5 Pelatih yang Pernah Melatih 3 Tim dalam 3 Edisi Piala Dunia Berbeda

Sulit untuk menyamai rekor para pelatih berpengalaman ini!

Piala Dunia selalu menghadirkan trivia menarik dan rekor yang sulit dipecahkan. Tak hanya dicetak oleh para pemain, para pelatih juga bias mencatatkan rekor yang sulit untuk diikuti oleh pelatiih lain. Mulai dari keikutsertaan terbanyak hingga rekor kemenangan.

Hingga menjelang Piala Dunia 2022 hanya ada 5 pelatih yang pernah melatih 3 negara berbeda dalam 3 edisi Piala Dunia. Siapa sajakah pelatih yang sukses mencatatkan rekor unik tersebut? Inilah daftar dan ulasannya.

1. Carlos Alberto Parreira

5 Pelatih yang Pernah Melatih 3 Tim dalam 3 Edisi Piala Dunia BerbedaCarlos Alberto Parreira (twitter.com/fifaworldcup)

Carlos Alberto Parreira merupakan pelatih yang paling sering tampil dalam sejarah Piala Dunia. Pelatih asal Brasil ini pernah melatih 5 tim berbeda dari 6 edisi Piala Dunia dengan rekor 10 menang, 4 hasil seri, dan 9 kekalahan.

Parreira pertama kali melatih Kuwait pada Piala Dunia 1982. Setelah itu, ia melatih Uni Emirat Arab pada 1990, Brasil pada 1994 dan 2006, Arab Saudi pada 1998, serta Afrika Selatan pada Piala Dunia 2010. Dari enam kesempatannya tersebut, Parreira sukses membawa Brasil juara pada Piala Dunia 1994.

2. Bora Milutinovic

5 Pelatih yang Pernah Melatih 3 Tim dalam 3 Edisi Piala Dunia BerbedaBora Milutinovic (twitter.com/fifamuseum)

Setelah Carlos Alberto Parreiera, Bora Milutinovic menjadi pelatih kedua yang paling sering ikut serta dalam gelaran Piala Dunia. Pelatih berkebangsaan Serbia ini pernah melatih 5 tim berbeda dalam 5 edisi Piala Dunia.

Meksiko yang ia tangani pada Piala Dunia 1986 menjadi tim pertama yang Bora latih. Setelah itu, ia pernah melatih Kosta Rika pada 1990, Amerika Serikat pada 1994, Nigeria pada 1998, dan China pada 2002. Ia mengoleksi 8 kemenangan, 3 hasil seri, dan 9 kekalahan.

Baca Juga: 16 Pemain Muda Terbaik Piala Dunia, Terbaru Kylian Mbappe

3. Henri Michel

5 Pelatih yang Pernah Melatih 3 Tim dalam 3 Edisi Piala Dunia BerbedaHenri Michel (mobile.twitter.com/UNFP)

Henri Michel merupakan pelatih asal Prancis yang sangat erat kaitannya dengan tim-tim asal Afrika, baik di level negara maupun klub. Dari 7 negara Afrika yang pernah Michel latih, ia mengani 3 di antaranya pada ajang Piala Dunia.

Secara keseluruhan, Michel pernah 4 kali menjadi pelatih di Piala Dunia. Kesempatan pertamanya terjadi  pada Piala Dunia 1986 kala ia melatih negaranya. Setelah itu, ia melatih Kamerun pada Piala Dunia 1994, Maroko pada 1998, dan Pantai Gading 2006.

4. Guus Hiddink

5 Pelatih yang Pernah Melatih 3 Tim dalam 3 Edisi Piala Dunia BerbedaGuus Hiddink (twitter.com/fifaworldcup)

Bukan lagi menjadi rahasia bahwa Guus Hiddink merupakan pelatih jempolan. Pelatih asal Belanda ini punya kehebatan dalam melatih klub dan negara sehingga sangat dipercaya untuk menangani banyak tim besar.

Dalam karier kepelatihannya, Hiddink pernah melatih 7 negara berbeda yang 3 di antaranya ia tangani pada ajang Piala Dunia. Kesempatan pertamanya terjadi ketika ia membawa Belanda juara 4 Piala Dunia 1998. Setelah itu, ia juga membawa Korea Selatan juara 4 Piala Dunia 2002 dan membawa Australia hingga 16 besar Piala Dunia 2006.

5. Hernan Dario Gomez

5 Pelatih yang Pernah Melatih 3 Tim dalam 3 Edisi Piala Dunia BerbedaHernan Dario Gomez (twitter.com/fifacom)

Hernan Dario Gomez merupakan pelatih asal Kolombia yang punya spesialisasi melatih tim-tim asal Amerika Latin. Meski namanya kurang dikenal, Hernan Dario Gomez punya jasa besar dalam sejarah sepak bola Ekuador dan Panama.

Pasalnya, ia sukses membawa kedua negara tersebut tampil pada Piala Dunia pertamanya, yakni Ekuador pada Piala Dunia 2002 dan Panama pada PIala Dunia 2018. Sebelum itu, ia juga pernah menangani Kolombia pada Piala Dunia 1998.

 

Nampaknya sulit untuk memcahkan rekor yang dicetak oleh lima pelatih ini. Selain butuh kepercayaan dan kualitas, konsistensi dalam meracik taktik juga sangat dibutuhkan agar bisa melakukan hal tersebut.

Baca Juga: Demi Piala Dunia 2022, Kualifikasi Piala Afrika 2023 Digeser

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya