Comscore Tracker

5 Pelatih Hebat yang Pernah Melatih Xabi Alonso saat Jadi Pemain

Xabi Alonso punya banyak guru besar sebagai panutan

Tak berhasil menunjukkan hasil yang konsisten selama musim 2022/2023, Bayer Leverkusen akhirnya memecat Gerardo Soanne dari kursi kepelatihan. Sebagai gantinya, Xabi Alonso ditunjuk sebagai pelatih baru.

Bagi Xabi Alonso, kesempatan melatih Bayer Leverkusen merupakan kali pertama dirinya dipercaya untuk melatih tim senior. Terlebih, Bayer Leverkusen terhitung sebagai tim elite. Menarik untuk ditunggu seperti apa kiprah Bayer Leverkusen di bawah arahan Alonso.

Semasa aktif sebagai pemain, Xabi Alonso dikenal sebagai maestro lapangan tengah. Hal tersebut setidaknya bisa jadi bekal baginya untuk menjalani karier sebagai pelatih hebat.

Xabi Alonso juga pernah dibekali banyak strategi dan taktik dari para pelatih hebat saat masih aktif bermain. Berikut ini lima pelatih hebat yang pernah melatih Xabi Alonso saat jadi pemain.

1. Rafael Benitez

5 Pelatih Hebat yang Pernah Melatih Xabi Alonso saat Jadi PemainRafael Benitez (liverpoolfc.com)

Xabi Alonso memang sudah tampil hebat di Real Sociedad sebelum dilatih oleh Rafael Benitez. Namun, kemampuannya makin berkelas dan dikenal publik kala dibawa Rafael Benitez ke Liverpool pada 2004.

Xabi Alonso menjadi salah satu gelandang kunci Rafael Benitez selama 5 musim (2004—2009) di Liverpool. Ia memainkan 210 laga sebagai gelandang penyokong Steven Gerrard. Faktanya, Alonso paling banyak menjalani laga di bawah asuhan Benitez ketimbang pelatih lain.

2. Jose Mourinho

5 Pelatih Hebat yang Pernah Melatih Xabi Alonso saat Jadi PemainJose Mourinho (asroma.com)

Salah satu El Classico terbaik terjadi kala Jose Mourinho menjadi pelatih Real Madrid. Pemain yang paling diandalkan Jose Mourinho di lini tengah Real Madrid kala itu adalah Xabi Alonso.

Gelandang asal Spanyol ini menjalani 151 pertandingan di bawah arahan The Special One. Sebagai pelatih yang dikenal karena disiplin pertahanannya yang hebat, tugas Xabi Alonso di bawah Mourinho lebih difokuskan menjadi gelandang box to box ketimbang playmaker.

Baca Juga: Xabi Alonso Didapuk Jadi Pelatih Bayer Leverkusen 

3. Carlo Ancelotti

5 Pelatih Hebat yang Pernah Melatih Xabi Alonso saat Jadi PemainCarlo Ancelotti (realmadrid.com)

Bukan lagi rahasia umum jika Carlo Ancelotti merupakan salah satu pelatih terbaik sepanjang masa. Dalam karier Xabi Alonso, Carlo Ancelotti pernah melatihnya di dua tim berbeda, yakni Real Madrid (2013—2014) dan Bayern Munich (2016—2017).

Dibandingkan dengan tugasnya di bawah asuhan Mourinho, permainan Alonso di bawah Ancelotti relatif lebih bersih meski berperan sebagai gelandang penjegal. Xabi Alonso memainkan 82 pertandingan untuk pelatih asal Italia tersebut.

4. Pep Guardiola

5 Pelatih Hebat yang Pernah Melatih Xabi Alonso saat Jadi PemainPep Guardiola (premierleague.com)

Pep Guardiola menjadi sosok yang membawa Xabi Alonso dari Real Madrid ke Bayern Munich. Sebagai gelandang senior yang punya kemampuan playmaking yang baik, sang pemain tentu sangat berguna bagi Guardiola.

Selama 79 pertandingan, Xabi Alonso lebih memegang peran sebagai pemain kreatif yang menjadi jembatan antarlini. Peran tersebut masih berbarengan dengan tugas utamanya, yakni sebagai pemutus aliran serangan lawan.

5. Vicente del Bosque

5 Pelatih Hebat yang Pernah Melatih Xabi Alonso saat Jadi PemainVicente del Bosque (laliga.com)

Dalam kariernya di Timnas Spanyol, Xabi Alonso pernah dilatih oleh tiga pelatih berbeda, yakni Inaki Paez, Luis Aragones, dan Vicente del Bosque. Dari ketiga nama tersebut, Vicente del Bosque menjadi pelatih yang paling sering menggunakan jasa Alonso.

Momen tersebut terjadi dari 2008 hingga akhir Piala Dunia 2014. Di bawah asuhan del Bosque, Xabi Alonso kerap bergonta-ganti peran. Ia kadang dipasang sebagai gelandang bertahan, kadang dipasang sebagai pengatur permainan di posisi central midfield.

Tanpa mengecilkan peran pelatih hebat lain, pelatih-pelatih ini memiliki nama besar dan punya pengaruh hebat bagi Xabi Alonso dalam kariernya. Lalu, gaya bermain siapakah yang akan banyak ditiru Xabi Alonso dalam kariernya sebagai pelatih?

Baca Juga: 5 Pemain yang Digaet Liverpool bareng Xabi Alonso, Bagaimana Nasibnya?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya