengalaman melatih pada lebih dari dua edisi Piala Dunia. Siapa saja?

1. Carlos Queiroz

Para Pelatih Timnas yang Ikut Lebih dari 2 Edisi Piala DuniaCarlos Queiroz (twitter.com/fifacom)

Pelatih tim Piala Dunia 2022 yang paling berpengalaman di turnamen ini adalah Carlos Queiroz. Pelatih berkebangsaan Portugal ini telah telah empat kali ikut serta dalam gelaran Piala Dunia.

Kesempatan pertama Queiroz didapat pada edisi 2010 ketika ia dipercaya menangani negaranya, Portugal. Sedangkan pada Piala Dunia 2014, 2018, dan 2022, Carlos Queiroz kemudian dipercaya untuk selalu menangani Timnas Iran.

2. Fernando Santos

Para Pelatih Timnas yang Ikut Lebih dari 2 Edisi Piala DuniaFernando Santos (twitter.com/fifacom)

Fernando Santos merupakan pelatih yang berjasa membawa Timnas Portugal menjadi juara Piala Dunia 2016. Sejak itu, Fernando Santos masih bertahan di posisinya sebagai pelatih Selecao das Quinas. Itu artinya, Queiroz juga melatih Timnas Portugal pada Piala Dunia 2018 dan 2022.

Namun faktanya, Portugal bukanlah negara pertama yang ditangai Fernando Santos di ajang Piala Dunia. Sebab, ia pernah menangani Timnas Yunani pada Piala Dunia 2014 yang diadakan di Brasil.

Baca Juga: 10 Alumnus Piala Dunia yang Jadi Pelatih di Piala Dunia 2022

3. Luis Fernando Suarez

Para Pelatih Timnas yang Ikut Lebih dari 2 Edisi Piala DuniaLuis Fernando Suarez (fifa.com)

Nama selanjutnya ialah Luis Fernando Suarez, pelatih asal Kolombia yang dikenal sebagai pelatih spesialis tim Amerika Latin. Suarez pernah menangani beberapa negara, namun tak pernah dipercaya menjadi pelatih Timnas Kolombia.

Hingga Piala Dunia 2022, Fernando Suarez yang kini melatih Kosta Rika telah 3 kali ikut serta dalam Piala Dunia. Kesempatan pertamanya diperoleh ketika menangani Timnas Ekuador pada 2006. Sedangkan kesempatan keduanya didapat kala melatih Honduras pada 2014.

4. Didier Deschamps

Para Pelatih Timnas yang Ikut Lebih dari 2 Edisi Piala DuniaDidier Deschamps (twitter.com/fifacom)

Didier Deschamps menjadi salah satu sosok pelatih yang paling berjasa dalam sejarah sepak bola Timnas Prancis. Ia membangun kekuatan negaranya sejak tahun 2012, hingga akhirnya mampu meraih gelar juara Piala Dunia pada 2018.

Dengan fakta terseebut, Didier Deschamps telah melewati tiga edisi Piala Dunia untuk melatih negaranya. Edisi Piala Dunia 2014, 2018, dan 2022 menjadi tiga edisi yang diikuti oleh mantan kapten Timnas Prancis ini.

5. Deretan pelatih yang ikut dalam 2 edisi Piala Dunia

Para Pelatih Timnas yang Ikut Lebih dari 2 Edisi Piala DuniaLouis Van Gaal (manutd.com)

Selain para pelatih yang pernah melatih pada lebih dari 2 edisi Piala Dunia, serta para pelatih debutan, gelaran Piala Dunia 2022 juga menghadirkan banyak pelatih yang telah ikut serta pada dua edisi Piala Dunia. Nama-nama tersebut cukup besar dan punya pengalaman.

Kebanyakan dari mereka melatih negara unggulan. Mereka adalah Paulo Bento, Aliou Cisse, Zlatko Dalic, Roberto Martinez, Gerarto Tata Martino, Herve Renard, Louis van Gaal, Tite, dan Gareth Southgate.

 

Walaupun pengalaman dan kualitas pelatih bisa menjadi faktor pembeda, namun perlu diakui jika pertempuran di Piala Dunia 2022 sangat dipengaruhi oleh para pemain. Siapa yang hebat dan punya mental baja, mereka akan keluar sebagai pemenang.

Baca Juga: 6 Pelatih yang Sudah Lakoni Lebih dari 20 Laga di Piala Dunia

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya