5 Pelatih English Premier League yang Digantikan pada Musim 2020/2021

Bukti ketatnya persaingan English Premier League musim ini

Melalui akun media sosial resmi klub, Crystal Palace secara resmi tidak akan menggunakan jasa Roy Hodgson untuk gelaran Premier League musim depan. Mantan pelatih Chelsea, Frank Lampard dan pelatih Swansea City saat ini, Steve Cooper menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Roy Hodgson yang dipastikan akan meninggalkan Crystal Palace di akhir musim ini.

Faktanya, Roy Hodgson menjadi pelatih kelima di Premier League yang digantikan selama bergulirnya liga. Lantas, siapa sajakah pelatih-pelatih Premier League yang digantikan di musim 2020/2021? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Slaven Bilic 

5 Pelatih English Premier League yang Digantikan pada Musim 2020/2021Slaven Bilic (record.pt)

Pelatih berkebangsaan Kroasia, Slaven Bilic, menjadi korban pertama ketatnya persaingan Premier League musim 2020/2021. Pada tanggal 16 Desember 2020, manajemen West Bromwich Albion resmi memecat Bilic karena rentetan hasil buruk dalam 13 pertandingan awal.

Padahal, di musim sebelumnya Bilic merupakan orang yang berjasa mengembalikan West Bromwich Albion ke EPL. Selama melatih The Baggies di EPL musim ini, Bilic hanya mampu meraih 1 kemenangan, 4 hasil imbang, dan 8 kali kekalahan.

2. Frank Lampard

5 Pelatih English Premier League yang Digantikan pada Musim 2020/2021Frank Lampard (telegraph.co.uk)

Penampilan kurang konsisten yang Frank Lampard tampilkan di musim keduanya bersama Chelsea menjadi alasan ia dipecat dari kursi kepelatihan Chelsea. Kekalahan 1-3 kontra Manchester City di matchday ke-17 dan kekalahan 2-0 atas Leicester City di matchday ke-18 menjadi puncak kemarahan fans Chelsea kepada sang legenda.

Walaupun sempat menang di Piala FA pada tanggal 24 Januari 2021, Frank Lampard akhirnya diberhentikan sehari kemudian. Di musim ini Lampard hanya mampu memenangi 8 laga dari 19 pertandingan yang membuat Chelsea harus bercokol di peringkat ke-9 sebelum dirinya resmi dipecat.

Baca Juga: 5 Tanggapan Pep Guardiola Terhadap Pemecatan Frank Lampard di Chelsea

3. Chris Wilder

5 Pelatih English Premier League yang Digantikan pada Musim 2020/2021Chris Wilder (yorkshirepost.co.uk)

Sempat menjadi tim kuda hitam di musim sebelumnya, Sheffield United di bawah asuhan Chris Wilder justru melempem musim ini. Hingga dirinya dipecat pada tanggal 12 Maret 2021, Chris Wilder masih tidak bisa membawa Sheffield United bangkit dari posisi juru kunci.

Dengan catatan 4 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 23 kekalahan, Chris Wilder akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Sheffield United yang telah ia duduki selama 5 tahun.

4. Jose Mourinho

5 Pelatih English Premier League yang Digantikan pada Musim 2020/2021Jose Mourinho (skysports.com)

Sama seperti Slaven Bilic dan Frank Lampard, Jose Mourinho juga menjadi salah satu pelatih yang dipecat timnya musim ini. Pelatih berjuluk The Special One ini resmi diberhentikan sebagai pelatih Tottenham Hotspur pada 19 April 2021.

Jose Mourinho yang menggantikan Mauricio Pochettino musim lalu memang berhasil menampilkan performa apik di awal kompetisi. Namun, pada pekan ke-33 musim ini, Mourinho hanya mampu membawa Spurs bercokol di peringkat ke-6 sekaligus tersingkir di babak 16 besar Europa League dari Dinamo Zagreb.

Faktanya selama Ia berkarier sebagai pelatih, Tottenham Hotspur merupakan klub dengan rataan kemenangan terburuk yang pernah dilatih Mourinho hingga saat ini.

5. Roy Hodgson

5 Pelatih English Premier League yang Digantikan pada Musim 2020/2021Roy Hodgson (standard.co.uk)

Nama terbaru ialah Roy Hodgson yang memutuskan untuk tidak melatih Crystal Palace lagi untuk musim depan. Mantan pelatih Inter Milan dan Liverpool ini memutuskan untuk pensiun di akhir musim ini setelah 45 tahun berkarier sebagai seorang pelatih.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa Roy Hodgson akan digantikan di akhir musim ini. Hingga pekan ke-36 musim ini, Roy Hodgson berhasil membawa Crystal Palace bercokol di peringkat ke-13 sekaligus dipastikan terhindar dari zona degradasi musim ini.

 

Itulah 5 pelatih Premier League yang digantikan pada musim 2020/2021. Adakah pelatih favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Premier League yang Terlalu Bagus untuk Klubnya

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya