Comscore Tracker

Pelatih Tim Piala Dunia 2022 yang Pernah Jadi Kapten Timnas

Punya jiwa kepemimpinan yang tinggi sejak muda

Dipercaya sebagai seorang kapten di tim nasional merupakan tanggung jawab besar bagi seorang pesepak bola. Saat melanjutkan kariernya sebagai pelatih, para mantan kapten ini tak jarang juga ditunjuk sebagai pelatih tim nasional negaranya.

Hal tersebut juga berlaku pada Piala Dunia 2022 Qatar. Terdapat lima pelatih peserta Piala Dunia 2022 yang diketahui pernah ditunjuk sebagai kapten di negaranya. Siapa saja kelima nama pelatih tersebut?

1. Aliou Cisse

Pelatih Tim Piala Dunia 2022 yang Pernah Jadi Kapten TimnasAliou Cisse (fifa.com)

Dalam sejarahnya, Timnas Senegal pertama kali menapaki putaran final Piala Dunia pada edisi Piala Dunia 2002. Pada momen tersebutlah Aliou Cisse pertama kali ditunjuk sebagai kapten Senegal pada turnamen resmi.

Kepercayaan besar dalam memimpin tim akhirnya tertular pada Cisse hingga sekarang. Pasalnya, Aliou Cisse memiliki tanggung jawab lebih sebagai pelatih Timnas Senegal di Piala Dunia 2022.

2. Graham Arnold

Pelatih Tim Piala Dunia 2022 yang Pernah Jadi Kapten TimnasGraham Arnold (fifa.com)

Graham Arnold merupakan mantan penyerang tajam yang pernah dimiliki oleh Australia Dari 56 caps yang ia miliki di negaranya, Graham Arnold pernah memimpin negaranya sebagai kapten pada laga playoff menuju Piala Dunia 1994.

Namun, sayangnya Graham Arnold gagal membawa Timnas Australia lolos ke Piala Dunia yang diadakan di Amerika Serikat tersebut. Setelah sempat menjadi caretaker pada 2007, Graham Arnold kini kembali dipercaya negaranya untuk menjadi pelatih Timnas Australia pada Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Rekam Jejak Roberto Martinez Bersama Timnas Belgia

3. Didier Deschamps

Pelatih Tim Piala Dunia 2022 yang Pernah Jadi Kapten TimnasDidier Deschamps (twitter.com/fifacom)

Didier Deschamps menjadi salah satu sosok yang sukses meraih gelar juara Piala Dunia, baik saat masih menjadi pemain maupun pelatih. Saat menjadi pemain, Didier Deschamps sukses membawa Timnas Prancis menjadi juara Piala Dunia 1998.

Kala itu, ia menjabat sebagai kapten Timnas Prancis dan mendapatkan kesempatan mengangkat trofi untuk pertama kalinya. Dua puluh tahun berselang, Didier Deschamps yang kini menjabat sebagai pelatih Prancis sukses melakukan hal serupa dengan peran yang berbeda, yakni sebagai pelatih.

4. Rigobert Song

Pelatih Tim Piala Dunia 2022 yang Pernah Jadi Kapten TimnasRigobert Song (fifa.com)

Saat masih menjadi pemain, Rigobert Song dikenal sebagai seorang pemain yang hebat dan memiliki gaya rambut nyentrik. Berkat pengalaman dan kehebatannya tersebut, Song pernah dipercaya sebagai kapten Timnas Kamerun, tepatnya pad Piala Dunia 2002 dan Piala Afrika 2008.

Saat ini, Rigobert Song dipercaya sebagai pelatih dari Timnas Kamerun untuk mengarungi Piala Dunia 2022. Faktanya, Song juga pernah menjabat sebagai asisten pelatih Timnas Kamerun dalam beberapa fase sehingga ia dipercaya untuk memimpin tim sebagai pelatih pada edisi Piala Dunia 2022.

5. Dragan Stojkovic

Pelatih Tim Piala Dunia 2022 yang Pernah Jadi Kapten TimnasDragan Stojkovic (fifa.com)

Sama sepertii Graham Arnold, Dragan Stojkovic juga merupakan seorang penyerang tajam ketika masih menjadi pemain. Pada masa tersebut, Stojkovic sering kali dipercaya untuk jadi kapten Yugoslavia, termasuk pada Euro 2000.

Saat ini, Dragan Stojkovic menjabat sebagai pelatih dari Serbia, negara yang menjadi pusat dari Yugoslavia pada masa lalu. Performanya cukup baik selama ini sehingga Dragan Stojkovic dipercaya sebagai pelatih Serbia pada Piala Dunia 2022.

Beberapa pelatih lain, seperti Luis Enrique, Rob Page, dan Murat Yakin juga pernah menjabat sebagai kapten negaranya masing-masing. Namun, ketiganya hanya memimpin skuad sebagai kapten dalam jumlah laga yang sedikit, itu pun banyak terjadi pada laga persahabatan.

Baca Juga: 5 Alumnus Piala Dunia 2006 yang Tampil di Piala Dunia 2022 Qatar

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya